Perbedaan Wireframe dan Mockup yang Wajib Anda Ketahui !

Dutormasi.com -Pada saat anda didalam seuah proyek biasanya UX designer pasti akan digunakan ini. UX Designer ini akan membuat sesuatu berbagai macam delvarabels untuk sebuah media komunikasi saat dilakukaknya user research. Nahhh diantara berbagai macamnya deliveravles ini dikenallah istilah wireframe, mockup dan protoctype.

Perbedaan Wireframe dan Mockup yang Wajib Anda Ketahui !

Ketiga istilah yang sabutkan tadi merupakan deliverables yang powerful karena bisa anda mengerti dengan mudah, bukan itu saja deliverables ini juga berbentuk user interface sehingga anda dapat mudah menggunakannya dan mudah dimengerti.

Wireframe

Untuk itu, jika anda ingin memperdalam mempelajari UX Designer anda harus terlebih dahulu memahami deliverables. Baiklah langsung saja kita masuk kepembahasan awal yaitu apa pengertian dari wireframe? Wirefreame adalah sebuah kerangka atau sebuah coretan kasar untuk menata item item yang akan dimasukkan kedalam website sebelum desain website sesungguhnya dimulai.

Apa saja item item tersebut? item item tersebut bisa ditata dianataranya dari banner, footer, header, link, content, form  input dan banyak item item lainnya. Biasanya tugas ini diberikan kepada UI Designer untuk merancang wirefreme ini, bisa itu melwati koretas coret coretan atau menggunakan tools desain khusus wireframing.

Secara visual wireframe pada dasarnya hanya berupa kotak dan garis garis saja, karena pada visual wireframe ini hanya ditujukan untuk mengatur tata letak elemen elemen pada website. Jadi bisa kita simpulkan bahwa wireframe memiliki tujuan untuk memasukkan elemen ke dalam sebuah tata letak, bukan menunjukkan bagaimana elemen elemen tersebut dapat muncul pada desai akhir.

Kelebihan kelebihan dari wirefreme:

  1. Dapat membangun layout umum dengan websie atau aplikasi
  2. Dapat menghemat biaya dan waktu
  3. Dapat membangun kepercayaan dari pengguna dan stakeholder

Mockup

Berbeda halnya dengan mockup. Mockup adalah sebuah porses kelanjutan dari wireframe.  Mockup juga merupakan desain website yang menjadi salah satu tren yang sering digunakan pada masa kini. Hal ini terutama jika sudah berhubungan dengan internet. Penggunaanya juga cukup mudah, bahkan bisa dicustom juga sesuai dengan keinginan anda.

Baca Juga : 


Mockup merupakan sebuah ujung tombak dari presentasi dari desain web. Dengan adanya mockup ini, dapat menyakinkan anda ketika membuat webisite dengan custom semau anda. Jadi mockup dapat memberikan tampilan website yang sudah jelas dan pastinya tampilan tersebut seperti apa yang telah direncanakan. 

Mockup dapat dibuat dari media atau aplikasi pengolah gambar apa saja, contohya adobe photoshop, adobe illustrartor dan corel draw. Jika anda telah menggunakan media aplikasi ini, anda dapat mengolah gambar, tampilan warna website, font dan  mengotak atik tata letak item item website dengan mudah.

Kelebihan kelebihan dari mockup:
  1. Dapat menemukan eror
  2. Bisa mengoorgonisi detail dari proyek
  3. Implemetasi desain
  4. Menyaimpaikan ide kepada anggota tim
  5. Menerjemahkan ide kedalam bahasa yang mudah dimengerti stakeholders
  6. Perspektif user
Nah mungkin sama sini saja postingan kali ini. Perlu anda ketahui, bahwa jika anda ingin mendesarin sebuah website,perlulah anda memerhatikan warna, font dan tata letak yang sesuai. Usahakan lah buat website yang user friendly yang dapat mempermudah pengguna untuk mencari informasi yang mereka inginkan di website anda dengan mudah.

Salam Dutormasi !

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel