Cara Membuat Swipe Up di Instagram Story | Gak Butuh 10K Followers

Sebelumnya kita  pasti pernah lihat artis dan selebgram yang pernah gunakan fitur Swipe Up pada Instagram Story nya, buat promosi endorse atau pun bisnis mereka. Tapi saat kita sendiri nyobain, kita tidak menemukan fitur Swipe Up pada Instagram kita yang pastinya membuat kita penasaran.

Jadi sebenarnya fitur Swipe Up pada Instagram, hanya bisa terbuka apabila followers pada Instagram kita minimal 10 ribu. Dan Instagram kita juga harus terdaftar sebagai akun Instagram Business. Jika kita tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka akun Instagram kita tidak akan memiliki fitur ini. Sehingga bagi  yang ingin mencoba fitur Swipe Up, kamu harus memenuhi kedua kriteria tersebut terlebih dahulu.


Pada saat ini, peran media sosial sangat berpengaruh pada para pebisinis apalagi untuk meningkatkan followers serta menarik perhatian banyak orang untuk meningkatkan bisnis maupun akun bisinisnya. Dan salah satunya melalui fitur ini yaitu Swipe Up pada Instagram Story.

Baiklah pada kali ini, Dutormasi akan memberikan solusi atau mengakali bagaimana cara membuat Swipe Up pada Instagram yang belum memiliki followers 10 ribu.  Caranya ikuti langkah Di bawah ini :

Membuat Instagram Menjadi Akun Business Profile

Berikut cara merubah Instagram menjadi akun Business Profile :

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah Login ke akun Instagram kamu terlebih dahulu, jika akun kamu private , maka ubahlah menjadi public.

2. Kemudian klik Ikon Profil Kamu.


3. Pada halaman profil tersebut, klik Ikon garis tiga pada bagian sisi pojok kanan. Lalu pilih Pengaturan/Settingan.



4. Kemudian pada laman pengaturan/settingan, pilihlah akun/account.



5. Kemudian pada laman akun/acoount, lalu klik  Beralih ke akun Profesional.



6. Lalu kamu akan mendapatkan pilihan Manakah yang Paling Tepat Menggambarkan Anda, maka pilihlah Ikon Bisnis.


7. Lalu kamu akan diminta untuk Memilih Kategori Bisnis, pilihlah salah satu kategori kemudian klik Selanjutnya/Next.



8. Hubungkan akun bisnis kamu ke Facebook, dan jika kamu tidak mau langsung saja klik Jangan Hubungkan ke Facebook Sekarang.

Maka akun Instagram kamu sudah berada dalam akun Instagram Business Profile.


Membuat Swipe Up pada Instagram Story 

Sebelumnya telah dijelaskan, untuk menggunakan fitur Swipe Up maka Instagram kita harus pada Akun Business Profile dan memiliki followers minimal 10 ribu. Dan jika tidak memenuhi dua kriteria tersebut maka kita tidak dapat menggunakan fitur Swipe Up.

Tetapi bagi kamu yang memiliki followers kurang dari 10 ribu, dan ingin menggunakan fitur Swipe Up kamu dapat melakukan dibawah ini :

1. Langkah pertama Download dahulu :
  • Aplikasi Canva digunakan untuk membuat gambar story nya bagus 
  • Aplikasi InShot digunakan untuk membuat gambar menjadi video
note : kamu dapat memilih aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa.

2. Lalu buat atau edit gambar pada aplikasi Canva, untuk dijadikan Story Instagram. Maka pada kali ini gambar yang saya gunakan seperti dibawah ini

3. Kemudian bukalah aplikasi InShot, kemudian pilih Video. Dan Pilihlah gambar yang baru kamu edit sebelumnya. Lalu klik Ceklis yang berwarna hijau di pojok kanan bawah.

4. Lalu pada pilihan bagian bawah, pilih kecepatan. Lalu jadikan durasi menjadi 10 s.



5. Kemudian klik ikon +/plus di bagian bawah, kemudian tambahkan gambar yang sebelumnya di edit. 

note: pada tahap ini lakukan berulang ulang, tambahkan gambar dan perpanjang durasi kecepatan. Sampai total durasi menjadi 60s.

6. Jika telah sampai 60s, maka simpan video dengan klik Simpan yang berada pada pojok kanan atas. Lalu pilihlah kualitas video yang diinginkan dan tunggu proses penyimpanan.

7. Lalu bukalah Instagram, dan klik ikon IGTV.



8. Kemudian klik ikon +/plus, dan upload video yang telah kamu buat sebelumnya.



9. Buatlah Judul dengan kata kata "CLICK HERE", dan pada Keterangan Masukkan lah link web atau youtube kamu. Kemudian klik Kirim pada bagian pojok kanan atas. Dan tunggulah proses pengunggahan.


10. Setelah proses pengunggahan selesai, maka buatlah Story Instagram dan pilihlah gambar sesuai yang kamu inginkan. Dan jangan lupa Berikan Gift Swipe Up agar nampak seperti fitur Swipe Up.

11.Lalu klik ikon rantai yang ada diatas. 



12.Kemudian klik + Video IG TV. Dan pilihlah IGTV yang baru anda upload. Kemudian klik Ceklis pada bagian pojok kanan atas. 


Maka Swipe Up Instagram Story anda telah terbuat, gimana? Mudah bukan.
Ternyata membuat fitur Swipe Up pada Story Instagram tak perlu memiliki followers 10 ribu dulu, ikuti saja langkah langkah diatas, maka kamu akan bisa membuat Swipe Up seperti artis dan selebgram lainnya. Dan Hasilnya Seperti dibawah ini : 




Semoga Bermanfaat dan Terimakasih

Salam DUTORMASI!!!
  

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel