15 Situs Toko Online Termurah dan Terpecaya di Indonesia 2020

Dutormasi.com --Berkembangnya dunia teknologi internet di Indonesia, membuat semakin banyak startup startup E-commerce yang muncul. Mereka membangun sebuah toko online yang menjual produk produk yang mereka miliki dengan kelebihan masing masing pula. Banyak dari masyrakat kita sekarang bila ingin membutuhkan suatu barang, mereka lebih memilih membeli secara online dibandingkan harus mendatangi toko konvensionalnya secara langsung.

Apakah kamu pernah melakukan jual beli online? Jika pernah, kalian pasti merasakan kelebihan dan kekurangan dari jual beli online dibandingkan beli secara langsung. Secara umum tujuan E-commerce adalah untuk mewadahi seorang penjual dengan pembeli agar bisa melakukan transaksi jual beli secara cepat dan mudah tanpa harus repot repot, karna kita hanya butuh perangkat seperti laptop, tab, smartphone  untuk melakukan transaksi dengan syarat terhubung dengan internet.

Banyaknya E-Commerce atau toko online di Indonesia, membuat banyak orang bingung memilih aplikasi atau situs mana yang patut dijadikan langganan. Apalagi setiap situs toko online ini memberikan banyak fitur, promo dan kemudahan yang berbeda beda pula. Tapi tenang saja, pada artikel ini akan dijelaskan kok. 

Sebelum masuk ke materi ada yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, yaitu kualitas sebuah produk bukan tergantung pada  E-commerce yang digunakan, tetapi tergantung dari toko online yang kita pilih.

Artinya, bila kamu membeli suatu barang dari salah satu E-commerce di Indonesia, kemudian kamu mendapatkan barang dengan kualitas rendah. Yang bertanggung jawab atas kurang kualitas tersebut bukanlah dari pihak E-commerce, tetapi dari pemilik toko onlinenya sendiri.

Okelangsung saja,  pada kali ini Dutormasi akan memberikan beberapa daftar toko online terbaik dan terpopuler di Indonesia berdasarkan banyaknya pengguna dan berdasarkan pengalaman dari penulis sendiri saat berbelanja di toko online di Indonesia. Sudah penasaran kan? Yuk simak artikel ini sampai habis yaa.

1. Tokopedia


Tokopedia merupakan salah satu yang direkomendasikan untuk kamu yang ingin berbelanja. Tokopedia ini termasuk ke dalam salah satu perusahaan unicorn yang ada di Indonesia dengan memberikan kesempatan kepada individu maupun pemilik bisnis yang ada Indonesia untuk membuka dan memelihara toko online-nya sendiri. Aplikasi ini juga sangat tepat digunakan untuk usaha kecil atau Usaha Mikro maupun menengah (UMKM), sebab sistemnya sangat mudah sekali digunakan.

Pada aplikasi ini, pembeli dan penjual juga dapat meminimalisir kekhawatiran menjadi korban penipuan. Karna tak perlu diragukan lagi metode pembayaran pada tokopedia aman dan terpecaya. Saat melakukan pembelian, uang pembeli akan dikelola oleh pihak tokopedia sendiri, kemudian bila pesanan telah sampai dan dikonfirmasi pembeli. Setelah itu barulah pembelian selesai, dan uang pembeli pun di transfer atau diteruskan ke penjual. Bagaimana sangat aman dan terpecaya kan?

Tokopedia ini mempunyai pengunjung situs bulanan sebesar 130 juta pengunjung setiap bulannya loo! WAW!

2. Shopee


Walaupun terbilang baru, shopee sukses menduduki perinkat pertama aplikasi E-commerce teratas di google play. Ya karna memang dari awal situs belanja online shopee ini lebih fokus pada platform mobile, walaupun sih kamu masih bisa melakukan transaksi pembelian disitusnya. Situs ini menjual banyak produk mulai dari fashion anak anak dan dewasa, kosmetik, perlengkapan bayi, elektronik hingga kebutuhan lainnya. Aplikasi ini terbilang cukup populer pada kalangan wanita.

Startup Shopee ini berasal dari Singapura. Dan menekankan pada kenyamanan dalam berbelanja dan menawarkan promo gratis ongkir sampai pada diskon diskon yang telah disediakan oleh shopee yang tentu sangat menggiurkan, Membuat E-commerce ini lebih diminati. Tetapi tidak hanya itu, situs ini juga bisa kamu gunakan untuk mendaftarkan produk kamu yang ingin dijual juga loo!

Shopee sangat unggul pada segi media sosial dengan jumlah pengikut Instagram pada saat artikel ini dibuat yaitu 3,2 juta follower dan pengunjung website bulanan hingga 80 juta pengunjung.

3. Lazada


Lazada adalah salah satu toko online sebagai tempat jual beli online dengan menawarkan banyak produk, dari produk kesehetan, perlengkapan sehari-hari, kecantikan dan perabot rumah tangga. Lazada telah berdiri sejak tahun 2012 yang merupakan cabang dari jaringan retail online Lazada di Asia tenggata. Selain ada di Indonesia, situs lazada ini juga menjadi salah satu toko online yang terbesar di Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Lazada sangat bisa dijadikan pilihan terbaik dalam berbelanja dikarenakan kamu akan banyak mendapatkan promo diskon tiap harinya. Ditambah lagi Lazada sempat menduduki posisi number one atau posisi pertama E-commerce di Indonesia dan memiliki 28 juta pengikut Facebook dengan kunjungan sebesar 50 juta pengunjung tiap bulannya. Jadi tak perlu diragukan lagi, karna lazada sangat aman dan terpecaya.

4. Bukalapak


Selain tokopedia, Bukalapak juga merupakan salah satu toko online terkemuka dan terbaik di Indonesia. Bukalapak adalah E-commerce dari Indonesia, dan juga menjadi empat perusahaan Unicorn asal Situs bukalapak menggunakan layanan seperti situs jual beli online lainnya yaitu Consumer to Consumer (C2C).

Siapapun orang di bukalapak dapat membuka toko onlinenya sendiri dan juga dapat membeli barang dari toko orang lainnya yang pastinya transaksi ini dapat dilakukan seluruh Indonesia. Pengguna perorangan maupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baru maupun bekas, seperti perlengkapan sehari hari, elektronik, aksesoris, maupun perabot rumah tangga. Tak hanya itu, sistem nego juga ditawarkan oleh aplikasi ini loo. waw gak tu?

Namun sayangnya, bukalapak akhir akhir ini terbilang tidak stablil. Karna sempat mulai ada isu PHK hingga sampai hilangnya aplikasi ini dilayanan Google Play, sedih gak tu. wkwk

5. Blibli


Blibli.com telah berdiri sejak tahun 2011, dan ia pun telah mencap dirinya sebagai salah satu E-commerce atau pusat perbelanjaan perintis online di Indonesia. Aplikasi Blibli.com ini lahir dari Grup Djarum di bidang digital. Platform blibli ini mempunya konsep belanja online ala mall, dengan konsep seperti itu, blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang biasanya belanja di mall juga bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan cepat pada aplikasi ini.

Dengan slogan Big Choice, Big Deals membuat situs jual beli online ini menjadi terpecaya dan aman. Barang yang tersedia di Blibli umumnya berfokus pada elektronik dan hobi, seperti smartphone, laptop, kamera, konsol game, televisi dan lainnya. Blibli juga terkenal di media sosial, khususnya pada twitter yang memiliki 500.000 follower sejak artikel ini dibuat dan kunjungan hingga 40 juta pengunjung perbulannya.

6.Bhinneka


Situs Bhinneka ini telah hadir dalam waktu yang cukup lama. Dan bisa dibilang Bhinneka merupakan situ E-commerce yang memplopori Jual beli online yang sampai saat ini masih berkembang dan bertumbuh menjadi situs E-Commerce terbesar yang ada di Indonesia. Kenapa disebut angkatan pelopor? Ya karena situs ini telah launching sebelum tahun 2000-an lebih tepatnya 1996-1999.

Sesuai dati tagline Indonesia #1 Webstore, membuat situs Bhinneka ini menjadi pemain di kandangnya sendiri, yang artinya menjadi pilihan online shopping bagi masyarakat Indonesia.

7. Blanja.com  


Ini juga merupakan salah satu situs toko online aman dan dapat dipercaya yang situsnya berasal dari hasil sebuah Joint-venture atau kerja sama antara Telok Indonesia dengan eBay. Blanja.com ini memiliki ribuan merchant yang menawarkan berbagai produk dari bermacam produk, diantaranya kesehetan, komputer, otomotif, gadget, fashion dan lain lain.  Situs ini mengeluarkan sebuah fitur yang memungkinkan pembeli unutk membeli berbagai produk eBay langsung membayar lewat bank lokal. Beberapa bank lokal yang telah menjalin kerjasama diantaranya adalah BNI, Mandiri, BRI, BTN, Mega, Niaga, BTN, ANZ, dan lain sebagainya.

8. OLX Indonesia


OLX Indonesia ini adalah nama baru dari situs yang sebelumnya bernama tokobagus.com . Situs ini merupakan situs web iklan yang memfokuskan untuk menjadi tempat membeli dan menjual prosuk serta jasa secara online. OLX Indonesia adalah tempat kamu untuk mencari barang baru maupun bekas yang berkualitas seperti otomotif, olahraga, perlatan rumah tangga, elektronik, aneka jasa, lowongan kerja dan produk lainnya. Dengan aplikasi ini kamu dapat menjadikan sebagai sarana mencari lowongan pekerjaan, sebab sangat banyak instansi yang bekerja sama dengan OLX Indonesia sehingga mengiklankan lowongan pekerjaan di E-commerce ini.

9. Elevania


Elevania bisa terbilang situs belanja online Indonesia yang masih tergolong muda dibangdingkan dengan Online Shop lainnya. Tetapi untuk keamananan, kemudahan dan kepercayaan aplikasi ini tak perlu diragukan lagi. Karna terbilang situs ini mendapatkan  1 juta kunjungan tiap bulannya. Situs ini beroperasi dibawah naungan PT XL Planet, SK Planet dan Salim Group.

Ada beberapa kategori yang dijual di situs ini, setelah dihitung ada 8 yaitu kesehatan, perlengkapan bayi, perlengkapan rumah tangga, gadget dan komputer, elektronik,olahraga, kecantikan dan otomotif. Dengan kelengkapan ketegori tersebut, tentunya situs ini akan semakin berkembang dan lebih banyak menggunakannya.

10. FJB Kaskus


Situs ini dengan sebutan kaskus sebenarnya lebih dikenal sebagai forum diskusi online. Namun belakangan ini kaskus menghadirkan aplikasi belanja online yang disebut FJB Kaskus ( Forum Jual Beli Kaskus). FJB kaskus ini telah menyediak fitur Kaspay yang digunakan sebagai platform pembayaran online resmi. Hal ini untuk mempermudah para pengguna untuk melakukan kegiatan jual beli online, kapan pun dan dimana pun tanpa harus khwatir adanya masalah penipuan.

Pada situs ini kamu juga dapat membuka toko online kamu sendiri atau menjadi seorang penjual, caranya cukup mudah sekali yaitu daftar sebagai member Kaskus, tak perlu khawatir pendafaran gratis kok. Setelah itu jika ada pembeli, transaksi akan dilanjutkan dengan metode pembayaran sistem rekber yang dikelola oleh Kaskus sendiri.

11. Mataharimall

Mataharimall adalah sebuah E-commerce yang lahir dari group Lippo, dan merupakan versi online dari Matahari Dapartement Store. Mataharimall mengklaim dirinya sebagai pusat perbelanjaan terbesar dan terpopuler di Indonesia. Situs ini menjadi E-commerce asli Indonesia dan terbilang masih sangat muda, karna baru didirikan pada tahun 2015 yang lalu.

Namun itu tidak menjadi permasalahan bagi situs ini, walaupun masih tergolong muda, mataharimall mampu menarik perhatian sebagian besar masyarakat Indonesia untuk melakukan perbelanjaan online di situs ini. Ya walaupun masih kurang artikel tentang mataharimall yang dinyatakan sebagai situs toko online terpopuler Indonesia, tapi menurut dutormasi tak lama lagi situ ini akan manjadi situs toko online terbesar, karna banyaknya keunggulan seperti memiliki brand yang sudah tekenal di masyarakat Indonesia, memiliki market atau toko offline di berbagai tempat di Indonesia, dan adanya pengalaman yang besar di bisnis retail dan pengelolaan bisnis jual beli. 

12. Zalora Indonesia


Zalora Indonesia didirikan pada tahun 2012 yang merupakan startup internasional dari perusahaan Jerman Rocket Internet. Situs ini menjual berbagai produk fashion dari berbagai merk pula. Jadi bagi kalian yang ingin tampil lebih fashionable tanpa harus muter muterin mall untuk belanja, maka situs Zalora Indonesia ini sangat direkomendasikan.

Di Zalora indonesia kamu akan banyak menemukan pulahan ribu produk dari pakaian, sepatu, aksesoris, tas lainnya dari merek yang terkenal dan pastinya orisinil. Dan lebihnya lagi, pelanggan yang berbelanja tidak akan dikenakan biaya pengiriman ke seluruh Indonesia, dengan garansi pengembalian barang jika barang tidak sesuai atau pelanggan kurang puas.

Zalora juga sering menawarkan banyak diskon spesial juga loo untuk pelangganya. Jadi kunjungi terus situsnya yaa, siapa tahu ada yang cocok dan dapat diskon lagi.

13. AliExpress


Bagi kamu yang ingin membeli produk produk luar negeri, khususnya produk gadget atau elektronik laninnya, maka situs AliExpress ini sangat patut kamu coba loo. AliExpress berpuasat di Tiongkok, tetapi walaupun begitu, situs ini menawarkan banyak jenis produk kepada pembeli yang ada diseluruh dunia, termasuk negara kita Indonesia. 

Apakah kamu pernah dengan nama Jack Ma? Ya seorang pendiri Alibaba. Perlu kamu ketahui Aplikasi Aliexpress ini diluncurkan oleh Alibaba loh. Situs ini juga tak perlu diragukan lagi, karna hampis seluruh dunia tahu dengan aplikasi ini, ditambah lagi aliexprees sering menawarkan diskon dan promo gratis ongkir. 

Untuk metode pembayaranpun, kamu juga tidak perlu repot repot membuat akun PayPal. Di Aliexpress ini kamu dapat membayar melalui toko ritel, seperti alfamart, indomaret yang ada disekitaran kamu.

14. Sorabel


Nama lama dari sorabel ada Sale Stock, situs ini merupakan toko online yang mengkhususkan diri menjual barang barang dari wanita saja, dimana pada situs ini menyediakan banyak produk kosmetik, fashion, baju, celana , sepatu dan lainnya. Fitur yang disediakan sorabel pun tidak main main, Seperti karna sistem Coba Dulu Baru Bayar, garansi pengembalian hingga 30 hari dan juga bisa pembayaran COD seluruh Indonesia. Situs ini pun juga tidak perlu diragukan lagi, karna sudah banyak yang melakukan transaksi pada situs ini. Dan telah terbukti bahwa pengunjung tiap bulannya sebesar 185 ribu kunjungan. 

15. Alfacart

Bagi kalian yang ingin belanja harian tetapi tiba tiba datang malasnya ataupun tidak sempat pergi berbelanja karna kesibukan sehari hari. Maka aplikasi belanja offline Alfacart ini sangat direkomendasikan sekali. Alfacart ini terhubung diseluruh indonesia menggunakan jaringan alfamacart, yang situsnya ini menyediakan kebutuhan seperti makanan, minuman, fashion, elektronik, kesehatan, perlengkapan bayi dan ada banyak lagi. Ditambah lagi, alfacart ini menyediakan opsi pengiriman 1 jam sampai melalui kerja sama dengan layanan antar barang seperti Gojek dan Grap. 

Jadi itulah beberapa toko online yang terbesar dan terpecaya di Indonesia menurut Dutormasi. Jika kmamu suka pada artikel ini, jangan lupa untuk share artikel ini yaa. Semoga bermanfaat dan terimakasih :)

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel