Perbedaan HDD dan SSD Serta Cara Kerja dan Harganya Tahun 2020

Dutormasi.com - Saat anda ingin membeli sebuah laptop, anda pastinya memilih dan melihat spesifikasi yang sesuai dengan anda inginkan. Saat anda memilih laptop, pilihlah laptop yang benar benar memiliki spesifikasi yang memadai untuk bisa menunjang performa yang baik saat anda menggunakannya. Selain processor dan RAM yang tinggi untuk mendapatkan performa yang bagus dan kencang, tempat penyimpanan pada sebuah laptop juga harus anda perhatikan.

Perbedaan HDD dan SSD Serta Cara Kerja dan Harganya Tahun 2020
Tempat penyimpanan pada laptop yang biasanya kita ketahui adalah HDD ( Hard Disk Drive). HDD ini merupakan sebuah standar media penyimpanan untuk laptop yang seiring dengan perkembangan teknologi. Namun, media penyimpanan sekarang sudah berkembang yang merupakan perkembangan dari media penyimpanan dari HDD. Apakah nama media penyimpanannya tersebut?

Nama media penyimpanannya itu adalah SSD (Solid State Drive).  SSD sekarang merupakan media penyimpanan yang sangat dicari pada sebuah laptop, ini dikarenakan kinerja pada media penyimpanan ini cukup cepat dibandingkan dengan media penyimpan HDD. Kenapa bisa? karena Media penyimpanan SSD ini menyimpan semua datanya pada sebuah chip chip memory flash yang saling berhubungan dengan satu sama lain.

Flash memory ini juga terdapat pada sebuah media penyimpanan eksternal yang biasanya kita sebut dengan flash disk. Tetapi asal kalian tahu, flash memory pada sebuah SSD sangat berbeda sekali dengan flash memory pada sebuah flash disk. Chip pada sebuah SSD memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dari flashdisk, walaupun anda memiliki kapasitas yang sama antara flashdisk dan SSD, namun dari segi harga SSD lebih mahal dibandingkan flash disk dan HDD.

Untuk itu, pada postingan ini dutormasi akan merangkum perbedaan antara media penyimpanan HDD dan SSD, agar kalian lebih memahami dengan media penyimpanan ini. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang kedua media penyimpanan ini, simaklah penjelasan dibawah ini.



Perbedaan Media Penyimpanan HDD dan SSD

Kalau anda bertanya tentang perbedaan dari kedua penyimpanan ini, sebenarnya ada banyak sekali perbedaan dari HDD dan SSD ini. Namun kali ini, dutormasi akan memberi tahu perbedaan secara signifika saja dari HDD dan SSD. Untuk itu simaklah perbedaan antara HDD dan SSD dibawah ini.


1.Dari segi harga


Hal pertama yang membedakan antara HDD dan SSD adalah dari harga pasarannya. Kenapa ini diletak pada atas sekali, karena sesuatu hal yang berurusan dengan uang pasti kalian ingin mengetahuinya terlebih dahulu. Oleh karena itu lah dutormasi meletakkan dari segi harga ini di awal perbedaan.

Jika anda membandingkan harga SSD yang memiliki kapasitas 250 GB dan HDD yang memiliki kapasitas 1GB, maka anda sudah melihat perbedaan dari segi harga kedua hardware tersebut. Untuk SSD saja yang memiliki kapasitas yang hanya 250 GB saja, ini bisa memiliki harga yang kira kira Rp 1 juta-an. Dibandingkan dengan HDD yang memiliki kapasitas 1 TB yang lebih besar dibandingkan dengan SSD , tetapi ia memiliki harga sama dengan SSD yaitu Rp 1 juta-an. Dari sini saja dapat kita lihat bahwa SSD memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan temannya yaitu HDD yang relatif lebih murah.

2.Kinerja dan Performa

Jika anda sudah pernah memakai antaran SSD dan HDD ini, maka anda pasti sudah mengetahui perbedaan dari kinerja dari kedua penyimpanan ini. Bagi saya, SSD sangat sangat memiliki kinerja dan performa yang sangat baik dibandingkan HDD. Untuk transfer data di SSD juga lebih cepat, ini dikarenakan kinerja SSD yang memakai kinerja flash memory yang dimana data yang diproses pada sebuah laptop akan masuk kedalam sistem intergrated Circuit(IC) sehingga membuat pemrosesan data akan lebih cepat.

Sedangkan untuk temannya yaitu HDD, HDD ini memiliki sistem yang berbeda dengan SSD, karena kinerjanya yang memakai mesin berputar atau biasa disebut dengan piringan disk, sehingga membuat proses dan transfer data akan kurang efisien dan membuat lebih lambat dibandingkan SSD. Dari hal ini dapat diketahui bahwa SSD memiliki kinerja dan performa yang lebih unggul dibandingkan HDD.

3.Bentuk Fisik

Selanjutnya yang membedakan antara HDD dan SSD adalah dari bentuk fisiknya. Seperti yang saya sebutkan diatas, bahwa HDD tersebut memiliki bentuk fisik seperti piringan disk untuk sistem kerjanya, maka sebab itulah untuk bentuk fisik nya HDD akan lebih besar dibandingkan dengan SSD. Piringan disk ini juga memiliki bunyi yang berisik, sehingga sedikit mengganggu saat memakai laptop yang memiliki media penyimpanan HDD.

Sedangkan SSD, dia hanya berbentuk dalam chip saja. Oleh karena itu SSD memiliki bentuk fisik yang kecil karena komponennya yang ada didalamnya berupa chip Intergrated Caircuit(IC). Perlu anda ketahui selain bentuk HDD yang memiliki bentuk fisik yang besar, ada lagi media penyimpanan yang juga memiliki hampir sama dengan HDD yaitu Hardisk eksternal dan lain lain.


4.Kecepatan booting

Selain dari kinerja dan performanya, kecepatan booting pada sebuah SSD juga tidak bisa dibandingkan dengan SSD. Kalau anda tidak percaya, coba saja membandingkan laptop yang memiliki media penyimpanan SDD dengan laptop yang memiliki media penyimpanan HDD. Maka kalian akan lihat, saat laptop dinyalakan maka laptop yang memiliki media penyimpanan SDD akan lebih dulu bisa dioperasikan.

Sebenarnya perbedaan pada waktu booting antara dari media penyimpanan SSD dan HDD ini tidak terlalu signifikan, karena pada dasaranya hanya menunggu hitungan detik saja. Tetapi bagi anda yang ingin laptopnya lebih cepat dioperasikan, anda bisa menggunakan SSD sebagai penyimpanan laptop anda.

5.Perbedaan Suhu

Jika anda memiliki laptop yang suhu nya cepat panas, maka anda akan merasa performa laptopnya akan berkurang. benar bukan ??  Suhu yang tinggi memang akan membuat kinerja pada perangkat menjadi lebih lambat, dan ini Sama halnya seperti media penyimpanan. Jika media penyimpanan pada sebuah laptop suhunya mudah tinggi, itu akan berpengaruh juga pada proses kerja dan transfer data yang akan lambat.

Jika dibandingan antara SSD dengan HDD, maka SSD memiliki suhu yang relatif rendah dibanding dengan HDD. Kenapa? Karena bisa dilihat dari bentuk fisiknya, HDD berbentuk piringan disk yang berputar, sehingga ini membuat suhu didalamnya mudah tinggi dan akan membuat performa semakin lambat. Dibandingkan dengan SSD yang memiliki kinerja menggunkan flash memory, sehingga membuat suhunya relatif rendah dibandingan HDD.


6.Kapasitas Penyimpanan


Perbedaan terakhir antara HDD dan SSD adalah dari segi kapasitas penyimpanannya. Kalau dari segi kapasitas, tidak dipungkiri lagi bahwa HDD lebih unggul dibandingkan dengan SSD. Karena jika anda lihat dipasaran, sekarang HDD memiliki kapasitas yang besar seperti 15 TB. Dibandingkan SSD yang hanya kisaran sekitar 1TB saja untuk kapasitas penyimpananya.

Mungkin itu saja perbedaan antara media penyimpanan SSD dan HDD. Jika anda bertanya kepada saya media penyimpanan yang bagus untuk dipilih? maka saya akan menjawab SSD, karena untuk performa dan kinerja nya lebih unggul dan juga sesuai dengan kerjaan sehari saya yang membutuhkan aplikasi aplikasi yang harus berkinerja dengan cepat.

Baca Juga : Kenapa Ponsel Terlalu Panas ? Ini dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Namun jika anda hanya mempunyai laptop yang memiliki media penyimpanan HDD, anda tidak harus malu memakainya. Karena untuk kapasitas HDD dan SSD, HDD lebih unggul dibandingkan dengan SSD yang hanya memiliki kapasitas yang rendah. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami antara perbedaan HDD dan SSD, jika anda merasa postingan ini bermanfaat, silahkan anda share keteman teman, keluarga dan kerabat anda agar mereka juga mendapatkan manfaat dari postingan ini.

Sekian dan terima kasih !! .

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel