Cara Membuat Link dengan HTML

Dutormasi.com - Halo sahabat Dutormasi!. Kembali lagi di postingan yang selalu memberikan manfaat. Kali ini akan melanjutkan lagi seri HTML kita. Dan pada postingan kali ini kita akan coba memindahkan dari HTML satu ke HTML lain dengan menggunakan anchor link. Apa sih sebenarnya anchor link itu. Yuk kita kupas sama-sama.

Cara Membuat Link dengan HTML

Anchor Link

Apa itu anchor? Anchor adalah sebuah tulisan untuk penamaan link yang akan ditampilkan pada sebuah halaman. Tag <a> digunakan untuk menandakan ini sebuah hyperlink. Link dapat berpindah ke halaman satu ke halaman lain atau bisa ke website lain.

Cara untuk menambahkan link ini cukup gampang kok. yuk kita kupas caranya.

1. Buka project kita web kita kemarin

Cara Membuat Link dengan HTML

2. Disini kita akan membuat 2 link . Gunanya untuk apa? nanti saya jelasin.


3. Dibawah gambar logo, yuk coba kita buat link untuk masuk ke gambar logonya dengan syntax di bawah. Jangan lupa berikan <br> diatasnya ya

<a href="./img/logobulat2.png">Lihat Logo Diatas</a>
Cara Membuat Link dengan HTML

4. Selanjutnya kita tambahkan hal yang sama di bawah tabel yang kita buat dengan syntax berikut.

<a href="login.html">Sudah daftar? Login</a>

<br>

<a href="http://google.com" target="_blank">Google pencarian</a>

Cara Membuat Link dengan HTML

5. Lalu tambahkan file html dengan nama login.html di folder yang sama di Index HTML kita. Dan di body kita tambahkan lagi heading 1 dengan teks “ini halaman Login”

Cara Membuat Link dengan HTML

6. Setelah itu kita save dan kita jalankan dan tampilan akan menjadi seperti ini.

Cara Membuat Link dengan HTML

7. Ada perbedaan kan? kenapa menjadi warna biru ya? padahal kita tidak memberikan warna pada teks nya. Sebenarnya itu menandakan teks yang dapat diklik dan yang tidak.

Cara Membuat Link dengan HTML

Nah setelah dicoba apa yang paling signifikan dari syntax diatas? Yap benar. di bagian href nya. Disini kita tidak cuman harus berpindah dari satu HTML ke HTML lain dong. Tetapi juga dapat melihat bahkan mendownload file gambar dan pindah ke situs lainnya.

Dan tambahan yang lain terdapat elemen target yang berfungsi untuk memberikan action apa setelah kita mengklik link tersebut. Disini saya mencontohkan menggunakan _blank untuk membuka tab baru untuk menelusuri linknya.

Bagaimana mulai menarik bukan? Sekarang kita sudah tidak terpaku pada satu halaman saja. Kita dapat berpindah pindah halaman yang membuat interaksi web semakin baik. Tinggal memikirkan bagaimana desain yang bagus untuk setiap halaman. Sekian dulu postingan kali ini, semoga mudah dipahami dan bermanfaat untuk teman-teman. Salam Dutormasi!!.


Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel