Macam-macam Jenis Aplikasi Microsoft Office Serta Kegunaan dan Fungsinya

Dutormasi.com -Di zaman teknologi ini, bisa dibilang semua pekerjaan itu dapat dikerjakan dengan mudah. Ya karna apa hampir semua pekerjaan manusia sudah tergantikan dengan yang namanya teknologi. Apalagi kalian yang berpofesi sebagai pelajar, mahasiswa ataupun pekerja kantoran yang tidak bisa lepas yang namanya komputer ataupun laptop.

Di dalam laptop atau komputer, kalian pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang paling populer ini yaitu Microsoft Office. Microsoft Office merupakan sebuah paket perangkat lunak atau software yang digunakan untuk perkantoran dan dibuat oleh perusahaan Microsoft. Dan software ini dapat kamu jalankan dibeberapa sistem operasi seperti Windows ataupun Mac Os.



Seseorang yang bisa menggunakan Microsoft Office merupakan kelebihan yang sangat bagus, yaa karna tak heran lagi banyak perusahaan yang mencari pekerjanya harus bisa atau ahli dalam Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Power Point.

Hal itu, telah menunjukkan dan membuktikan betapa pentingnya Microsoft Office sekarang ini, karna hampir seluruh aspek yang berhubungan dengan lingkungan kerja memerlukan orang yang bisa dan ahli menggunakan Microsoft.

Bahkan bukan hanya ditempat kerja, Microsoft Office juga diperlukan dalam lingkungan akademis. Seperti menulis laporan praktikum, membuat makalah atau karya tulis ilmiah, mengerjakan skripsi dan ada banyak lagi.

Ya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau Microsoft Office itu merupakan software yang sepaket, artinya ada banyak jenis perangkat lunak yang ada. Tapi tahukah kamu? Fungsi dari Microsoft Office ini juga dibedakan berdasarkan dari jenis jenis perangkat linak yang ada.

Misalnya bila kita ingin membuat sebuah laporan yang memiliki banyak tulisan tulisan, maka kamu memerlukan sebuah perankat lunak yang namanya Microsoft Word, dan tidak bisa kamu lakukan di Microsoft Excel, karna fungsi Microsoft untuk menganilisi data yang berupa angka angka.

Dan ada juga, yang namanya Microsoft Power Point yang digunakan untuk mempermudah kamu melakukan presentasi. Sehingga membuat presentasi kamu lebih menarik lagi.

Dari hasil survei Dutormasi dari 30 orang, hanya 5-10 orang sajalah yang mengetahui jenis Microsoft dan fungsi selain tiga jenis Microsfot yang telah disebutkan diatas. Maka dari itu pada kali ini, Dutormasi telah merangkum beberapa jenis Microsoft atau komponen utama yang terdapat pada perangkat lunak Microsoft Office.  Adapun berikut ini diantaranya :

1. Microsoft Office Word

Jika kamu berprofesi sebagai pelajar, mahasiswa ataupun pekerja kantoran maka pasti kamu tidak asing lahi dengan perangkat lunak satu ini. Bisa dibilang Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata andalan setiap orang. Dengan apilasi ini kamu bisa menulis berbagai hal, surat buku, makalah dan lainnya.

Perangkat lunak ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1983, tetapi tidak langsung dengan Nama Microsoft Word, nama pertamanya adalah Multi-Tool World untuk sistem operasi xenix. Dan juga memiliki versi lain yang dikembangkan di berbagai sistem operasi seperti DOS pada tahun 1983, Aplle Macintosh pada tahun 1984, SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows pada tahun 1989.

Dan perubahan nama menjadi Microsoft Word ini berawal dari perangkat lunak ini menjadi bagian pada Microsoft Office System 2003 dan 2007. Dan pada tahun 2013 juga mengeluarkan kembali versi terbarunya , dan lebih mempersingkat namanya menjadi Word saja. Dan perangkat ini sekarang sudah dengan versi terbarunya yaitu Word 2019 , yang pastinya memiliki fitur yang lebih canggih lagi dari sebelumnya.

2. Microsoft Office Excel

Microsoft Office Excel merupakan sebuah aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft dan dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Mac Os dan iOs. Perangkat lunak memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan perhitungan, tetapi tidak hanya itu saja, dikarenakan perangkat lunak ini mendukung fitur kalkulasi dan pembuatan grafik maka bisa dibilang perangkat lunak ini juga mempermudahkan kita dalam menganalisi data.

Sejak tahun 2005, Microsoft Office Excel ini telah terbukti menjadi perangkat lunak Spreadsheet yang paling banyak digunakan baik itu yang berbasis sistem operasi Windows, maupun Macintosh berbasis Mac Os.

Aplikasi ini juga merupakan bagian dari Microsoft System, yang pada tahun 2013 juga merubah namanya menjad Excel saja. Dan sekarang telah berada diversi terbarunya yaitu Excel 2019.

3. Microsoft Office PowerPoint

Microsoft Office PowerPoint ini adalah sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Microsoft untuk mempermudahkan kamu dalam membuat slide presentasi. Aplikasi ini biasanya banyak digunakan, apalagi kamu yang berprofesi sebagai pengusaha, pekerja kantoran, pendidik atau guru, mahasiswa maupun seorang pelatih.

Aplikasi ini dapat digunakan pada komputer atau lapto yang berbasis sistem operasi Windows, dan juga Apple Macintosh berbasis Apple Mac Os. Walaupun awalnya perangkat ini hanya berjalan pada sistem operasi Xenix.

Pada tahun 2013, nama Microsoft Office PowerPoint ini dirubah sehingga lebih singkat dengan nama PowerPoint, dan sekarang telah berada pada versi terbarunya yaitu PowerPoint 2019, yang pastinya memiliki transisi dan background slide yang lebih banyak dan bagus lagi dari sebelumnya.

4. Microsoft Office Outlook

Microsot Office Outlook adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk personal information manager yang dikembangkan oleh Microsoft, dan juga termasuk pada jenis Microsoft Office. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik (surel),dan tidak hanya itu perangkat lunak ini juga dilengkpadi dengan fungsi jadwal kerja, kalender, jurnal dan catatan.

Aplikasi ini bila digunakan dengan Microsoft Exchange Server, maka Microsoft Office Outlook ini akan dapat menyediakan akses kotak surat, jadwal bersama dan kalender.

Perangkat Lunak Microsoft Lain dalam Versi Windows

Selain dari aplikasi diatas, ada beberapa perangkat lunak atau komponen jenis Microsoft yang hanya berada dan di akses di sistem operasi windows, diantaranya adalah :

1. Microsoft Access

Microsoft Access merupakan sebuah perangkat lunak basis data komputer yang relasional digunakan untuk merancang. mengolah dan membuat berbagai jenis data dengan kapasitas yang besar untuk skala rumahan dan perusahaan mikro hingga menengah. Perangkat lunak ini memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan tampilan grafis intuitif pada mesin basis data Microsoft Jet Database yang digunakannya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menyimpan data dengan formati Microsoft Access. Microsoft SQL Server, Microsoft Jet Database Engine, Oracle Database, atau semua format basis data yang mendukung ODBC (Open Database Connectivity).

Microsoft ini mendukung dasar-dasar pemrograman yang berorientasi objek atau biasa disebut OOP (Object Oriented Programming), tetapi juga tidak sepenuhnya dapat digolongkan ke salah satu perangkat bantu dalam pengerjaan object oriented programming (OOP). Dan aplikasi ini sedang berada pada versi terbarunya dengan nama lebih singkat yaitu ACCESS 2019.

2. Microsoft Publisher 

Microsoft Publisher merupakan sebuah dan bagian dari suatu perangkat lunaik desain grafis yang masuk pada Microsoft Office dan biasanya digunakan untuk mengolah kata dan desain publishing. Pada perangkat lunak ini kamu dapat membuat sebuah layout atau tata letak dan nantinya dapat membuat surat kabar. kalender, majalah, novel, poster, kartu pos, sertifikat dan lain lain.

Software ini juga banyak digunakan didunia percetakan, periklanan , sablon dan sebaginya. Dan software ini juga dalam versi terbarunya dengan nama PUBLISHER 2019.

3. Microsoft OneNote

Sesuai dengan namanya note yang artinya adalah catatan, maka aplikasi Microsoft OneNote ini merupakan sebuah aplikasi pengolah kata, tapi dengan versi yang lebih ringan. Seperti kegunaan Note atau catatan umumnya, dengan software ini kita juga dapat menggambar, menulis, mencoret-coret dan kamu juga dapat mamasukkan objek serta menapilkan objek tersebut di halaman. Tidak hanya itu catatan yang telah kamu buat itu juga dapat kamu bagikan kepada rekan kerja, teman, ataupun lainnya dengan menggunakan aplikasi ini.

4. Microsoft Visio

Microsoft Visio atau sekarang disebut deengan Visio saja merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat flowchart (diagram alir), membuat brainstorm, membuat diagram, jaringan mauapun skema. Aplikasi ini juga dapat membantu kamu dalam menganalisis perkiraan arah naik atau turunnya sebuah saham , hingga kamu mengetahui grafik pendapatan. pengeluaran dan lain nya yang berhubungan pada saham.

Aplikasi ini menyediakan banyak template sehingga dapat kamu pilih untuk pembuatan diagram lebih lanjut dan layout (tata letak) kamu. Dan kamu juga dapat mengoneksikan diagram-diagram buatan. Sekarang nama aplikasi telah berubah dengan nama yang lebih singkat yaitu VISIO.

5. Microsoft InfoPath

Microsoft InfoPath ini biasanya diperlukan untuk kepentigan bisnis dan pekerjaan. Ya karena memang sebetulnya Microsoft InfoPath ini digunakan untuk membuat formulir pemasukkan dengan format XML. Aplikasi ini juga umumnya digunakan untuk oleh instansi perusahaan untuk membuat lamaran pekerjaan, biodata karyawan dan lainnya.

Aplikasi ini pertama kali keluar bersamaan dengan Microsoft Office dan berlanjutan pada Microsoft Office 2007. Fitur terbaik pada microsoft ini yaitu dari kemampuannya untuk membuat dokumen penulis dengan format XML dan melihat link satu ke banyak di antara grup yang berbeda skema. Sekarang Microsoft InfoPath ini atau lebih tepatnya pada tahun 2010, aplikasi ini telah dibagi menjadi dua aplikasi, yaitu dengan nama Microsoft InfoPath Filler 2010 dan Microsoft InfoPath Designer 2010.

6. Microsoft Lync

Microsoft ini pertama kali diberi nama dengan Microsoft Communicator 2007 R2, dan diluncurkan pada tahun 2007. Sehinnga pada tahun 2011, nama aplikasi ini pun berubah dengan nama Microsoft Lync. Microsoft Lync ini bisa kamu dapatkan dengan memakai Microsoft Office 2013. Karna baru hadir di satu paket dengan Microsoft Office 2013 ini.

Software ini sebenarnya memiliki fungsi, namun bila dikaji kebanyakan pengguna menggunakan software ini sebagai Instanst Massenger seperti Skype, Google Talk dan lainnya.

Itulah beberapa Microsoft Office yang telah dutomasi rangkum, jadi mulai sekarang jangan sampai teman teman gak tahu lagi yaa. Microsoft Office itu tidak hanya word, excel dan powerpoint saja, tapi ada banyak lagi jenis Microsoft yang dapat digunakan dengan fungsi yang berbeda beda pula.

Semoga Bermanfaat dan terimakasih

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel