7 Text Editor Terbaik dan Terpopuler Tahun 2019

Dutormasi.com -Kamu seorang programmer? Ya tentunya tidak asing lagi mendengar kata text editor. Jika diibaratkan dalam contoh kehidupan sehari hari, text editor itu adalah peralatan tukang, yang ketika seseorang ingin membangun gedung pastinya harus memiliki peralatan tukang. Seperti itu jugalah seorang programmer , ketika dia ingin membangun aplikasi yang handal, maka dia harus menyiapkan perlatannya terlebih dahulu yaitu text editor itu sendiri.


Lebih jelas nya, text editor itu adalah aplikasi/software yang digunakan untuk mempermudah programmer dalam menyusun dan menulis kode program sehingga menjadi aplikasi baru. 
Jadi bisa dibilang kalau text editor merupakan senjata utama bagi para programmer. Ada banyak fitur yang terdapat di dalam text editor yang pastinya dengan tujuan mempermudah programmer yaitu seperti Syntax highlighting, code folding, line number, search and replace sintaks, dan ada banyak lagi.

Ada banyak text editor sekarang yang populer, yang tentunya memiliki fitur fitur yang berbeda pula. Maka pada kali ini Dutormasi.com akan memberi tahu beberapa text editor dengan kelebihan dan perbedaannya, sehingga kamu dapat memilih text editor yang cocok dengan kamu.

1. Sublime Text



Sublime text merupakan text editor yang sangat direkomendasikan kepada programmer untuk membuat aplikasi yang hebat. Text editor sublime text ini memiliki keunggulan tampilan yang dinamis, dan sublime text juga menyediakan beberapa tema yang dapat kamu pilih sesuai dengan selera kamu.

Text editor sublime text juga mendukung berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux dan Mac. Jadi kamu tidak perlu khawatir dalam menentukan sistem operasi apa yang kamu pakai dan kamu juga tidak perlu khawatir jika ingin mengerjakan aplikasi menggunakan sistem operasi yang berbeda-beda.

Sublime text ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar, dalam versi berbayar kamu harus menyediakan uang sebesar 80 US dollar untuk membeli lisensi. Kelebihan dari versi berbayar ini kamu akan mendapatkan fitur yang lebih dari versi gratisan.

2. Visual Code Studio



Visual code studio merupakan text editor yang langsung digarap oleh windows. Aplikasi ini terbilang sangat baru, namun sudah banyak programmer yang suka terhadap aplikasi text editor visual code studio ini. Kelebihan dari visual code studio ini memiliki design tampilan yang sangat menarik, dan aplikasi ini dapat kamu download secara gratis.

Text editor ini memilliki fitur integrasi git dan debugging, sehingga kamu dapat membantu kamu dalam mengecek kesalahan yang terdapat di codingan kamu.  Dan aplikasi ini mendukung hampir seluruh bahasa pemrograman seperti C, C++, C#, Java, HTML, dan bahasa pemrograman lainnya.
Text editor visual code studio ini sama dengan text editor sublime text karna sama sama dapat dijalankan di berbagai macam sistem operasi.


3. Notepad++



Pasti kamu tidak asing lagi dengan kata kata Notepad , Yaa Notepad merupakan aplikasi text editor bawaan windows, yang biasa digunakan untuk membuat file.txt dan juga sebagai catatan ringan. Dan terkadang digunakan untuk membantu menjelaskan dalam pembuatan konten video youtube kamu.

Tetapi sekarang ada yang namanya Notepad++ yang merupakan text editor pengembangan dari Notepad. Banyak kelebihan Notepad++ ini yaitu mendukung beberapa bahasa pemrograman, mudah dalam penggunaannya, dan text editor menyediakan beberapa plugin untuk menambah fitur. Dari tiga kelebihan itulah yang menjadi faktor mengapa Notepad++ menjadi salah satu text editor yang populer dan yang paling penting adalah text editor ini gratis.

Beberapa bahasa pemrograman yang didukung oleh Notepad++ diantaranya dalah C++, C, C#, HTML, Java,Javascript, Assembly, Pascal ,Ruby, Python, SQL, VB, XML dan lainnya.

4. Komodo Edit


Text editor komodo edit terbilang cukup mirip seperti sublime text, dan bisa dibilang text editor ini sebagai alternatif dari sublime text. Komodo edit juga memiliki fitur fitur yang mempermudah programmer dan tidak hanya itu text editor ini sangat ringan sehingga tidak akan makan banyak ruang terhadap memori internal kamu.


Text editor Komodo edit ini juga mendukung berbagai sistem operasi seperti MacOS, windows dan linux. Aplikasi ini pun mendukung banyak bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Python, PHP , CSS, HTML dan lainnya.

Komodo edit ini sudah dirilis cukup lama, dikenalkan pada tahun 2007. Maka dari itu kamu tidak perlu ragu untuk memilih aplikasi ini sebagai text editor yang kamu pakai untuk mengembangkan aplikasi bebasis web dan lainnya.

5. Atom 



Atom bisa dibilang menjadi aplikasi text editor open source terbaik saat ini. Biasanya text editor ini terkenal dikalangan programmer web, ada  banyak fitur yang dapat kamu pakai di text editor ini seperti fuzzy finder for quickly opening files, fast project wide search and replace, modular design, nodejs integration dan masih banyak fitur lainnya yang dapat menggiurkan dan diandalkan pada text editor Atom ini.

Sama seperti text editor sebelumnya, atom juga mendukung berbagai sistem operasi seperti windows, MacOs dan linux. Tak kalah dari text editor lainnya, atom ini memiliki tampilan yang sangat elegan, dan pastinya mendukung banyak bahasa pemrograman

6. Vim 



Vim atau biasanya disebut dengan Vi Imporved adalah text editor yang sangat powerfull dan terbilang langgeng. Karena aplikasi ini sudah lama dikenal  dari tahun 1991 dan sampai sekarang masih menjadi text editor terbaik dan populer dipakai oleh programmer.

Bagi kalian pengguna sistem operasi linux pasti tidak asing lagi dengan aplikasi ini kan, karna aplikasi Vim ini merupakan aplikasi bawaan dari sistem operasi Linux. Aplikasi ini memungkinkan pengguna melakukan sesuatu hanya menggunakan keyboard dan shurtcut, jadi kamu tidak perlu lagi menggunakan mouse. Ada banyak yang dapat dilakukan seperti memindahkan , merubah teks didalam dokumen dan lain lain tanpa harus memakai mouse.

Bagi kalian yang baru menyentuh atau memakai aplikasi ini, kamu mungkin akan di pusingkan dengan tampilan Vim karena vim menggunakan CLI (Command Line Interface). Tetapi untuk peforma kecepatan, tidak di ragukan lagi, Dan aplikasi ini sangat ringan.

7. Brackets



Bagi kamu yang seorang desainer web, pasti kamu sudah tahu dengan aplikasi text editor brackets ini. Yaa karna apa? Karna aplikasi brackets ini memang dibuat dan dikhususkan untuk desainer web. Ada banyak kelebihan dari aplikasi text editor ini, yang pastinya tampilan dari aplikasi ini sangat lah bersih dan modern, kemudian juga dapat digunakan diberbagai sistem operasi seperti MacOs, linux dan windows. Dan yang sangat lebih dari fitur brackets ini, dia mempunyai fitur Live Preview, dengan fitur ini kamu akan melihat secara langsung hasil program web kamu menggunakan bahasa pemrograman HTML/CSS menggunakan web browser default. Kamu pun juga bisa mengganti tampilan brackets yang awalnya berada dalam mode gelap menjadi mode terang.

Jadi itulah 7 text editor terbaik dan terpopuler yang wajib kamu ketahui. Jadi pilih aja salah satu dari teks editor diatas dan sesuaikan dengan sistem operasi kamu. Tak perlu semua kamu install karna sebetulnya semua fungsi text editor itu sama yaitu mempermudah kamu seorang programmer dalam mengembangakan atau membuat aplikasi.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Salam Dutormasi!!


Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel