Cara Membuat Program Pola Segitiga Siku Siku Saling Berhadapan Menggunakan Bahasa C/C++

Dutormasi.com -Bagaimana kabar kalian ni? sepertinya sudah lama tidak melihat postingan tentang bahasa C di blog saya. Nahhh pasti kalian menunggu nunggu kan? pada kali ini kita akan membahas pemrograman bahasa C yaitu membuat bangun segitiga siku siku yang saling berhadapan. Apakah kalian tahu bangun segitiga tersebut, kalau belum tahu nih saya kasih tau, lihat aja gambar dibawah ini yaa.

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, itulah bangun segitiga yang saya maksud. Namun kali ini kita akan membuat bangun tersebut ke dalam pemograman bahasa C. Susah atau tidak? yahhh kalau kalian mau mengertikan programnya, selalu ingin tahu dan kepo terhadap programnya saya pastikan anda akan mengerti bagaimana program yang akan saya sebutkan bisa membuat bangun segitiga siku siku.Biar tidak kelamaan, langsung saja kita ketutorial pemogramannya.

Program Membuat Segitiga Siku Siku


1.Bukalah aplikasi code block atau aplikasi Dev c++

2.Lalu tambahkan Source file .
>Pada code block anda bisa menekan souce code Ctrl+Shift+N
>Paca Dev C++ anda bisa menekan source code Ctrl+N.

3.Ketik Program seperti dibawah ini.
 
#include

int main(){
 int a=3;
 for(int b=1;b<=a;b++){
  for(int c=1;c<=b;c++){
  printf("*");
  }
  for(int d=3;d>=b;d--){
   printf(" ");
  }
   for(int d=2;d>=b;d--){
   printf(" ");
  }
   for(int c=1;c<=b;c++){
   printf("*");
  }
 printf("\n");
 }
}
 
Keterangan: Cobalah berusahan untuk tidak mengcopy paste program diatas, usahakan dulu untuk mengketik program diatas agar kalian bisa mengerti apa maksud nya dan kenapa bisa membuat bangun segitiga siku siku tersebut. Codingan itu bukan untuk dihapal tetapi coding itu harus kalian pahami dan harus tau algoritma pemogramannya. Jika kalian sudah paham, maka studi kasus apapun yang ingin anda buat akan mudah dibuat karena sudah memahami algoritmanya.

Baca JugaCara membuat Program Segitiga Bintang Bahasa C


4.Simpanlah program anda tersebut dengan menekan source code  Ctrl+S.
>Simpanlah program diatas dan berikan nama file program anda tersebut.
INGAT : Nama file yanganda buat harus diakhiri dengan .C , contohnya segitiga.C

5.Compile dan run.

6.Maka otomatis program yang anda buat akan dijalankan dengan output seperti dibawah ini



Bagaimana cukup mudah membuatnya kan? jika anda belum mengerti atau ingin menanyai tentang syntax pemogramannya, anda bisa bertanya pada kolom komentar dihalaman contact dibawah ini. Tetapi jangan langsung bertanyaa yaaa ,anda harus membacanya terlebih dahulu dan harus berusaha sendiri untuk mengertikan syntaxnya. Kalau memamng tidak mengerti, silahkan anda bertanya kepada saya.

Baca JugaProgram Menghitung Luas Persegi Panjang Bahasa C

Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam memecahkan studi kasus membuat bangun segitiga menggunakan bahasa C.

Salam Dutormasi !!.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel