2 Cara Share Lokasi atau Berbagi Lokasi di WhatsApp dengan Mudah Terbaru

Dutomasi.com -Bagi kamu pengguna smartphone dan berjalan pada operasi Android pastinya tidak asing lagi dalam menggunakan salah satu layanan dari mbah Google yaitu Google Maps. Dan tahukah kamu dengan adanya layanan tersebut, sangat memudahkan kita dalam mencari arah dan tempat yang diingankan.


Yaa pasalnya google sekarang menyediakan teknologi yang disebut dengan GPS yang dapat membantu kita dalam menemukan lokasi yang ingin kita cari. Dengan adanya GPS ini kita dapat menghemat waktu kita dalam mencari tempatnya, dan juga untuk tingkat akurasi dari navigasi GPS ini tidak perlu diragukan lagi karena hampir 100% akurat, tidak hanya itu GPS dari google ini juga memberikan kemudahan bagi penggunanya dan menjadi solusi terbaik dan tercepat dalam menentukan arah, waktu, lokasi dan kecepatan yang ingin dituju.

Jadi memang tidak heran sebenarnya kalau perusahaan dan aplikasi terkenal menguunakan fitur ini dalam aplikasinya. Sebagai contohnya Whatsapp  yang merupakan aplikasi pesan cepat terbaik dan banyak digunakan seperti ini juga memanfaatkan fitur GPS untuk penggunannya. Jadi bagi kamu yang bingung memberitahu teman dimana kamu berada? Ataupun bingung saat ingin menyusul ke tempat pertemuan karna tidak tahu lokasinya. Maka yaa caranya sangat gampang, kita bisa memanfaatkan dan menggunakan fitur share location whatsapp ini.

Fitur share location atau fitur berbagi lokasi ini sebenarnya sudah cukup umum  dan terbilang semua aplikasi chatting sudah ada di dalamnya. Namun dikarenakan whatsapp menjadi aplikasi chatting terbesar dan paling banyak digunakan, maka dutormasi hanya akan memberi tahu cara berbagi lokasi pada whatsapp saja. Dan perlu kamu ketahui, bahwa fitur ini baru ada pada aplikasi whatsapp di smartphone saja, untuk whatsapp web belum mendukung fitur ini. Dan mungkin akan ada dalam waktu dekat.

Bagaimana sudah penasaran bukan? Bagaimana sih caranya meng-share lokasi ? Oke dari pada memperpanjang kata lagi, kita langsung saja pada intinya Cara mengirim Lokasi pada whatsapp . Selamat menyimak sobat dutormasi!!

Cara Share atau berbagi lokasi di WhatsApp (Sendloc)

Sebelum masuk pada cara caranya, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui yaitu fitur share atau berbagi lokasi yang ada di Whatsapp ini sebenarnya terbagi menjadi dua, yaitu :

  • Share live location atau Berbagi lokasi terkini, yaitu fitur yang dapat membagikan lokasi kamu secara real-time. Fitur ini juga biasa disering sebagai fitur pelacak. Karena terbilang setiap pergerakan orang yang mengirim ini akan terbaca dan dikirim lewat sinyal melalui satelit. Whatsapp juga memberikan kebebasan kepada pengirim terkait durasi share lokasi yang ingin dikirim.
  • Send your current location atau Kirim lokasi anda saat ini, yaitu fitur yang dapat mengirim lokasi kamu saat ini. Fitur ini sedikit berbeda dengan share live location karena fitur ini hanya mengirimkan lokasi kamu saja, jadi saat kamu berjalan atau berpindah tempat maka lokasi yang telah kamu kirim tersebut tidak akan ikut berpindah. 
Begini cara Share atau berbagi lokasi di whatsapp dengan mudah, berikut langkah langkahnya : 

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi whatsapp, lalu bukalah salah satu obrolan atau kontak yang ingin kamu kirimi lokasi kamu. 

2. Setelah dibuka, maka terdapat ikon penjempit kertas atau lampiran yang terlihat pada tampilan. Lalu Klik lah icon tersebut. 

3. Maka akan muncul beberapa pilihan dari ikon tersebut, pada pilihan tersebut  kliklah pilihan Lokasi. 

Catatan : Bagi kamu yang belum menghidupkan GPS, silahkan aktifkan atau hidupkan terlebih dahulu.

4. Nah setelah itu akan terdapat dua pilihan dalam membagikan lokasi kamu. Yaitu dengan cara Share live location atau berbagi lokasi terkini  maupun dengan cara Send your current location atau kirim lokasi anda saat ini. 

Apabila Memilih Share live location : 

1. Pada fitur ini kamu dapat menentukan sendiri berapa lama batas waktu yang kamu inginkan dalam membagikan lokasi kamu secara real-time. Terdapat beberapa pilihan yaitu 15 menit,  1 jam sampai kepada 8 jam. Maka pilihlah waktu yang sesuai  kebutuhan kamu saja,  dan di fitur ini kamu juga dapat menamabhkan keterangan agar dapat dibaca oleh penerima, dan jika sudah pas atau tepat maka kirimlah pesan tersebut dengan mengklik icon panah atau send


2. Dan sekarang kamu sudah berhasil membagikan lokasi kamu secara real-time. Dan penerima pun dapat melihat lokasi kamu secara real-time sesuai dengan waktu yang kamu pilih sebelumnya. 

Dan Apabila Memilih Send your current location : 

1. Berbeda dengan fitur sebelumnya, fitur ini digunakan bagi kamu yang ingin mengirim atau berbagi lokasi sesuai dengan tempat kamu sekarang berada saja. Dan untuk menggunakan fitur ini, pastikan terlebih dahulu GPS kamu hidup dan panah lokasi kamu telah tepat. Jadi jangan terburu buru langsung mengklik fitur Send Your current Location ini yaa. Dan jika sudah pasti dan tepat tempatnya maka barulah klik fitur ini. 

2. Sekarang kamu sudah berhasil mengirim lokasi kamu tanpa ada batasan waktu. Karena fitur ini tidak akan mengikuti kita saat berjalan atau berpindah ke tempat lainnya. 

Nah, jadi itulah beberapa cara singkat yang bisa kamu gunakan dalam mengirim lokasi kamu lewat aplikasi whatsapp. Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan manfaat kepada kamu dan bisa membantu kamu dalam berbagi lokasi ke teman teman saat mau ketemuan di suatu tempat. Dan ada catatan penting juga, untuk melakukan fitur ini pastikan terlebih dahulu koneksi internet kamu lancar atau tidak yaa, karena jika tidak lancar nanti berbahaya karna bisa saja lokasi nya tidak sesuai dengan lokasi kamu berada. Sehingga teman kamu bisa tersesat nantinya. Hehehe

Sekian dan terimakasih!!

Salam Dutormasi!!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel