Membuat Segitiga dan Piramida dengan Angka dan Bintang Java

Dutormasi.com -Karena sebelumnya kita telah mempelajari Struktur Perulangan (Looping) Bahasa Pemrograman Java dan Contoh Perulangan (Looping) Bahasa Pemrograman Java maka ada baiknya kita lebih memperlancar dan memahami lebih jauh tentang perulangan ini. Pada artikel belajar bahasa pemrograman java kali ini, kita akan membuat contoh program tentang membuat segitiga siku dan piramida menggunakan angka maupun bintang. Program ini juga dapat diterapkan pada bahasa pemrograman lain, ya karena pada intinya logika setiap program itu sama, hanya saja aturan penulisan masing masing bahasa pemograman saja yang berbeda.

 program segitiga siku siku dan piramida

Biasanya program ini juga dijadikan sebagai materi tugas atau ujian tes pada anak jurusan informatika yang diberikan dosennya. Namun tidak hanya itu, terkadang program ini juga termasuk salah satu tes, bagi kita yang ingin melamar bekerja sebagai programmer java. Untuk itu memahami program ini sangatlah penting dan sisi postitifnya artikel ini juga menjadi latihan penting kamu dalam meningkatkan kemampuan koding kalian.

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Netbeans IDE, atau software IDE lain yang kamu gunakan pada laptop kalian.

2.Kemudian perhatikan contoh kode beserta penjelasannya pada bawah ini.

Pemahaman Awal : 


public class Perulangan {
    
    public static void main(String[] args) {

        int i,j;
        for ( i = 0; i <=6; i++) {
            System.out.println();
            
            for  j = 0; j < 5; j++) {
                System.out.print(" * ");
                
            }
        }

    }  
}

Pada program diatas, pertama yang kita lakukan adalah mendeklarasikan 2 variabel yaitu i dan j. Di program ini kita membuat 2 jenis perulangan yaitu outer loop dan inner loop. Terlihat pada program diatas, yang outer loop adalah pada code (i = 0; i <=6; i++) , yang artinya kita memberikan nilai i = 0 yang menjadi awalan perulangan looping kita. Dan program tersebut akan terjadi penambah atau increement selama i lebih kecil sama dengan 6.

Di dalam outer loop ini, kita gunakan untuk memberikan baris spasi ke bawah agar dapat menampilkan inner loop sebanyak 5 kali menampilkan tanda * .

Pada inner loop atau pada code (j = 0; j<5;j++), kita telah memberika nilai j = 0 yang dimana selama j kurang dari sama dengan 5, lakukan penambahan nilai atau increment. Dan pada ini akan menghasilkan 5 bintang (*).

hasil program tersebut akan menjadi sebagai berikut :

Dikarenakan kita sudah memahami konsep awalnya, maka dutormasi tidak akan memperpanjang kata lagi. Selanjutnya kita akan masuk pada inti artikel ini yaitu program segitiga siku dan piramida menggunakan angka dan bintang. Selamat menyimak sobat dutormasi !!

1. Menampilkan Segitiga Siku-siku Menggunakan Bintang

Code Programnya :

public class Segitigasikubintang {
    
    public static void main(String[] args) {
        int x,y;
        for (x = 0; x <=7; x++) {
           //outer loop
            System.out.println();
            //Memberi garis baru atau enter
  
            for (int y = 0; y < x; y++) {
                //inner loop
                System.out.print(" * ");
                //menampilkan bintang pada output  
            }
        }
    }  
}
Pada program ini hampir sama saja pada konsep pemahaman awal kita. Pertama yang kita lakukan adalah deklarasi dengan 2 varibel yaitu x dan y. Dan disini kita menggunakan perulangan for yang menjadi 2 bagian yaitu perulangan luar (outer loop) dan perulangan dalam (inner loop).

Seperti pada sebelumnya, outer loop digunakan untuk memberikan enter atau garis baru, yang berfungsi untuk membentuk pola segitiga. Sedangkan pada inner loop atau perulangan dalam akan berfungsi untuk menampilkan barisan bintang.

Dikarenakan pada outer loop (x = 0; x<=7; x++), maka dihasilkan enter atau baris baru berjumlah 7 kebawah berjumlah 7 dengan cara dari x =0 dilanjutkan dengan increment.

Terus kenapa barisan bintangnya ada 7? Ya karena seperti kita buat pada program kita ,tepatnya pada code (y = 0; y<x; y++) . Di inner loop ini, kita memulai perbandingan y dari 0, dan dibandingkan terakhir dengan angka x = 7. Dikarenakan perbandingan terakhirnya x = 6 dan y = 7 (6<7). Maka  bintang yang dihasilkan berjumlah 7 barisan bintang.

Sehingga hasil program tersebut adalah :

2. Menampilkan Segitiga Siku-siku Menggunakan Angka

Code Programnya :
public class Segitigasikuangka {
    
    public static void main(String[] args) {
        int a,b;
        for (a = 7; a >=0; a--) {
           //outer loop
            System.out.println();
            //Memberi garis baru atau enter
  
            for (b = 7; b > a; b--) {
                //inner loop
                System.out.print(b + " ");
                //menampilkan bintang pada output  
            }
        }
    }  
} 

Hampir sama seperti sebelumnya hanya saja ada yang sedikit berbeda pada program ini. Pada perulangan for ini kita menggunakan nilai angka yang terdapat pada variabel b dengan spasi ke samping, tepatnya pada code (System.out.print (b + " "). Sehingga hasilnya tidak sama pada sebelumnya, pada program ini menampilkan sebuah angka.

Namun juga terdapat perbedaan pada outer loop dan inner loop yang kita gunakan. Pada program ini kita melakukan decrement atau pengurangan nilai 1 setiap terjadi perulangan. Karena itulah hasil program ini dimulai dari 7 sampai ke 1.

Hasil Programnya adalah :

3. Menampilkan Segitiga Sama Kaki atau Piramida Menggunakan Bintang

Code Programnya :

public class Piramidabintang {
    
    public static void main(String[] args) {

        int a,b,c,d;
        for (a = 1; a <=9; a++) {
            //outerloop
            for ( b = 8; b >= a; b--) {
                //inner loop no 1
                System.out.print(" ");
                //Untuk memberikan spasi ke samping
            }
            
            for ( c = 1; c <=a; c++) {
                //inner loop no 2
                System.out.print("*");
                //menampilkan bintang dari kanan ke kiri
            }
            for ( d = 1; d <= a-1; d++) {
                //inner loop no 3
                System.out.print("*");  
                //menampilkan bintang dari kiri ke kanan
            }
            System.out.println();
            //Memberikan baris baru atau enter pada 
        }
}
}

Pada program ini untuk membentuk segitiga sama kaki atau piramida, kita membutuhkan 4 variabel yaitu a, b, cd dan e. Disini kita membutuhkan 3 inner loop yang diantaranya berfungsi untuk memberikan spasi kesamping, menampilkan bintang dari kanan ke kiri,  dan terakhir untuk menampilkan bintang dari kiri ke kanan.

Hasil dari output diatas adalah :

4. Menampilkan Program Segitiga Sama Kaki atau Piramida Menggunakan Angka

Code Programnya :
public class PiramidaAngka {
    
    public static void main(String[] args) {

        int a,b,c;
        
        for ( a = 4; a >= 1; a--) {
            //outer loop
            
            for ( b = 4; b > a; b--) {
                //inner loop no 1
                
                System.out.print(" ");
                //Memberikan spasi samping ke kiri
            }
            for ( c = 1; c < (a * 2); c++) {
                //inner loop no 2
                System.out.print(c);
                //Menampilkan barisan angka segitiga sama kaki atau piramida
                
            }
            
           System.out.println();
           //Memberikan garis baru atau enter
        }
}
}

Pada program diatas, seperti biasanya langkah pertama yang kita lakukan adalah mendeklarasikan variabel, pada contoh tersebut ada 3 variabel yaitu a, b, c.

Di program ini kita menggunakan outer lopp dan 2 inner loop. Outer loop kita gunakan untuk memberikan nilai awalan perulangan atau looping. Yang kondisinya tersebut pada program a = 4, jika a lebih dari sama dengan 1. Maka berikan nilai decrement. Dan outer loop ini juga kita gunakan untuk membuat enter atau baris baru.

Pada inner loop no 1, kita membuat spasi ke samping agar dapat membentuk segitiga siku siku dengan memberikan nilai y = 4 dan membandingkan nilainya dengan aturan , jika y lebih besar dari nilai x maka lakukan decrement.

Selanjutnya pada inner loop no 2 , kita berusahan untuk menggandakan nilainya, yang awaknya itu menampilkan segitiga siku siku, lalu karena adanya faktor kondisi c < (a *2). Maka yang tetampil ada segitiga sama kaki atau piramida terbalik ke bawah. Pada inne rloop 2 ini kita memberikan nilai z = 1, yang seterusnya kita membandingkan nilai z ini, apabila z kurang dari hasil kali 2 dikali a maka lakukan increement. Setelah proses selesai, pada inner loop no 2 ini akan membentuk barisan angka yang menggunakan nilai variabel c.

Outputnya adalah :



Ya jadi itulah beberapa contoh program kode membentuk segitiga siku-siku dan piramida menggunakan angka dan bintang. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kamu dalam menyelesaikan tugas dari dosen kamu, dan membantu kamu dalam masuk kerja.

Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih !!

Salam Dutormasi !!



Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel