Pengertian dan Fungsi HTML (Hyper Text Markup Languange) | Dasar Web

Dutormasi.com -Saat anda ingin membuat website dari awal, yang anda perlukan adalah sebuah HTML, CSS dan JS untuk membuatnya. Dari 3 jenis yang sebutkan tadi, ia memiliki kegunaan dan fungsi yang sangat sangat berbeda. Untuk itu, saat anda ingin membuat website perlulah terlebih dahulu untuk mengetahui fungsi dari 3 jenis yang saya sebutkan tadi.

Pengertian dan Fungsi HTML (Hyper Text Markup Languange) | Dasar Web

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai HTMl terlebih dahulu. Untuk CSS dan JS(Java scrivt) akan saya jelaskan pada kesempatan yang lain. Untuk selalu pantaui saja postingan saya yaaa.

Apa itu HTML?


Hal yang pertama kita bahas adalah HTML. Apa itu HTML? HTML adalah kepanjangan dari Hyper Text Markup Languange. Hyper Text Markup Languange merupakan bahasa markah yang bisa anda gunakan untuk membuah sebuah halaman web, sehinggat dapat menampilkan segala sebuah informasi yang dapat dijelajah google dan dilihat oleh kalangan orang banyak bahkan dunia.

Jadi jika anda telah menggunakan Hyper Text Markup Languange ini, anda memungkinkan bisa menyusun sebuah paragraf, image, link, tautan, heading maupun blockquote untuk sebuah web yang akan anda buat nantinya.

Tapi ada yang perlu anda ketahui, HTML atau Hyper Text Markup Languange ini bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Jadi HTML ini tidak memiliki kemampuan seperti bahasa pemrograman yang memiliki fungsional yang dinamis. Namun, HTML ini bisa membuat pengguna untuk mengotak atik dan memformat sebuah dokumen, yahhhh hampir sama lah dengan microsoft word.

HTML juga memiliki banyak versi yang telah rilis dari tahun 1991 sampai 2014 yang telah risili HTML5. Apakah kalian pengen tahu? inilah versi HTML nya:

  • HTML -1991
  • HTML 2.0 -1995
  • HTML 3.2 -1997
  • HTML 4.01 -1999
  • XHTML -2000
  • HTML5 -2014
Apa perbedaan dari versi yang lama dengan versi yang baru? tentunya memiliki perbedaanya dong teman teman, kalau tidak memiliki perbedaan tidak mungkin dirilis yang baru kan ? hehe :D. Pada dasarnya suatu hal yang dirilis baru pastinya memiliki pembaruan yang baru dan memiliki kelebihan dari versi yang sebelumnya. Untuk itu jika anda ingin menggunakan HTML, saya sarankan untuk langsung menggunakan versi HTML 5 saja biar mudah dan bisa belajar dengan cepat.

Pada codingan HTML, ada kerangka yang harus anda pahami dan harus anda hapal. Karena kalau tidak ada codingan ini, maka codingan HTML yang anda buat, pastinya tidak bakal bisa diakses. Apakah itu?

Kerangka HTML

<html>
<head>
<title> Judul Halaman Web Yang Ingin Anda Buat </title>
</head>
<body>
Isi Web yang anda inginkan
</body>
<html>
Perlu anda hapalkan kerangkat diatas ini. Karena jika anda tidak mengawali coding menggunakan kerangka seperti diatas, saya pastikan anda tidak bakal bisa melihat hasil output dari codingan HTML yang anda buat. Mungkin sama sini aja postingan kali ini, semoga anda mengerti dan bisa memahami pengenalan dari HTML atau dasar web.

Salam Dutormasi !

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel