Cara Mudah Masang Domain Pada Wordpress Anda

Dutormasi.com -Tidak semua orang bisa memasang domain dan memasang https website wordpress mereka. Karena pada dasaarnya masih banyak sekali orang yang awam menggunakan wordpress, yang mana wordpress memang sangat rumit digunakan dibandingkan blogger. Namun walaupun begitu wordpress memang memiliki keamanan yang bagus.

Cara Mudah Masang Domain Pada Wordpress Anda


Kenapa saya bilang bagus? ini karena jika anda lupa dengan password anda atau file file anda terhapus di wordpress, anda jangan khawatir file file anda dan pasword anda bisa anda dapatkan kembali dengan mudah. Karena wordpress menggunakan database untuk menjaga data data pemakainya agar tidak khawatir hilang.

Baca Juga : 



Nah pada postingan kali ini, saya akan memberikan langkah langah mengenai masang domain dan https pada website wordpress yang telah anda buat.

MEMASANG DOMAIN

Langkah 1. Pastikan terlebih dahulu membeli hosting dan domain agar upload wordpress ke hosting berjalan lancar. Jika beli hosting dan domain berbeda reseller, maka pengaturannya juga sedikit berbeda.

Langkah 2. Buka website domain yang telah dibeli, seperti diwebsite rumah web. Lalu manage name server dengan name server website hosting yang telah dibeli seperti seperti gambar diatas.
Langkah 3. Kemudian masuklah ke website hosting, dan masuklah ke cpanel agar bisa mecari add on domain untuk memasukin domain dari reseller berbeda tadi.

Langkah 4. Masukin nama domain seperti diatas dan otomatis akan terisi semua kebawah. Namun document toot nya harus  diiubah dulu menjadi public_html/domainanda.

Langkah 5. Kemudian backup database dengan memasuk localhost/phpmyadmin dan jangn lupa dihidupkan terlebih dahulu xampp. Caranya klik database wordpress yang leah dibuat, kemudian format pilih SQL dan klik kirim. Maka otomatis database  akan terbuat sendiri dengan format .sql.

Langkah 6. Backup data blog yang biasa tempatnya di C:/xampp/htdocs/namafolderkamu. Kemudian jadikan zip foldernya.

Langkah 7. Buatlah database pada hosting . Caranya masuk lagi ke cpanel hosting, kemudian pilih MySQL® Databases. Buatlah nama database dan klik create database.

Langkah 8. Scroll kebawah dan buat user dan password. Isilah dan jangan lupa untuk diingat karena nantinya akan dipakai.

Langkah 9. Setelah itu sesuaikan dengan database dan user yang telah dibuat. Kemudian klik add.Setelah itu akan keluar kolom kolom yang harus diceklis, klik saja ALL PRIVILEGES dan klik make changes.

Langkah 10. Sekarang kembali lagi kecpanel dan pilih phpmyadmin. Klik import dan masukin backup database sebelumnya tadi. Kemudian masuk kedalam wp_option dan pilih home dan siteurl, ubahlah domainnya menjadi https://domainanda dan jangan lupa disave.

Langkah 11. Masuk kembali kecpanel dan cari file manager. Masuk ke public_html dan pilih domain. Lalu upload file data wordpress  yang dalam bentuk zip tadi, extract lah file tersebut dan hapus kembali file zipnya tadi.

Langkah 12 : Carilah wp-config.php, klik kanan dan pilih edit. Ubah lah sesuai kode dibawah :
define(‘DB_NAME’, ‘isi_nama_database_yang_dibuat_tadi‘);
/** MySQL database username */
define(‘DB_USER’, ‘isi_nama_user_yang_dibuat_tadi‘);
/** MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘isi_password_user_yang_dibuat_tadi‘);

Langkah 13: Kalau sudah sampai disini biasanya wordpress anda sudah bisa dibuka dengan domain dan hosting yang anda sewa.

Nah bagaimana ? apakah anda mengerti. Semoga aja anda mengerti yaaaaa. Jika ada yang ingin ditanyakan atau bingung dengan penjelasan saya, anda bisa menanyakan dikolom komentar atau langsung mengcchat saya pada halaman contact karena sudah saya sediakan contact dan medsos saya disitu.

Mungkin sampai sini saja postingan kali ini, terima kasih sudah berkunjung diwebsite saya, sekian dan terima kasih !.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel