Pembuatan Program Java Pertama dengan mengkompilasi di Command Prompt

Pembuatan Program Java Pertama

Sebelum memulai pemorgraman menggunakan IDE, ada baiknya kita mengetahui cara pemrograman java di notepad dan meng-compile di Comman Prompt.

Sebagai awal dari pembelajaran pembuatan program java, maka ketiklah code berikut ini di notepad:

 public class helloworld{

        public static void main(String [] args){

                     System.out.print("Hello World");

}

}


Kemudian simpan code program tersebut dengan extensi *.java. Untuk setiap kode Java harus disipan dengan menggunakan nama yang sesuai dengan nama class-nya, baik cara bacanya, ejaannya , maupun jenis hurufnya (huruf kapital atau tidak). Maka contoh di atas kita menyimpan dengan nama "helloworld.java" (abaikan tanda petik). Hal ini disebabkan karena Javaa merupakan bahasa yang bersifat case sensitive.  Untuk tahapan ini, simpanlah di dalam folder "Program Pertama"(abaikan tanda petik) yang terletak di dekstop.

Setelah program disimpan, selanjutnya kita akan melakukan compile program. Dengan tujuan mengubah file dengan nama "helloworld.java" ke dalam bentuk code byte dan akan menghasilkan file baru berextensi *.class.  Adapun langkah meng-compile dan proses eksekusinya adalah sebagai berikut:

  1.  Bukalah Command Prompt (cmd) di pencarian laptop.
  2. Kemudian ikuti langkah berikut ini : 
    • Ketikkan cd (spasi) nama folder, perintah cd untuk masuk ke dalam folder. Maka untuk masuk ke folder "Program Pertama" caranya: cd desktop (tekan enter), kemudian cd Program Pertama. Dengan demikian kita sudah berhasil mask ke dalam folder "Program Pertama" di Desktop. Untuk melihat isi folder "Program pertama", maka ketik dir tekan enter ,Atau jika file java anda tersimpan di local disk berbeda, anda dapat mengetik ,contoh E: (tekan enter) maka anda akan masuk kedalam local disk E. 
    • Kemudian lakukan proses compile pada file java yang ada dengan perintah : javac (spasi) namafile.java. Sehingga pada tahap ini berikan perintah javac helloworld.java. Jika berhasil, maka akan muncul file helloworld.class di folder Program pertama. Selanjutnya kita eksekusi dengan perintah : java (spasi) namafile. Maka selanjutnya pada tahap ini kita beri perintah java helloworld.class. Jika berhasil maka hasilnya akan seperti berikut ini: 


Baiklah kita sudah mengetahui, bagaimana cara meng-compile file java di command Prompt. Dan materi selanjutnya kita akan membuat program java menggunakan Intellij IDE sehingga tidak perlu meng-compile lagi untuk melihat hasil program kita.

Terus pantau blog kami yaa, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Salama Dutormasi!!!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel