Pancasila Dalam Perspektif Generasi Milenial

Dutormasi.com- Ideologi yang kita kenal dengan sebutan “ pancasila “ merupakan sistem yang digunakan oleh bangsa inonesia, yang lahir pada tanggal 1 Juni 1945 . Nama ini terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa sansekerta, panca yang berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman dan bernegara bagi seluruh rakyat indonesia.pancasila sebgai nilai yang mengandung serangkaian nilai yaitu ketuhanan, kemanusiaan,persatuan dan keadilan. Lima sendi utama penyusun pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dan kelima sila itu tercantum pada alenia ke 4 Preambule (pembukaan) Undang-Undang Dasar 1945. Kelima nilai tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh, tidak terpisahkan mengacu kepada tujuan yang satu Pancasila sebagai suatu sistem yang didalamnya termasuk kedalam nilai moral ( nilai kebaikan ) dan merupakan nilai-nilai dasar yang bersifat abstrak.  



Besarnya perjuangan serta pengorbanan para pahlawan dalam memerdekakan bangsa Indonesia, kita sebagai pemuda atau yang dikenal dengan sebutan kaum milenial tidak bisa hanya duduk diam menikmati jerih payah para pahlawan yang telah memerdekatan bangsa kita saat ini.  Pancasila adalah ideologi-ideologi negara indonesia. Sebagai generasi milenial sepantasnya lebih memiliki peran yang lebih aktif dalam mengisi kemerdekaan dengan cara mewujudkan Indonesia yang adil dan damai yaitu dengan cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam relitas kehidupan sehari-hari. Pancasila harus menjadi acuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam relevensinya dengan sila ke2. Jika dilihat dan ditinjau lebih jauh lagi generasi milenial saat ini berada pada usia produktif yang memiliki peran penting untuk kehidupan kelanjutan berbangsa dan bernegara di masa kini dan di masa yang akan datang. Berkembang pesatnya era globalisasi dan digitalisasi menjadikan generasi milenial saat ini unggul dalam kreativitas dan kemudahan dalam seala hal. Namun keunggulan ini menjadikan generasi milenial menginginkan segala sesuatunya secara instan dan interaksi antar budaya yang terbuka mempengaruhi pikiran dan budayanya. Perilaku kaum milenial yang dinamis dan fleksibel.

Baca Juga : 


Di era milenial saat ini penerapan pancasila dalam kehidupan sehari-hari sangat lah tidak terlihat, bahkan tak jarang dari para kaum milenial yang lupa akan 5 sila yang tercantum dalam pancasila tersebut, seperti hal yang terjadi dan bahkan menjadi viral dalam perbincangan media sosial dalam salah satu acara bergengsi yakni Miss Indonesia bahkan tidak hafal dan bahkan salah dalam membacakan sila-sila yang terdapat dalam Pancasila tersebut. Hal ini membuktikan bahwa nilai-nilai pancasila tak lagi menjadi sesuatu yang berharga melainkan hanya sebagai simbol bangsa negra Indonesia itu sendiri tanpa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Oleh karena itu, generasi milenial harus sadar diri untuk selalu menjadikan pancasila sebagai acuan dalam menjalani hidup bermasyarakat serta menjadikannya sebagai jembatan emas untuk membangun bangsaindonesia itu sendiri. Generasimilenial juga harus bersikap demokratis degan mementingkan aspek musyawarah untuk  mufakat dalam pengambilan keputusan bukan memajukan ego dari masing-masing pihak dan merasa paling benar. Untk itu, marilah kita maju kedepan dengan membawa tombak yang dapat membakar semangan membangun indonesia pada kehidupan yang lebih baik lagi dimasa yang akan mendatang.

MUHAMMAD HAFIS
SEMESTER 4 ILMU PEMERINTAHAN
UNIVERSITAS ABDURRAB


Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel