Program Menghitung Selisih Hari Menggunakan Bahasa C/C++ Serta Keterangan Program !

Dutormasi.com -Perlu anda ketahui setiap waktunya tentu memiliki waktu hari, bulan dan tahun. Oleh karena itu jumlah selisih hari tentunya sangat berguna dan sering digunakan dalam kegiatan atau aktifitas sehari sehari. Contohnya saja saat anda ingin menginap disebuah hotel, tentunya untuk menghitung total biaya nginap anda harus menghitung berapa hari anda akan menginap dihotel tersebut.

Untuk itu kalau anda merasa untuk menghitung selisih hari tersebut hanya bisa di microsoft excel maka saya pastikan anda mempunyai pemikiran yang salah. Karena pada dasarnya untuk menghitung selisih hari yang memiliki jarak yang jauh itu malah lebih mudah dan akurat menggunakan pemrograman. 

Yahh walaupun sebenarnya untuk membuat sebuah pemrograman, anda harus mempunyai ilmu mengenai bahasa pemrograman. Contoh nya saja seperti yang akan saya bahas pada postingan kali ini yaitu membuat program selisih hari menggunakan bahasa C. Untuk membuat selisih hari menggunakan bahasa pemorgaman sebenarnya itu gampang gampang susah yaaa, tetapi kalau anda tahu cara berfikir logika dan algoritmanya, saya pastikan anda akan mudah membuat program selisih hari tersebut.

Nah bagaimana, apakah kalian penasaran dengan program selisih hari ini? baiklah langsung saja kita ke langkah langkah pembuatan programnya. Silahkan anda simak langkah langkah dibawah ini dan pahami lah syntax nya agar anda lebih mudah memahaminya.

Baca JugaProgram Membuat Tabel Perkalian Menggunakan Bahasa C/C++ | DIJAMIN PAHAM

Program Selisih Hari Menggunakan Bahasa C


1.Silahkan anda buka aplikasi codeblock atau aplikasi Dev C++

2.Klik shortcut CTRL+N untuk membuat halaman kosong pada aplikasi Dev C++

3.Savelah lah terlebih dahulu halaman kosong tersebut dengan mengklik shortcut CTRL+S. Ini bertujuan agar file program anda tersebut akan bisa dicompile secara langsung.

4.Pastikan file anda diberi nama sesuka anda dan simpan file dengan format .C

5.Ketiklah Source Code dibawah ini
#include<stdio.h>
#include <stdlib.h>
int main(){
int d1, d2, m1, m2, y1, y2;
int total;
printf("\nMasukkan Tanggal = ");
scanf("%d, %d, %d", &d1, &m1, &y1);
printf("\nMasukkan Tanggal kedua = ");
scanf("%d, %d, %d", &d2, &m2, &y2);
total = abs((y1-y2)*365 + (m1-m2)*30 + (d1-d2));
printf("\nSelisih hari = %d\n", total);
}
KETERANGAN: Pastikan anda tidak menyalin source code diatas terlebih dahulu. Cobalah untuk mengetik program yang diatas karena anda akan beransur ansur memahami maksud dari source code diatas.

6.Compile and run program diatas

7.Maka hasil output program anda akan menjadi seperti dibawah ini

KETERENGAN : Program diatas pengguna akan diminta memasukan tanggal,bulan dan yang mereka inginkan, lalu selanjutnya pengguna diperintahkan memasukkan tanggal,bulan dan tahun yang ingin dihitung selisih harinya. Setelah itu program akan secara otomatis menghitung selisih hari dari tanggal,bulan dan tahun yang dimasukkan pengguna.

8.Kalau anda sudah mendapatkan hasil output seperti gambar diatas, maka untuk membuat program selisih hari menggunakan bahasa C telah selesai !!.


Keterangan Source Code diatas :

  1. #include <stdio.h> : berfungsi sebagai library nya
  2. #include <stdlib.h> untuk beberapa fungsi rutin umum (konversi dll) dan untuk operasi matematika.
  3. int main : Mendeklarasikan variabel dengan tipe data integer dan sebagai fungsi utama
  4. ( ) : Merupakan tanda yang digunakan untuk mengapit argument
  5. { } : Disebut tubuh fungsi, dan berfungsi untuk menyatakan awal eksekusi dan akhir eksekusi program.
  6. int d1, d2, m1, m2, y1, y2; : mendeklarasikan variabel d1, d2, m1, m2, y1, y2, dalam bentuk integer
  7. int total; = deklarasi rumusnya
  8. printf("\nMasukkan Tanggal = "); dan printf("\nMasukkan Tanggal kedua = "); : mengoutput kata yang ada di dalam tanda petik dua, kata masukkan tanggal dan masukkan tanggal kedua yang akan tampil di program.
  9. scanf("%d, %d, %d", &d1, &m1, &y1); dan scanf("%d, %d, %d", &d2, &m2, &y2); : %d disitu berfungsi sebagai kode format bahwa nilai inputan berupa integer. Dan di scanf itulah diinput atau terjadi proses pembacaan data didalamnya.
  10. ; : Merupakan tanda yang berfungsi untuk menandakan akhir dari instruksi.
  11. \t : sebagai tab biar letaknya lebih rapi
  12. \n : sebagai enter
  13. total = abs((y1-y2)*365 + (m1-m2)*30 + (d1-d2)); : merupakan rumusnya yang telah dideklarasikan diatas tadi
  14. printf("\nSelisih hari = %d\n", total); : akan mengoutput tulisan jumlah selisih hari dan hasilnya

Begitulah program untuk menghitung selisih hari menggunakan Bahasa C. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam menyelesaikan studi kasus membuat program menghitung selisih hari. Jika ada yang belum anda mengerti atau belum anda pahami bisa anda berkomentar pada halaman contact dibawah ini. Sekian dan Terima kasih !

Salam Dutormasi !!.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel