Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow Serta Manfaatnya pada SEO Blog Tahun 2020

Dutormasi.com -Sekarang manusia tidak bisa terlepas dari yang namanya internet. Sebuah internet tercipta karena membentuk suatu jaringan raksasa, yang mengubungkan antara satu halaman dengan halaman lainnya melalui link. Saat kamu melakukan klik pada sebuah link, maka link inilah yang akan membawa kamu kepada halaman website atau dokumen yang kamu cari.

Perbedaan  Link Dofollow dan Nofollow Serta Manfaatnya pada SEO Blog Tahun 2020

Link juga tidak akan luput dari sebuah blog, baik itu dalam artikel, luar artikel, dalam kategori, arsip dan lain sebagainya. Bisa dibilang, blog itu merupakan kumpulan dari banyak link yang menjadi suatu kesatuan. Dan nama domain blog yang kamu miliki semua itu juga disebut dengan link.

Lalu Apa itu Link? Link/url adalah sebuah rangkaian kata atau sederetan kata yang dihubungkan menjadi satu kalimat, yang terhubung dengan halaman lain baik itu menuju halaman web yang memiliki alamat yang sama maupun menuju halaman web alamat lain. Contoh link : https://www.dutormasi.com/2019/12/cara-cek-broken-link-url-mati-pada-blog.html

Ketika sebuah link dari sebuah halaman blog orang lain menuju ke halaman blog kita miliki, ini lebih dikenal dengan sebutan backlink. Dengan kata lain, backlink ini bisa diartikak yaitu link dari halaman situs lain yang masuk atau menuju ke halaman situs kita, istilah ini juga dikenal dengan inbound link atau link masuk.

Secara umum penulisan kode link adalah sebagai berikut :
<a href"contoh.com">Contohnya ini loo</a>
atau
<a href"contoh.com" rel ="nofollow">Contohnya ini loo</a>
Dua kode tersebut sama sama merupakan sebuah kode untuk membuat link, yang membedakannya hanyalah dari nilai kedua link tersebut, terutama dari mata google search engine, kode yang tanpa adanya rel diatas adalah sebuah link yang disebut dengan dofollow dan kode yang disertai dengan atribut rel = "nofollow" disebut dengan link nofollow.

Pengertian Dofollow dan Nofollow

Dari kata katannya saja kita sudah dapat mengetahui pengertian dari jenis kedua link ini, kata do follow ini berasal dari bahasa inggris, terdiri  dari kata "do" dan "follow" yang artinya adalah mengikuti. Jadi bisa dibilang sebuah link yang tertaut didalam postingan ke situs lain secara dofollow, blog tersebut akan mengikuti link yang ditautkan dan akan dihitung sebagai backlink oleh google. Link ini akan di rayap (crawl) oleh google, dan menjadikan link itu di index sampai ke akar akarnya.

Sedangkan dari kata nofollow terdiri dari 2 suku kata yaitu "no" dan "follow". No berarti tidak, dan follow berarti ikuti. Maka bila digabungkan arti dari nofollow adalah tidak mengikuti. Jika link di dalam portingan dipasang secara nofollow, maka link tersebut tidak dihitung sebagai sebuah point atau sebuah backlink, karna google melakukan perayapan (crawl) , link di index sama sekali.

Perbedaan Link Dofollow dengan Nofollow

Dilihat dari pengertiannya saja, kita sudah dapat mengambil kesimpulan perbedaan dari kedua jenis link ini. Link dofollow tersebut berarti lnik yang nantinya akan dirayapi (crawl) oleh google, dan akan menjadi sebuah point atau nilai backlink pada blog yang dikunjungi, dan setiap halaman yang dirujuk akan diakumulasikan dengan backlink-backlink lainnya sehingga bisa mempengaruhi pagerank blog yang kita punya. Sedangkan nofollow kebalikan dari link dofollow, yaitu suatu link yang bila dirayapi oleh google tidak akan menjadi sebuah point/backlink pada link yang dikunjungi dan tidak mempengaruhi pagerank setiap halaman, meskipun beitu link nofollow tetap masih memiliki pengaruh dalam membantu blog meningkatkan trafic sebuah halaman.

Baca Juga : CARA MEMBUAT BACKLINK TERBAIK 2020

Saat ini google telah menciptakan sebuah konsep perhitungan link point pada halaman yang biasa dikenal dengan sebutan pagerank (ranking halaman). Nilai ranking halaman ini di hitung google dari angka 0 sampai 10. Semakin tinggi angka yang kita dapat maka pagerank yang kita punya pun akan semakin tinggi, semakin tinggi pagerank sebuah halaman yang kita miliki, maka akan mempengaruhi blog dan berpeluang muncul diurutan pertama Search Engine Result Page (SERP). Dan bila halaman kita banyak diurutan pertama Search Engine Result Page (SERP), maka halaman yang kita punya akan kemungkinan besar banyak dikunjungi oleh orang dan trafik halaman kita pun akan semakin meningkat.

Jadi kesimpulannya dofollow itu merupakan link yang mempunyai nilai di mata google dan bisa meningkatkan pagerank halaman blog yang kita miliki, sehingga dapat membantu memperoleh posisi terbaik di Search Engine Result Page (SERP). Sedangkan nofollow adalah link yang tidak dinilai atau tidak berarti apa apa di mata google, tetapi link ini lebih berkontribusi untuk meningkatkan trafik halaman dan meningkatkan naturalitas blog yang kita miliki.

Untuk mempermudah kamu membandingkannya, dutormasi telah merangkumn sedetail-detailnya :

1. Kelebihan 
a. Link Dofollow
- Memiliki nilai di mata google
- Dapat menaikkan grafik pengunjung karena dapat backlink gratis
- Mendapatkan banyak komentar setiap upload arikel
- Meningkatkan jumlah pengunjung
- Meningkatkan pagerank blog
- Dapat memperoleh posisi Search Engine Result Page (SERP) terbaik
b. Link Nofollow
- Trafik lebih aman dan stabil
- Dapat meminimalisir komentar yang bersifat SPAM
- Sangat baik untuk Search Engine Optimazation (SEO)
- Disukai oleh Search Engine
- Keluar masuk link stabil
- Meningkatkan pengunjung halaman

2. Kekurangan
a. Link Dofollow
- Banyaknya komentar yang bersifat SPAM
- Search engine lebih sulit untuk mengindex blog yang kita punya
- Terlalu banyak link keluar dapat menyebabkan blog dibanned oleh search engine
- Terlalu banyak komentar yang tidak sesuai topik artikel
b. Link Nofollow
- Komentar akan lebih sepi dibandingkan link dofollow
- Tidak bernilai dimata google
- Kurang dapat meningkatkan pagerank halaman

Oke jadi itulah kekurangan dan kelebihan masing masing jenis link dari nofollow dan dofollow. Terus kalian pasti bertanya tanya, jadi apakah saya harus memburu link Dofollow saja?

Apakah Saya Hanya Harus Memburu Link Dofollow Saja?

Jika kita sekarang membicarakan Search Engine Optimization (SEO), tentu saja link nofollow tidak nilai sama sekali. Namun kita juga mempertimbangkan yang biasanya disebut "Alami" yang sering dikabaran oleh google untuk para webmaster. Karna sesungguh blog dibilang alami jika dia memiliki link dofollow dan termasuk nofollow juga, dengan begitu di mata google, blog yang kita punya akan lebih alami.

Baca Juga : Cara membuat SEO alami di Blogger

Dan perlu kita tahu juga bahwa nofollow juga dapat mendatangkan banyak pengunjung juga, tetapi jika berada di tempat yang tepat, Seperti di forum yang populer atau blog populer, seperti mastimon, klikmania, masugeng. Meskipun hanya diberikan link nofollow, tetap saja pasti akan ada mempengaruhi klik pengunjung dari link tersebut. Link nofollow ini dapat kamu lakukan di media sosial juga, karna semestinya link di media sosial akan berpengaruh terhadap Search Engine Optimization (SEO) blog yang kamu punya.

Namun bila kamu memang memburu backlink, utamakanlah terlebih dahulu link dofollow yang berukalitas. Dengan begitu target SEO pada blog anda akan ditempuh secara optimal.

Demikian, mudah mudahan dengan membaca artikel ini kamu dapat membedakan link dofollow dan nofollow secara jauh lagi. Sehingga dapat membuat blog kamu lebih banyak pengunjung dengan secara alami dan tidak memiliki spam yang berlebihan. Sekian dan terimakasih


Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel