Cara Install Windows 10 dengan Virtual Box

Jika sebelumnya kita membahas cara instalasi windows 8.1 menggunakan aplikasi virtual box , maka pada postingan kali ini saya akan membuat postingan cara menginstalasi windows 10 dengan virtual box. Pada dasarnya postingan ini bukan mengajarkan anda untuk mengcrak suatu sistem operasi ,tetapi saya harapkan dengan saya membuat postingan ini anda bisa mengetahui  dan belajar cara  menginstalasi sistem operasi , walaupun setidaknya bukan dari software utama .



Windows 10
Jika ditanyakan ,apa sih sistem operasi windows 10  itu ? , maka siapa yang tidak mengetahui nya pada zaman sekarang, Hampir semua orang yang memiliki laptop pasti akan menggunakan sistem operasi windows 10 ini . Ini dikarenakan windows 10 merupakan sistem operasi baru yang dikeluarkan oleh microsoft atas kembangan dari windows 8.1 yang menurut saya kurang friendly. Windows 10 mengembangkan mekanik interface atau antar muka perngguna dari windows 8.1 .Windows 10 ini dirilir pada tanggal 29 juli 2015, pada saat itu lah juga banyak pengguna laptop dan PC lebih memilih sistem operasi windows 10 ini dibandingkan windows 8 dan 8.1 yang kurang friendly karena banyak sekali perubahan fiture fiture dan tata letaknya.

Spesifikasi  minimum laptop dan PC untuk menginstall windows 10 :
1.Untuk laptop yang 32 bit minimal RAM 1 GB dan untuk laptop yang 64 bit , RAM nya 2GB.
2.Hard disk 16 GB untuk 32 bit dan 20GB untuk 64 bit.
3.Akun microsoft
4.Koneksi internet
5.Graphics card direct 9 atau diatas nya lebih baik.
6.Processor laptop memiliki 1Ghz.

Untuk instalasi windows 10 , saya akan memberikan tutorial dari START pada virtual box saja , untuk pengaturan pada aplikasi virtual box anda bisa membaca dari langkah 1-9 pada website saya di https://www.dutormasi.com/2019/09/instalasi-windows-81-dengan-virtual-box.html . Anda hanya merubah name dan  version saja .
*name anda isi dengan ( windows 10) dan version isi dengan windows 10 (jika laptop anda 64 bit maka pilih 64 bit , jikalaptop anda 32 bit ya pilih 32 bit ).

Cara install windows 10 menggunakan virtual box:
Sebelum memasuki cara install nya , anda harus mendownload yang paling penting untuk menginstalasi windows 10 ini agar berjalan dengan lancar :
1.Download virtual box dengan mengunjingi website https://www.virtualbox.org/wiki/Download_Old_Builds .
2.Download zip untuk windows 10 64 bit ( sesuai dengan spesifikasi laptop anda ) , di website berikut https://www.intowindows.com/download-windows-10-iso-without-media-creation-tool/ .

Langkah 1 :Klik start pada menubar virtual box
>Maka tampilan akan seperti ini , utampilan ini anda disuruh untuk mengatur bahasa , format waktu dan mata uang dan juga input keyboard nya.
>Isi sesuai yang anda inginkan atau anda bisa mengikuti gambar dibawah ini.
>Klik next.

Langkah 2: Klik install now
> Tampilan selanjutnya akan berpindah seperti ini , maka klik saja install now.

Langkah 3 : Centang pada kolom I accept the licence terms dan klik next.
>Pada tampilan anda akan di lihat syarat syarat dari instalasi windows 10 dari microsoft. Jika anda tidak mengerti artinya  atau malas baca , anda bisa langsung saja centang i accept the licence terms .
>Setelah itu anda bisa klik next .

Langkah 4 : Pilih custom .
>
Disini ada 2 pilihan yaitu upgrade dan custom.Jika anda milih upgrade maka anda jadi nya memperbarui windows sebelumnya yang tertanam pada komputer anda.
>Jika anda memilih custom , maka anda melakukan penginstalan ulang secara keseluruhan.

Langkah 5: Isi kolom ukuran , dan klik apply.
>Apabila kamu memakai windows 10 yang 64 bit maka ukuran kapasitas minimum nya adalah 20 GB. Saran saya isi lah kolom ukuran dengan yang lebih besar , karena ukuran segitu mungkin hanya bisa untuk menyimpan file file sistem operasi saja.

Langkah 6 : Pilih partisi yang ditengah dan klik next.
>Pada tampilan ini hanya harus memilih partisi saja lalu anda klik next agar menuju ke halaman selanjutnya.

Langkah 7: Pemrosesan
>
Maka tampilan akan meuju kehalaman proses penginstalan dan tunggu sampai proses benar benar telah selesai.

Langkah 8: Klik Use Express Setting.
>Sebeluemnua windows akan melakukan restart secara otomatis dan melakukan getting device ready dan anda hanya menunggu sampai selesai proses tersebut.
>Tampilan berikutnya akan berpindah seperti dibawah ini ,pada tampilan ini anda hanya  harus mengklik use express setting

Langkah 9: Isi kolom akun beserta password dan klik next.
>Pada saat tampilan ini anda hanya disuruh untuk membuat akun pada laptop atau PC yang anda punya . Berilah nama akun sesuai nama anda atau nama pacar anda :D .. Lalu anda isi password yang mudah untuk anda hapalkan , dan copy password anda ,lalu masukin ke re-enter password.
>Jika sudah anda klik saja next yang ada pada bawah  tampilan.

Langkah 10 : Selesai
>Maka instalansi windows 10 anda telah selesai .Sekarang anda bisa menggunakan sistem operasi sesuai dengan keperluan laptop anda.

Bagaimana ? Mudah bukan ..Postingan ini tujuan nya sebenarnya untuk menambah pengetahuan anda yang belum bisa menginstalasi sistem operasi sendiri . Apalagi bagi anda yang berkuliah di teknik informatika atau yang berhubungan dengan komputer,jika anda belum pandai menginstalasi sistem operasi ,maka bagi saya sangat sayang sekali . Karena dengan anda bisa menginstall sistem operasi anda juga bisa jadikan bisnis jasa untuk install sistem operasi.

Maka tungguin saja postingan mengenai instalasi divirtual box ini , semoga dengan postingan ini anda bisa memahami dan pandaiuntuk instalasi sistem operasi apa saja kedepannya .

Terimakasih ... Salam Dutormasi!!!!...

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel