Pecabangan If else Bahasa C


Pada kali ini kita akan membahas suatu materi pemrograman yaitu materi percabangan if else.Pecabangan if else adalah percabangan yang paling dasar pada pemrograman , dari yang saya pelajari, ada banyak percabangan yang sering dipakai ada bahasa pemrograman , diantarnya yaitu if else yang dipelajari saat ini .

Jika percabangan if else dimasukan pada statemen program ,yang mana statemen tersebut akan dijalankan jika kondisi bernilah benar ataupun salah. Jadi pada logika nya if else ini disiapkan dengan dua pernyataan , pernyataan 1 yang benar dan pernyataan 2 nya yang salah . Bisa dilihat struktur nya di bawah ini :



Artinya dari percabangan if else diatas :
-Jika kondisi benar, maka pernyataan-1 akan dijalankan
-Sedangkan apabila kindisi bernilai salah, maka pernyataan 2 yang akan dijalankan.

Contoh Program pertama :  



Hasil running program :  

1. Jika kondisi if adalah benar

2.Jika kondisi if adalah salah

Penjelasan Program: Jadi dari program diatas anda disuruh menginput masukkan nilai a dan nilai b yang bertipekan float , dikondisi if jika ( b==0) , maka yang akan dicetaknya adalah %g dibagi dengan nol = tidak terhingga. Jika yang dimasukkan b lebih besar dari 0 maka yang akan di cetak nya statement dari else yaitu %g dibagi dengan &g =  %g.Karena %g , oleh karena itu nilai yang bertipekan data float maka akan menjadi bilangan bulat.


Contoh program kedua :



Hasil running program :

1.Jika kondisi if adalah benar

2.Jika kondisi if adalah salah

Penjelasan Program : Program diatas , anda disuruh menginput huruf yang betipekan char ( satu karkter saja ) , jika anda telah memasukan huruf ,maka kondisi if akan mengcek , jika dalam kurung if sama dengan yang dimasukkan maka akan mencetak huruf %c adalah huruf vokal . Jika huruf yang dimasukkan tidak sama dengan kondisi if maka akan mencetak huruf %c adalah huruf konsonan.

Itulah Penjelasan dan contoh program dari percabangan if else , jika anda belum bisa cara menginput data ,anda bisa baca artikel saya mengenai Membuat Input dan Output Bahasa C , bisa anda cek di https://www.dutormasi.com/2019/09/membuat-input-dan-output-bahasa-c.html .
Dipostingan selanjutnya kita akan membahas cara membuat program kalkulator menggunakan percabangan if else .

Semoga artikel ini bermanfaat dan selalu semangat untuk belajar nya .
Salam Dutormasi !!.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel