6 Fungsi Lain Mode Pesawat (Airplane Mode) yang Jarang diketahui

Dutormasi.com-Cepatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi Sekarang ini membuat hampir semua pekerjaan manusia telah dikerjakan oleh benda, dan salah satunya adalah smartphone. Sekarang ini bisa dibilang sudah tidak ada lagi orang yang tak kenal dan tak memiliki yang namanya smartphone, iyaa kan? Hal itu terjadi karena smartphone membuat seluruh pekerjaan yang awalnya susah akan menjadi mudah, dan yang paling penting adalah mudahnya dalam berkomunikasi.
mode pesawat (airplane mode)
Smartphone memiliki Sistem operasi yang bervariasi pula, ada yang android dan ada pula iOS. Dan salah satu kelebihan dari sistem operasi tersebut adalah adanya fitur yang sangat lengkap dan banyak. Salah satu fitur yang bisa kita manfaat kan adalah Airplane Mode.

Apakah kalian sudah mengenal dengan fitur yang satu ini? Ya fitur Airplane Mode atau Mode pesawat ini biasanya akan diaktifkan penumpang saat ingin menaiki pesawat,, agar smartphonenya bisa kita gunakan selama penerbangan tanpa harus takut menganggu sistem atau sinyal komunikasi pesawat. Dan biasanya pihak maskapai akan menyuruh kita untuk menghidupkan fitur mode pesawat ini untuk alasan keamanan dan kenyamanan bersama. Namun sebenarnya fitur ini tidak hanya sebatas untuk keselamatan selama penerbangan saja, tetapi ada juga beberapa fungsi lainnya dari fitur ini saat pengguna smartphone tidak menaiki pesawat. Penasaran bukan? Simak artikelnya sampai habis yaa!!


Fungsi Mode Pesawat saat Pengguna tidak Menaiki Pesawat


1. Menghemat Baterai

Fungsi pertama dari mode pesawat atau airplane mode adalah untuk menghemat baterai smartphone yang kita gunakan. Kenapa begitu? Ya alasannya karena jika saat baterai ponselmu hampir habis, dan kamu tidak membawa charger, maka cara terbaiknya adalah mengaktifkan mode pesawat ini. Hal ini karena proses background yang bejalan dan menggunakan jaringan di smartphone akan berhenti baik itu jaringan seluler maupun jaringan internet, sehingga akan lebih menghermat baterai.

Seperti yang kita ketahui bahwa internet merupakan penyebab terbesar dan utama baterai cepat habis. Jadi jika kalian sedang liburan, travelling atau tidak bisa mengisi baterai dalam waktu lama, maka sangat disarankan untuk mengaktifkan mode pesawat ini agar baterai lebih awet.

2. Memperkuat Sinyal 

Kamu pasti pernah mengalami dimana koneksi internet kamu tiba tiba menjadi lambat. Ya cara mudah membuat sinyal lemot kamu kembali menjadi kuat yaitu dengan cara mengaktifkan mode pesawat kamu. Caranya cukup mudah yaitu pertama, silahkan masuk ke mode pesawat kurang lebih 10-15 detik. Setelah itu nonaktifkan kembali mode pesawat kamu. Tunggu beberapa saat maka secara otomatis smartphone kamu akan mencari jaringanan baru. Dengan cara ini kamu bisa mengembalikan kecepatan internet normal kembali. Hal ini sama seperti kita saat me-restart smarrphone , namun bedanya kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk restart smartphone. Sangat mudah bukan?

3. Mempercepat Kinerja Smartphone

Jika smartphone kamu lemot, maka kamu bisa mengaktikan mode pesawat atau airplane mode untuk membuat smartphone kamu tidak lemot lagi. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu penyebab smartphone menjadi sangat lemot adalah banyaknya lalu lintas jaringan yang keluar masuk. Contohnya sepert aplikasi facebook, whatsapp, instagram, twitter dan aplikasi lainnya yang membebani smartphone. Maka dari itu, saat kita mengaktifkan mode pesawat secara otomati lalu lintas jaringan akan dimatikan, dengan demikian smartphone yang kita gunakan tidak terlalu lemot lagi.


4. Menghindari Gangguan

Ketika kamu sedang tak ingin diganggu oleh dunia luar, maka dengan mengaktifkan fitur mode pesawat atau airplane mode sangat dianjurkan, karena  kamu tidak perlu khawatir akan diganggu dengan adanya notifikasi notifikasi yang ada, seperti notif pesan wa, notif email, dan notif pesan sosial media lainnya. Hal ini karena saat kamu masusk ke mode pesawat, maka smartphone tidak akan terhubung kejaringan seluler dan jaringan internet. Sehingga dengan mengaktifkan airplane mode ini kita dapat menenangkan diri kita dan menjauhkan kita dari dunia luar.




Baca Juga : 



5. Mempercepat Waktu Pengisian Baterai

Fakta yang mengatakan charge baterai smartphone bisa lebih cepat bila mengatkifkan mode pesawat ini sangat benar sekali loh. Karne hampir sama dengan prinsip sebelumnya, dimana saat kita masuk ke dalam mode ini maka konsumsi data pun semakin sedikit.

Dan tentunya saat kita men-charge smartphone kita dalam mode pesawat akan membuat pengisian akan lebih ce[at full. Cara ini terbukti ampuh dan bisa dibilang pengisian baterai akan menjadi 3 x lebih cepat dari biasanya.


6. Bermain Games tanpa diganggu Iklan

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apabila kita sedang bermain game namun diganggu oleh iklan maka solusi untuk memecahkan masalah tersebut adalah mengaktifkan mode pesawat. Tapi perlu diingat, cara ini hanya berlaku pada permainan offline saja atau dapat digunakan saat tidak terhubung oleh jaringan.

Ya jadi itulah beberapa fungsi mode pesawat atau airplane mode di smartphone kita. Dan bisa dibilang masih banyak orang yang belum mengetahui dan tidak peduli dengan fitur satu ini diakibatkan belum tahu fungsinya. Padahal sebenatnya fitur ini memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaannya. Oleh karena itu semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan dam wawasan kamu. Sekian dan terimakasih :)

Salamat Dutormasi!!



Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel