24 Fungsi Tombol Keyboard yang jarang diketahui

Dutormasi.com- Laptop ataupun komputer merupakan benda teknologi yang sudah sangat akrab bagi banyak orang di Indonesia, bahkan di dunia. Laptop maupun komputer menjadi barang teknologi yang banyak dimiliki oleh orang, karena fungsinya yang sangat berguna dalam mempermudah pekerjaan-pekerjaan yang ada, baik itu di kantor, administrasi, sekolah, seni dan berbagai jenis pekerjaan lainnya.

24 Fungsi Tombol Keyboard yang jarang diketahui

Namun, walaupun menjadi benda sangat akrab dan banyak digunakan, tapi masih banyak orang belum paham mengenai fungsi tombol keyboard satu persatu di keyboard dan laptop tersebut. Dilihat dari pengertiannya, keyboard adalah perangkat keras (hardware) komputer dan laptop yang berbentuk papan ketik dengan berisi tombol-tombol yang sering digunakan untuk mengetik tulisan. Keyboard sendiri menjadi salah satu perangkat masukan (input) yang ada pada komputer atau laptop kamu.

Di keyboard kamu akan menemukan banyak tombol termasuk tombol angka dan tombol alphabet. Namun dari banyaknya tombol tombol yang terdapat di komputer tersebut, apakah kamu telah mengetahui semua kegunaan dari tombol tombol tersebut? Jika kamu belum mengetahuinya, maka pada kali ini dutormasi akan mencoba membahasnya dengan lengkap dan jelas.

Jika dilihat sebenarnya perangkan inputan keyboard ini memiliki beberapa jenis, seperti keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, Keyboard Alphabetik dan lain lain. Namun jenis keyboard yang paling banyak dan sering digunakan adalah keyboard berjenis QWERTY. Alasannya karena jenis keyboard ini terbilang memang lebih simpel dan bersifat universal. Baik kita langsung saja, masuk ke pembahasan kita tentang berbagau macam fungsi dari tombol pada keyboard yang perlu kamu ketahui, agar dapat lebih dalam memasukkan perintah atau inputah pada keyboard.

Fungsi Masing-masing Tombol Keyboard pada Komputer atau Laptop

Jika kita lihat sebenarnya keyboard memiliki banyak sekali tombol tombol dengan fungsi yang berbeda-beda. Namun dalam penggunaan komputer dan laptop tersebut masih banyak dari kita yang belum mengetahui fungsi fungsi tersebut. Kebanyakan hanya masih memanfaatkan cursor dan tombol navigasi yang tentunya akan memakan waktu yang cukup lama. Jadi disini dutormasi mencoba membahas apa saja fungsi dari tombol tombol pada keyboard komputer atau laptop tersebut, untuk itu selamat membaca dan menyimak ya teman teman :)

Baca Juga : Fungsi Tombol F1 Hingga F12 Keyboard Komputer yang Jarang diketahui

Fungsi Tombol Alphanumeric

Berfungsi dalam melakukan inputan beruapak kartakter huruf dan juga angka yang ada pada komputer maupun laptop.

Fungsi Tombol Asterisk

Tombol asterisk ini berguna untuk melakukan inputan berupa karakter asterisk, seperti titik, koma, tanda seru dan lain lain. Tombol asterisk ini dalam bahasa indonesia merupakan tanda baca.

Fungsi Tombol Tab (Tabulator/tabulation)

Tombol ini berada diatas tombol Capslock yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke arah kanan atau salam satu jeda (tabulasi. Maka jika kamu mengetik dan menekan tombol Tab ini, maka kursor akan bergeser ke kanan  dengan jarak 1 tabulasi dari posisi awal.

Fungsi Tombol Caps Lock (Capitals Lock)

Tombol Caps Lock ini berada di sebelah kiri papan ketik (keyboard) berada di bawah tombol Tab atau berada di atas tombol shift. Tombol Caps Lock ini berfungsi untuk membuat tulisan menjadi huruf kapital atau huruf besar. Setelah kamu menekan tombol Caps Lock ini biasanya akan ada indikator lampu menyala pada keybioard kamu,  yang artinya tombol ini aktif. Dan apabila indikator lampu tidak menyala, artinya tulisan kamu akan menjadi huruf kecil atau normal seperti biasa.

Fungsi Tombol Esc (Escape)

Tombol Esc ini betada di ujung kiri atas yang digunakan untuk membatalkan semua perintah yang telah diberikan atau dilakukan. Artinya apabila kamy telah terlanjur memberikan perintah, dan kamu ingin membatalkannya maka kamu dapat menekan tombol Esc ini. Dengan begitu perintah kamu akan dibatalkan.

Fungsi Tombol Delete

Fungsi tombol dari keyboard yaitu tombol Delete ini adalah berfungsi untuk menghapus file ataupun menghapus satu karakter yang berada di belakang kursor kamu. Namun apabila kamu menekan Ctrl + delete maka secara otomatis kamu telah memberikan perintah menghapus satu kata yang ada.

Fungsi Tombol Backspace

Tombol Backspace ini digunakan atau berfungsi apabila kamu ingin menghapus satu huruf atau sata kata  yang berada di di sebelah kiri kursor pada halaman kamu. Bagi kamu yang ingin menghapus satu huruf pada bagian kiri, maka kamu cukup menekan langsung tombol Backspace ini. Namun apabila kamu ingin mengahpus satu kata di sebelah kiri kursor , kamu dapat melakukan kombinasi tombol dengan Ctl + Backspace. Sangat mudah bukan? dari pada harus menekan backspace sebanyak huruf yang ada.

Fungsi Tombol Ctrl (Control)

Tombol Control atau Ctrl ini digunakan untuk membantu kamu dalam menyisipkan perintah perintah yang ada secara cepat atau disebut dengan Shortcut. Seperti contohnya jika kamu ingin meng-copy file , kamu dapat menekan kombinasi tombol Ctrl + C. Dan apabila kamu ingin menebalkan huruf atau kata pada tulisan, kamu dapat menekan Ctrl + B pada keyboard dan secara otomatis akan menjadi huruf Bold.

Fungsi Tombol Alt (Alternate)

Tombol Alt atau altenate ini hampis sama dengan fungsi dari Ctrl (control) yaitu membantu kamu dalam menyisipkan perintah secara tepat dan cepat. Sebagai contoh jika kamu ingin keluar dari program atau aplikasi yang berjalan, maka dari pada mengklik close (X) lebih baik kamu melakukan kombinasi Alt + F4 dengan begitu secara otomatis kamu akan keluar dari program yang sedang dibuka tersebut.

Fungsi Tombol Enter

Tombol Enter ini sebenarnya memiliki fungsi yang sangat beragam. Dan bisa dibilang bahwa tombol enter ini sangatlah penting pada keyboard. Tetapi fungsi utama dari keyboard ini adalah memindahkan kursor ke baris selanjutnya dan sebagai suatu perintah setuju dalam suatu program yang berjalan pada komputer atau laptop kamu.

Fungsi Tombol Home

Fungsi tombol home pada keyboard adalah memindahkan kursor ke ujung sisi kiri pada satu baris ketika kamu sedang mengetik. Tombol ini sangat berguna dan mempercepat kamu dalam proses pengetikan. Dan apabila kamu ingin memindahkan kursor ke halaman baris pertama paling atas pada lembar kerja, kamu dapat menekan kombinasi tombol Ctrl + Home ini.

Fungsi Tombol End

Funsgi tombol ini merupakan kebalikan dari tombol home sebelumnya.Artinya fungsi tombol End ini adalah memindahakn kursor kamu ke sisi kanan paling akhir pada satu baris tulisanmu. Dan jika kamu melakukan kombinasi tombol Ctr; + End secara bersamaan, maka secara otomati kamu telah memberikan perintah agar memindahkan kursor kamu pada sisi paling kanan dari akhir lembar kerja kamu.

Fungsi Tombol Page Up

Dari bahasanya saja kita sudah dapat mengerti dari fungsi tombol ini Page Up (Lembar atas) yang artinya tombol Page Up ini berfungsi untuk menggerakan baris satu layar ke arah atas.

Fungsi Tombol Page Down

Sedangan tombol ini merupakan kebalikan dari tombol Page Up. Dari bahasanya Page Down (lembar bawah) juga kita dapat mengerti fungsi tombol ini, yaitu digunakan untk menggerakkan dari satu layar ke arah bawah.

Fungsi Tombol Scroll Lock

Fungsi dari tomboll Scroll lock ini adalah mengunci fungsi glidder dari sebuah mouse scroll yang biasanya berada pada bagian atas di sebelah kanan tombol Print Screen. Dan biasanya kalau di keyboard external komputer, apabila tombol ini aktif maka akan ada lampu yang menyala pada keyboard.

Fungsi Tombol Print Sceen

Tombol Print Screen ini juga di salah satu keyboard dengan kata PrtScrSysRq. Tombol Print Screen ini digunakan untuk Screen Capture pada komputer atau laptop yang kamu gunakan. Kamu dapat menggunakannya dengan menekan tombol Print Screen ini, lalu bukalah aplikasi Paint dan  kemudian klik lah kombinasi tombol Ctrl + V.

Fungsi Tombol Pause Break

Tombol ini berada di bagian atas keyboard tepatnya di sebelah kanan tombol Scroll Lock. Fungsi dari tombol Pause Break dini adalah untuk mengubah kondisi komputer menjadi kondisi Stand By.

Fungsi Tombol Insert

Tombol Insert ini pada keyboard biasanya berada pada bagian tengah keyboard tepat nya disebelah kiri tombol home dan diatas tombol Delete. Fungsi dari tombol insert ini adalah untuk menyisipkan katekter pada posisi kursor halaman.


Fungsi Tombol Space


Kalau tombol ini sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi, karena bisa dibilang tombol ini paling sering digunakan. Tombol ini berada di bawak tombol Alphabetic yang befungsi untuk memberikan spasi atau satu jarak pada kata atau karakter yang ada.

Fungsi Tombol Num Lock (Numeric Lock)

Dari bahasa nya saja kita telah mengetahui pengertian dari tombol ini yaitu Numeric Lock artinya Mengunci Angka. Fungsi dari tombol Numerci Lock ini adalah mengaktifkan atau menonaktifkan area numerik yang ada pada keyboard komputer. Tombol ini biasanya terletak di bagian kanan keyboard. Apabila kamu menggunakan keyboard external, jika kamu mengaktifkan tombol ini maka akan ada lampu yang menyala pada keyboard yang artinya Numeric Lock sedang aktif.

Fungsi Tombol Shift

Tombol shift ini memiliki fungsi yang beragam. Bisa dibilang fungsi ini seperti tombol Ctrl dan Alt yaitu sebegai fungsi komplimenter dari setiap tombol. Dan fungsi dari tombol ini untuk membantu menjadikan huruf kapital dan membantu menyisipkan tanda baca. Sebagai contoh apabila kamu menekan Tombol kombinasi Shift + b maka akan menjadi "B" kapital, dan apbila kamu ingin memasukkan tanda baca % atau simbol lainnya , kamu dapat menekan tombol kombinasi Shift + 5 dan seterusnya.

Fungsi Tombol Panah 

Tombol panah ini terdiri dari 4 arah yaitu atasb, kiri, kanan dan bawah. Fungsi dari tombol ini untuk memindah kursor ke arah yang dingingkan dan juga dapat digunakan untuk memilih file yang akan dipilih.

Fungsi Tombol Fn (Function)

Tombol Fn ini merupakan kependekan dari Tombol Function. Tombol ini biasanya berada pada di bagian bawah di sebelah kanan tombol Ctrl. Tombol ini juga digunakan sebagai komplementer yang apabila kita kombinasi tombol ini Fn + F2 maka kita ingin menaikkan tingkat kecerahan pada layar laptop merek HP. Dan setiap kombinasi berbeda beda sesuai dengan merek dari laptopnya.

Baca Juga : Cara Mengatur Tingkat Kecerahan/Brightness Laptop (Cepat, Mudah dan Lengkap)

Fungsi Tombol Windows

Tombol ini berada di bagian bawah keyboard berada disebelah kiri tombol alt ataupun disebelah kanan tombol Fn. Fungsi utama dari tombol Windows ini adalah untuk membuka Star Menu pada Windows.

Baca Juga : Cara Install Windows 10 dengan Virtual Box

Jadi itulah beberapa Fungsi Tombol Keyboard yang perlu kamu ketahui, semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan kamu. Dan apabila kamu suka dengan artikel ini jangan lupa share atau bagikan ke teman terdekat kamu, agar mereka juga dapat mengetahui fungsi beberapa tombol yanga ada pada keyboard. Semoga bermanfaat dan terimakasih!!

Salam Dutormasi!!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel