Inilah pengertian Linux dan Alasan Kenapa Programmer Lebih Memilih Sistem Operasi Linux

Dutormasi.com -Perlu anda ketahui dizaman teknologi sekarang banyak sekali sistem operasi yang sudah rilis didunia ini. Sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak utama yang merupakan interface pertama yang akan muncul saat anda menghidupkan PC atau laptop anda. Untuk sistem operasi sendiri, ia memiliki banyak jenisnya seperti windows, macintosh, linux, unix dan lain lain.

Dari jenis jenis sistem operasi yang saya sebutkan diatas, tentunya ia memiliki kelebihan dan kekurangan dalam sistemnya. Namun, dari yang saya lihat kebanyak seorang programmer pasti rata rata mereka menggunakan sistem operasi linux. Nah, Apakah kalian tahu sistem operasi linux itu yang mana? biasanya sistem operasi linux itu memiliki logo hewan pinguin kalau anda masih ragu seperti apa logonya anda bisa melihat gambarnya dibawah ini.
Kalau anda sudah mengetahui logonya seperti apa, selanjutnya kita akan membahas tentang pengertian dari sistem operasi linux ini. Sistem operasi linux adalah sebuah perangkat lunak atau software yang berupa operating system dan bisa digunakan oleh siapa saja dan gratis(open source) dubawah naungan lisensi GNU.

Sistem operasi linux merupakan turunan dari sistem operasi unix yang berkerja pada berbagai jenis hardware komputer. Oleh sebab itulah lisensi sistem operasi ini adalah GNU (GNU NOT UNIX), yahh walaupun sebenarnya rancangan linux dan unix itu hampir mirip. Tetapi, GNU sendiri tidak mengandung kode kode yang ada pada UNIX.

Baiklah kembali lagi kita kepembahsan kita, kenapa seorang programmer banyk menggunakan sistem operasi linux untuk software utama laptop mereka. Ini tentuntya ada alasan, apakah kalian penasaran dengan alasannya tersebut? kalau iya, simak saja penjelasan dibawah ini.

Alasan Kenapa Kebanyakan Programmer Memilih Sistem Operasi Linux

Pada dasarnya banyak sekali alasan alasan programmer lebih memiliki sistem operasi linux dibandingan sistem operasi yang lain. Namun, kesempatan ini dutormasi telah merangkum 5 alasan penting kenapa kebanyakan programmer memilih sistem operasi linux. Simak Penjelasan dibawah ini.

1. Lebih Ringan

Alasan pertama yang menurut saya penting adalah karena sistem operasi linux ini lumayan ringan dibandingkan sistem operasi yang lain. Dalam penggunaanya sistem operasi linux tidak membutuhkan spesifiasi laptop yang terlalu tinggi. Jadi, bagi anda yang memiliki laptop yang jadul atau tua, anda tidak perlu khawatir laptop anda ngelag atau lemot saat menggunakan sistem operasi linux ini.

2. Open Source

Alasan kedua ini juga termasuk yang paling penting yaitu karena sistem operasi linux ini lisensi nya adalah open source. Jadi anda bisa menggunakannya secara bebas dan anda juga bisa memodifikasi code system operasi ini sesuai dengan kebutuhan anda. Bukan itu saja, aplikasi aplikasi yang terdapat pada sistem operasi linux ini juga bebas digunakan atau open source.

Berbeda hal nya dengan sistem operasi windows, yang harus membeli lisensinya terlebih dahulu.Harga nya pun juga bukan main mahalnya, kira kira kalau ingin membeli lisensi retail anda harus mengeluarkan uang sebesar RP. 1.500.000 dulu baru bisa mendapatkannya.

Baca JugaInstalasi Windows 10 dengan Virtual Box

3. Lebih Aman dari Malware

Alasan berikutnya adalah sistem operasi linux ini bisa dijaminkan aman dari malware atau dari jangkauan virus. Yahh walaupun sistem operasi linux ini merupakan sistem operasi yang open source tetapi jika dilihat dari sistem keamanan nya , sistem operasi linux memiliki sistem keamanan yang termasuk tinggi. Untuk itu, anda tidak perlu khawatir laptop anda terkena virus saat menggunakan sistem operasi linux ini.

4. Banyak Mendukung Bahasa Pemrograman

Alasan selanjutnya adalah sistem operasi linux sudah mendukung banyak bahasa pemrograman dibandingkan sistem operasi yang lain. Jadi seorang programmer pastinya akan menyukai dengan fiture ini, adapun bahasa pemrograman yang didukung oelh sistem operasi linux ini adalah Ruby, pert, C/C++, Java, PHP, Phyton dan bahasa pemrograman yang lain.

5. Mudah didapatkan, diinstalasi dan digunakan

Alasan yang terakhir kenapa seorang programmer banyak memilih sistem operasi linux ini adalah karena mudahnya didapatkan. Anda tinggal perlu mengunjungsi situs resmi lalu anda bisa mendownload sistem operasi linux sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk mendownload dan menginstalasi juga cukup mudah. Kalau anda bingung langkah langakah menginstalasinya anda bisa melihat tutorial cara menginstalasi dipostingan ini.

Baca Juga :



Itu saja alasan penting kenapa seorang programmer lebih memilih sistem operasi linux dibandingkan dengan sistem operasi lain. Kalau anda memiliki alasan alasan lain, anda bisa berkomentar dan mengirim pesan di halaman contact dibawah ini, Insaallah akan saya jawab dengan senang hati. Selain itu, jika menurut anda postingan ini bermenfaat silahkan anda share keteman teman, keluarga dan kerabat dekat anda agar mereka juga mendapatkan manfaat dari postingan ini.

Sekian dan Terima kasih. Salam Dutormasi !!.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel