Cara Cek Lisensi Windows 10 dan Cek Lisensi Windows Versi Apapun !

Dutormasi.com -Perlu anda ketahui pada dasarnya sistem operasi windows yang sering anda gunakan itu sebenarnya memiliki keterangan lisensi yang mengartikan apakah windows tersebut adalah ori atau bajakan. Windows adalah sebuah sistem operasi yang diciptakan oleh sebuah perusahaan yang besar bernama Microsoft. Selain itu perusahaan microsoft ini juga mengembangkan microsoft visual studio yang bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi dengan platform microsoft.
Sampai saat ini, sistem operasi windows dan aplikasi microsoft office yang diciptakan oleh perusahaan microsoft ini masih terus berkembang. Bahkan makin hari perhari sistem operasi windows dan aplikasi microsoft office ini bukannya berukurang melainkan semakin banyak saja peminatnya. Kenapa? ini dikarenakan sistem operasi yang diciptakan sangatlah user friendly dan memiliki tampilan yang keren dan menarik tentunya.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, sistem operasi windows memiliki keterangan lisensi yang mengartikan apakah windows tersebut ori atau bajakan. Tetapi, sebenarnya ada 3 jenis lisensi utama yang perlu anda ketahui. Apakah itu?  3 lisensi tersebut adalah Retail, EOM, dan lisensi volume. Dari ke 3  lisensi tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan, namun di postingan kali ini kita tidak membahas mengenai kelebihan dan kekuranganya melainkan bagaimana cara untuk mengecek lisensi windows pada laptop yang kita pakai.

Jika anda penasaran terhadap kelebihan dan kekurangan dari 3 jenis lisensi yang saya sebutkan tadi, anda bisa mengeceknya DISINI disitu sudah saya bahas secara lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan dari 3 jenis lisensi windows tersebut. Nahh kalau anda sudah membacanya, maka langsung saja kita ke tutorial bagaimana cara mengecek lisensi pada laptop yang anda pakai. Cara cek ini bisa anda lakukan pada windows apapun seperti windows 7,8,8.1 dan windows 10. Apakah kalian penasaran? kalau iya simak saja langkah langkah dibawah ini.

Cara Cek Lisensi Windows

Untuk mengcek lisensi windows pada laptop, anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan apapun. Cukup menggunakan tool bawaan dari windows saja yaitu CMD ( Command Prompt ) maka anda bisa melakukan pengecekan ori atau bajakan secara mudah dengan menggunakan beberapa perintah. Ingin tahu lebi lanjut? simak langkah langkah dibawah ini.

Baca Juga :



1.Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan laptop anda sudah hidup. Paling Penting ni hehe :D

2.Selanjutnya klik gambar windows yang dikeyboard kalian

3.Ketikkan CMD, maka otomatis tool CMD akan keluar sendirinya.


4.Kemudian klik Command Prompt, maka akan keluar tampilan hitam.

5.Ketik slmgr/xpr, lalu ketik ENTER.

6.Maka keterangan lisensi akan keluar, jika tampilan seperti dibawah ini maka windows yang anda pakai adalah ORI. Tetapi jika tampilan yang keluar adalah sebuah waktu / Jam , sudah dipastikan bahwa windows kamu adalah bajakan.

Keterangan :
Sebenarnya ada banyak kode yang bisa anda tambahkan untuk mengecek keterangan lisensi secara detail untuk mengetahui ke-ORI an dari windows yang anda gunakan. Nah kodenya itu sebagai berikut:

  • slmgr / xpr  : Sama seperti yang saya jelaskan diatas
  • slmgr / dli   : Digunakan untuk mengetahui aktivasi dari windows berserta product key nya
  • slmgr / ato   : Digunakan untuk mengetahui aktivasi dari windows beserta key nya
  • slmgr / dlv   : Digunakan untuk mengetahui keseluruhan secara detail aktivasi windows
Nah, jika anda sudah mengikuti langkah langkah diatas, maka untuk tutorial bagaimana cara mengecek lisensi pada windows sudah selesai. Bagaimana cukup mudah bukan? saran saya jangan lah sekali sekali menggunakan sistem operasi yang bajakan, karena namanya saja sudah bajakan tentu anda sudah menggunakan sistem operasi yang tidak resmi. Apalagi windows nya di cra**k, yahhhh pastinya dosa dong.

Makanya saat anda membeli laptop, usahakan terlebih dahulu menanyakan kepada penjual apakah windows pada laptop tersebut sudah lisensi atau bajakan. Kalau masih bajakan, buruan aja dehh pergi dari tokonya karena malu maluin aja kalau membeli laptop baru tetapi sistem operasinya bajakan. 

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung dipostingan ini.

Salam Dutormasi !!.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel