Pengenalan Bahasa C dan membuat Program Hello World

Tampilan "Hello world" pada bahasa pemrograman tidak lagi asing di lihat oleh dunia pemrograman .Tampilan hello world ini adalah tampilan hasil program awal untuk orang orang yang baru memulai belajar bahasa pemrograman . Alasan nya saya pun sebenarnya tidak tahu , tapi dari pelajaran yang saya masuki diperkuliahan mengenai bahasa pemrograman juga selalu begitu.

Dikarenakan ini postingan pertama pada kategori bahasa pemrograman bahasa C.Setidaknya sebelum masuk pada tata cara membuat "hello word " pada bahasa C , kita harus terlebih dahulu  mengetahui  tentang bahasa pemrograman ini.

Pengenalan bahasa C
Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Dennis Ritchie sekitar pada tahun 1970-an .Bahasa ini termasuk ke bahasa pemrogram tingkat rendah dan Bahasa pemrograman C ini merupakan satu dari sakian banyak bahasa pemrograman yang ada . Untuk bagi awam yang baru ingin mempelajari bahasa pemrograman , bahasa pemrograman ini direkomendasikan untuk di pelajari . Ini dikarenakan bahasa ini dapat membantu pemula untuk bisa mengerti algoritma dan logika dalam mempelajari bahasa pemrograman . Sehingga jika sudah menguasai bahasa ini maka untuk mempelajari bahasa pemrograman lain akan terasa mudah.

Bagian bagian yang ada pada bahasa C 

1.Header file
Header fili ini termasuk yang paling penting pada bahasa C. Header file ini berisi deklarasi fungsi yang biasanya didefinisikan dalam pembuatan suatu program dan biasanya terletak diawal program.

2.Fungsi main
Fungsi ini sangat penting karena untuk membuat program akan di awali dengan fungsi main . Fungsi main dibuka dengan tanda buka kurung kurawal dan ditutup  dengan tutup kurawal {}.Untuk isi pada kurung kurawal , akan diisi dengan statment statment yang diisi oleh programming.

3.Deklarasi 
 Deklarasi digunakan bila kita menggunakan identifier atau pengenal pada program .

4.Variabel
Variabel ini berhubungan dengan deklarasi , saat mendeklarasikan biasanya akan menggunakan tipe data , lalu tipe data akan di berikan nama variabel .

5.Insialisasi
Insialisasi ini memberikan nilai konstanta pada deklarasi yang telah dimasukkan oleh programming.

Struktur dari program bahasa C 
Header file

Fungsi main () {
Deklarasi;
Insialisasi;
Statmen statmen ;


Cara membuat "Hello world" pada bahasa C:

Langkah 1  : Bukalah aplikasi CodeBlock atau bisa juga aplikasi Dev-C++.
> Keterangan : Jika belum mempunyai aplikasi yang telah disebutkan diatas maka anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasinya.Disini saya akan menggunakan aplikasi CodeBlock

Langkah 2 : Klik File pada menubar yang terletak pada sudut kiri, lalu akan  keluar banyak pilihan .Kemudian  pilih New -> Empty file . 
> Keterangan : Anda juga bisa menekan Source code Ctrl + shift+N.

Langkah 3 : Ketiklah source code dibawah ini .

 #include < stdio.h>

int main () { 

// Menampilkan hasil program "Hello world"
Printf ("Hello World");

}


Langkah 4 : Sebelum anda running source code tersebut, anda harus menyimpan nya terlebih dahulu.
> Tekan saja Ctrl + S ,simpan dimana anda inginkan dan berikan nama file dengan diakhiri .c lalu klik Save. 

Langkah 5 : Running program .
> Saat telah disimpan maka file akan berubah mejadi (nama file.c) .Lalu running  program dengan menekan build and run yang terletak diatas .

Langkah 6 : Selesai !!! .Hasil program akan terlihat.
> Source code akan di running dan tampilan hello word akan terlihat.

Keterangan :
1. #include<stdio.h> adalah header file . Include adalah salah satu jenis pengarah praprosesor yang fungsi nya untuk membaca file file header itu sendiri. Stdio.h adalah singkatan dari standar input header.

2.int main () adalah fungsi main . Jadi sebelum membuat statemen statemen program harus membuat fungsi main terlebuh dahulu.

3.{} adalah fungsi nya Memberi tahu komputer bahwa didalam nya itu merupakan satu kesatuan.

4.printf("Hello world") adalah fungsi dari mencetak hello word nya .Syntak yang fungsi untuk mencetak adalah printf.

5. ; (titk koma) fungsi nya untuk mengakhiri dari sebuah data.


Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel