Pengertian dan Perbedaan Flowchart dan Data Flow Diagram (DFD) yang Perlu Kamu Ketahui

Dutormasi.com - Seperti yang saya janjikan kemarin pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan mengenai flowchart dan DFD. Untuk mengingat sedikit artikel sebelumnya lebih baiknya saya jelaskan dulu pengertian DFD dan flowchart terlebih dahulu.
Flowchart adalah sebuah diagram yang mewakili proses kerja pada sebuah sistem yang menampilkan langkah langkah nya dengan menggunakan simbol simbol grafis dan dihubungkan dengan tanda panah.. Diagram diagram tersebut memiliki beberapa simbol tertentu yang bertujuan untuk menggambarkan suatu proses secara mendetail antara proses yang satu dengan proses yang lainnya.

Sedangkan Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi notasi tertentu untuk menggamabrkan sebuah aliran data pada sebuah sistem yang betujuan agar pembaca mudah membaca dan memahami sistem secara logika. Data Flow Diagram (DFD) ini juga berujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan bagaiamana proses kerja pada sebuah sistem tersebut.

Baiklah langsung saja, selanjutnya saya akan membahas perbedaan antara flowchart dan DFD yang harus anda ketahui. Untuk itu simaklah penjelasan saya dibawah ini

Perbedaan Flowchart dan DFD

Sebenarnya banyak sekali perbedaan  dari flowchart dan DFD ini. Namun, kali ini dutormasi hanya menjelaskan perbedaan yang secara spesifik saja antar flowchart dan DFD ini. Simaklah perbedaannya dibawah ini:


  1. Data flow diagram (DFD) ini berguna untuk alur data pada sebuah sistem. Sedangkan flowchart ini digunakan untuk menunjukan alur kerja pada sebuah sistem atau berbagai prosesdur yang ada pada sebuah sisten.
  2. Proses dari Data flow diagram (DFD) bisa dilakukan tidak berurutan atau paralel. Sedangkan flowchart alurnya memang harus berurutan dan sesuai alur algoritmanya.
  3. Untuk Data flow diagram (DFD) tidak bisa dilakukkan looping atau perulangan. Sedangkan flowchart bisa dilakukan perulangan.
  4. Pada Data flow diagram (DFD) tidak bisa dilakukan proses perhitungan seperti penjumlahan, perkalian , pengurangan dan pembagian. Sedangkan flowchart bisa melakukan proses perhitungan.
Untuk melihat contoh dan penjelasan lebih dalam mengenai flowchart dan Data flow diagram (DFD anda bisa membuka postingan saya Pengertian,Jenis Jenis dan Contoh Flowchart | ANAK TI WAJIB BACA ! dan Pengertian , Fungsi dan Contoh DFD (Data Flow Diagram) . Disitu sudah saya bahas secara rinci, jelas dan lengkap sekali. Silahkan langsung cek saja yaa!! Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa unuk dishare jika postingan ini bermanfaat bagi anda. 

Sekian dan terima kasih !!.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel