Pengertian Sistem Komputer : Fungsi, Komponen dan Contohnya Terlengkap

Dutormasi.com -Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti banyak dihadapkan dengan berbagai macam jenis informasi data yang perlu kita kelola. Yaa itu juga berlaku terhadap sebuah komputer, Komputer merupakan sebuah penemuan revolusioner besar yang memberikan banyak retribusi bagi kehidupan manusia. Bagaimana tidak? Komputer memungkinkan kita sebagai pengguna dapat mengelola tugas-tugas yang ada dengan mudah dan cepat. Namun tidak itu saja, komputer juga dapat kita manfaatkan sebagai hiburan dimana kala bosan ataupun saat pengguna butuh refreshing.

Pengertian Sistem Komputer : Fungsi, Komponen dan Contohnya Terlengkap
Dalam mengelola informasi data, sebuah komputer membutuhkan sistem atau beberapa komponen yang disebut sebagai sistem komputer. Sebenarnya sistem komputer ini mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari menganalisa abstrak algoritma sampai kepada yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, software, maupun hardware. Namun tujuan pokok dari sistem komputer sebenarnya adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi data. Supaya tujuan pokok itu telaksana, maka ada beberapa elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen tersebut adalah :
  1. Perangkat Keras (hardware)
  2. Perangkat Lunak (software), dan
  3. Manusia (brainware)
Oleh karena itu, pada artikel ini dutormasi akan membahas tentang elemen atau komponen komponen yang terdapat pada sistem komputer. Simak terus sampai habis yaa !

Pengertian Sistem Komputer

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sistem komputer adalah sistem yang dibangun dan dijalankan dengan mengguakan komputer sebagai alat bantunya. Sistem komputer memiliki elemen elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan pengolahan data sehingga menghasilkan sebuah informasi data. 

Fungsi Sistem Komputer

Sesuai dengan pengertiannya, fungsi sistem komputer pasti tidak akan jauh dari yang namanya data. Ada beberapa fungsi sistem komputer yang telah dirangkum dutormasi, yaitu :


1. Menginput Data

Fungsi sistem komputer yang pertama adalah menginput data. Disini sistem komputer akan menginput seluruh jenis informasi data yang telah dimasukkan okebb pengguna melalui perangkat keras (hardware), seperti keyboard, mouse dan lain lain.

2. Memproses Data

Dikarenakan inputan yang diberikan oleh pengguna masih mentah. Maka data yang inputkan tersebut masih perlu di proses. Maka arti fungsi sistem komputer memproses data yaitu melakukan suatu proses yang bertugas untuk mentranfer sebuah data menjadih sebuah informasi data yang bisa dibaca oleh memori komputer. Pada proses ini biasanya terjadi pada Central Processing Unit (CPU) selaku otak komputer.

3. Menghasilkan Data

Setelah data telah seslesai diproses. Maka data akan masuk pada penghasilan data. Menghasilkan data ini merupakan salah satu fungsi sistem komputer untuk menghasilkan sebuah output yang datanya itu berasal dari data yang telah diproses sebelumnya. Hasil dari output data tersebut dapat berupa sebuah informasi, video, gambar, suara yang sudah termasuk ke dalam sebuah pengolahan data.

4. Menyimpan Data

Setelah barang diproses dan telah menghasilkan sebuah data. Maka sistem komputer melanjutkan pada penyimpanan sebuah data. Menyimpan data ini berfungsi untuk menyimpan data output yang merupakan hasil dari proses atau olah sebuah proses yang berada di dalam memori komputer.

Dari 4 fungsi sistem diatas, dapat disimpulkan bahwa juga ada beberapa step atau tahapan informasi data agar dapat dibaca. Yaitu pertama data di inputkan oleh pengguna, kemudian diproses untuk menghasilkan sebuah output, hasil proses tersebut akan diproses kembali agar dapat diibaca dan proses terakhir data tersebut akan disimpan didalam sebuah memori yang nantinya bisa digunakan dalam waktu tertentu.

Komponen-Komponen Sistem Komputer


Telah dijelaskan sebelumnya bahwa komponen sistem komputer terbagi menjadi 3, yaitu :

1. Perangkat Keras (hardware)

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer yang dapat disentuh dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi didalamnya, dengan bantuan perangkat lunak yang menyediakan intruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Perangkat keras terdiri dari beberapa unit :

a. Perangkat Masukan (input device)
Perangkat masukan digunakan untuk pemasukan data yang akan diproses. Data yang diinput akan diproses terlebih dahulu sebelum diolah menjadi informasi. Oleh karena itu input device ini menjadi gerbang untuk data masuk ke dalam sistem komputer. Data tersebut akan dikonvesi menjadi sebuah binary yang dapat dibaca oleh memori utama. Setiap bentuk data pada perangkat input yang ada juga berbeda beda. Contoh perangkat masukan adalah keyboard, mouse, bar code, joy stick, scanner dan microphone.

b Perangkat Pemrosesan (processing device)
Perangkat keras pemrosesan berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian akan dikeluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima pada manusia. Perangkat permsosesan ini terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan satu sama lain. Peralatan tersebut adalah motherboard, processor, ROM, VGA card, Sound card, dan RAM.

c. Perangkat Keluaran (output device)
Perangkat keras yang satu ini merupakan kebalikan dari perangkat masukan yang telah dijelaskan sebelumnya. Perangkat Keluaran adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau memperoleh hasil pengolahan, data maupun perintah yang telah dilakukan oleh komputer. Suatu komputer memberikan informasi dalam berbagai bentuk. Bisa dalam informasi, video, gambar dan suara.
Contoh dari perangkat keluaran adalah monitor, printer, speaker, dan data projektor atau infokus.

2. Perangkat Lunak (software)

Perangkat lunak (software) merupakan sistem komputer yang tidak memiliki wujud atau bentuk fisi. Sifat perangkat lunak ialah wujudnya berupa digital yang disimpan di dalam memori komputer. Jadi bisa dibilang perangkat lunak (software) adalah program-program komputer yang bergunakan menjalankan suatu pekerjaan sesuai yang kita kehendaki. Ada dua jenis perangkat lunak , yaitu perangkat lunak sistem (system software) dan perangkat lunak aplikasi (application software)

a. Perangkat lunak sistem
Perangkat ini melaksanakan tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pengguna komputer. Perangkat ini biasanya disiapkan oleh pembuat perangkat keras (hardware) atau perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak. Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem yang diketahui , yaitu sistem operasi (operating system) , program utilitas dan bahasa pemrograman atau bahasa komputer (language translator).

  1. Sistem operasi  (operating system),  adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing masing dapat saling berkomunkasi. Tanpa adanya SO atau sistem opetasi maka komputer tidak dapat difungsikan sama sekali. Contoh nya adalah Windows, Linux , Mac OS dan lain lain.
  2. Program utilitas, digunakan untuk membantu maupun mengisi kekurangan dan kelemahan yang terdapat pada sistem operasi. Mislana adalah Norton utilitym Scandisk, PC Tolls dan lain lain.
  3. Bahasa Pemrograman atau Bahasa komputer (language translator), adalah sebuah perangkat lunak yang khusus digunakan untuk membuat program pada komputer, baik itu dari sistem operasi, aplikasi, program paket dan lainnya. 
b. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi biasanya digunakan untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan sehari hari mereka. Karena pada intinya, diciptakan perangkat lunak aplikasi adalah untuk mempermudah segala urusan dan kebutuhan manusia. Ada 7 jenis perangkat lunak aplikasi yang biasa digunakan : 
  1. Aplikasi pengolah kata, sesuai dengan namanya aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengolah kata. Aplikasi ini sering digunakan oleh manusia dalam pekerjaan yang berhubungan tulis menulis. Contoh aplikasinya adalah Microsoft Wod, Notepad, Chiwriter, Wordpad dan lain lain. Baca Juga : 80 Shortcut Pada Microsoft Word serta Fungsinya yang Wajib Kamu Ketahui
  2. Aplikasi pengolah angka, adalah aplikasi yang digunakan berhubungan dengan angka dan mengolah angka tersebut. Aplikasi ini sering digunakan dalam sebuah pekerjaan yang tak lepas dari hitung menghitung seperti perjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Contoh aplikasi ini adalah Microsoft Excel dan Lotius 123.Baca Juga : Kumpulan Rumus Excel Lengkap Beserta Fungsinya
  3. Aplikasi presentasi, aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat materi lebih dipahami audien dengan melakukan presentasi. Dalam aolikasi ini sangay banyak disedikan desain yang dapat memperintah tampilan presentasi ketika di slide shw. Contoh aplikasi ini adalah Microsoft Power Point. 
  4.  Aplikasi pengolah grafis, merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendesain atau mengolah sebuah gambar. Aplikasi jenis bisa juga digunakan untuk mengedit gambar yang sudah jadi maupun membuat gambar dari awal. Contoh aplikasi ini adalah Photoshop, CorelDraw, InkScape, Canva dan lain lain. 
  5. Aplikasi pengolah video, digunakan untuk seorang video cretor untuk mengolah ataupun mengedit video sehingga video menjadi lebih menarik. Dengan aplikasi ini kita dapat menambah efek, membuat conten, menggabungkan video, memotong video dan banyak lagi. Contoh aplikasi ini adalah Adobe Premiere Pro, Flash Effect Maker dan lainnya. 
  6. Aplikasi pengolah data, aplikasi ini digunakan untuk mengolah sebuah data yang berjumlahkan sangat banyak. Seperti menyimpan data mahasiswa di universitas, menyimpan data karyawan kantor, dan menyimpan data produk. Contoh aplikasi ini adalah Microsoft Access dan SPSS. 
  7. Aplikasi internet, aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengakses internet sehingga dapat mencari berbagai informasi. Contoh aplikasi ini adlaah Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer,dan lain sebagainya. 

3. Manusia (brainware)

Manusia atau dalam bahasa inggris brainware merupakan seorang operator yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sebuah sistem komputer yang biasa kita sebut dengan pengguna. Terdapat beberapa kategori dalam brainware ini, yaitu :

  1. Laterat komputer, merupakan seorang pengguna yang memilikipengetahuan tentang bagaimana alat komputer dapat digunakan. Namun seorang laterat komputer tidak memiliki keterampilan dalam menganalisis kerusakan, menjadikan aplikasi berbasis interfacing, dan memilih komponen yang baik untuk dirakit kembali. Sedangkan,
  2. Kompoten komputerm merupakan seorang yang menguasai fungsi bagian sistem komputer, memiiki keterampilan menggunakan komputer dalam menghasilkan informasi maupun mengerjakan tugas tugas yang diinginkan. Bisa disimpulkan bahwa seorang kompoten komputer iadalah seorang yang dapat mengidentifikasi dan memilih komponen komputer yang masih bagus atau performa terbaik. 
Dan pengguna komputer atau brainware, pada umumnya dibagi kedalam 4 macam yaitu : 
  1. Programmer, merupakan seorang yang membuat dan memprogram pada sistem komputer agar dapat digunakan untuk mengolah data. Seorang programmer harus banyak menguasai banyak atau salah satu bahasa pemrograman , seperti Java, C, C++, C#, PHP , Phyton, Kotlin dan lain lain. 
  2. Sistem Analis, merupakan seorang yang bertanggung terhasap sebuah penelitian, perencanaan dan pengkoordinasian software dan hardware serta sistem yang sisesuaikan dengan kebutuhan penggunanya (perorangan, organisasi, kantor, dan perusahaan).
  3. Administrator, merupakan seorang yang bertanggungjawab atas pengolaan sebuah sistem operasi serta beberapa program yang sedang berjalan pada sebuah sistem komputer.
  4. Operator, merupakan orang yang hanya bertugas untuk memanfaatka sebuah sistem komputer yang sudah ada atau menggunakan aplikasi aplikasi lainnya untuk mengolah sebuah data. 
Itulah beberapa penjelasan sistem komputer, dari pengertian sistem komputer, fungsi sistem komputer sampai kepada komponen komponen yang terdapat pada sistem komputer. Semoga bermanfaat dan terimakasih :)

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel