Perbedaan Wordpress dengan Blogspot (Blogger) serta Perbandingannya | Mana yang terbaik?

Dutormasi.com-Terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan sebuah hasil karya yang telah kamu buat, hasil karya ini dapat berupa cerita pribadi, foto design, dan lain lain. Salah satu media penyimpanan yang paling efektif dan mudah adalah dengan membuat sebuah blog. Tidak ada batasan tentang siapa yang boleh membuat blog, siapapun orangnya dapat melakukannya, termasuk teman, orang tua, maupun kamu sendiri pun bisa. Hanya saja bagi kamu yang baru masuk ke dunia blogging, pasti merasa membuat situs seperti ini sangatlah susah.


Terlebih lagi dengan hadirnya beragam banyak platform blogging yang dapat digunakan. Membuat banyak orang bingung memilih platform yang paling tepat digunakan. Sebenarnya sih kamu bebas memiih platform untuk mengonlinekan blog kamu, namun di lain sisi banyak orang yang lebih mementingkan kemudahan dalam membuat blog tersebut. Dari sekian banyak pilihan platform blogging, terdapat 2 tool yang paling populer, yaitu  wordpress (.com dan .org) dan blogger. Terjadi banyak perselisihan diantara kedua tool ini, mana yang lebih baik  terutama dalam urusan blogging. Oleh karena itu pada artikel ini, Dutormasi akan membahas perbandingan antara platform wordpress dan blogger, maka dari itu simak artikel ini sampai habis yaa. Selamat menyimak.

Perbandingan WordPress.com dan WordPress.org
Sebelum kita masuk kepada perbandingan blogspot dengan wordpress, ada baiknya kita telebih dahulu membahas tentang wordpress terlebih dahulu. WordPress sampai sekarang ini masih menjadi platform yang paling banyak digunakan sesuai dengan data Trends BuildWith. Tapi tahukah kamu jika WordPress itu sebenarnya terbagi menjadi 2 jenis platform yang berbeda lo?

Dua jenis tersebut adalah WordPress.com dan WordPress.org .  Bagi kamu yang baru mau memulai membuat sebuah blog, pasti akan sangat sulit membedakan kedua jenis platform ini. Untuk itu Dutormasi sudah merangkum beberapa perbedaan, sehingga kamu dapat mengerti perbedaan antara kedua platform ini.

1. WordPress.com
Platform WordPress.com merupakan perusahaan hosting dan domain, sehingga kamu dapat mempunyai website gratis dengan ekstensi domain namadomain.wordpress.com . Namun kamu juga bisa mendapatkan akses ke paket premium untuk mengaktifkan fitur fitur tambahan yang dapat digunakan. Diketahui paket Wordpress terbagi menjadi 5, yaitu :

-Gratis (Fitur Terbatas)
Merupakan paket terbaik untuk seorang pemula. Dengan paket ini kamu hanya dapat menggunakan fitur fitur yang terbatas saja. Biasanya paket ini digunakan untuk membuat situs web yang menarik dan unik dengan mudah.


- Personal ($4/bulan atau $48/tahun)
Merupakan paket yang terbaik untuk seorang pengguna blog pribadi. Dengan paket ini kamu dapat membuat situs web seunik mungkin dengan menggunakan domain khusus. Tidak hanya itu kamu juga mendapatkan akses bantuan setiap saat.

-Premium ($8/bulan atau $96/tahun)
Merupakan paket terbaik bagi kamu untuk seorang pekerja lepas (freelancer). Dengan ini kamu dapat membuat situs web yang unik dengan perangkat desain tingkat lanjut, baik CSS khusus dan bantuan dari google analytics.

-Business ($25/bulan atau $300/tahun)
Paket ini terbaik untuk  kamu yang ingin membuka usaha kecil. Dengan paket ini kamu dapat memperkuat bisnis kamu dengan plugin dan tema khusus. Tidak hanya itu kamu juga mendapatkan media penyimpanan sebesar 20 GB.

-E Commerce ($45/bulan atau $540/tahun)
Paket ini merupakan paket terlengkap dari yang lainnya, dan paket ini sangat baik digunakan untuk kamu yang ingin membuka situs toko online. Dengan paket ini kamu dapat membuat sebuah toko online dengan platform yang handal dan lengkap serta dirancang untuk berkembang bersama dengan kamu.

a. Kelebihan 
Bagi kamu yang hanya ingin membuat blog sekedar untuk iseng atau membagikan cerita pribadi saja, maka wordpress.com lebih direkomendasikan untuk kamu. Ada beberapa kelebihannya, yaitu :

  • Tidak perlu repot untuk melakukan upgrade , karena sudah di urus atau diupgrade langsung oleh wordpress
  • Gratis, dengan platform gratis ini kamu mendapatkan media penyimpanan sebesar 3 GB. 
b. Kekurangan
Ada beberapa kekurangan, bila kamu memilih wordpress.com sebagai platform blog kamu. Dan ini pula yang membedakan dengan platform wordpress.org. Kekurangannya yaitu :

  • Kamu tidak dapat mengupload plugin
  • Tidak dapat menambahkan fitur E-Commerce
  • Hanya dapat memakai template yang disediakan oleh wordpress, sehingga kamu tidak dapat mengupload template yang kamu inginkan. 
  • Mengandung domain yang diikuti wordpress.com. Apabila kamu ingin menghilangkannya, kamu disarankan untuk  pindah ke paket bisnis
  • Tidak dapat memasang code untuk melacak statistika pada google analytics
  • Tidak mengizinkan iklan selain WordAds, maksudnya itu seperti adsense 
  • Akan tampil iklan otomatis, tapi kamu tidak mendapatkan bayaran dari iklan tersebut. Namun kamu dapat menhilangkkan dengan cara mengambil ke paket yang berbayar. 
2. WordPress.org
Berbeda dari wordpress.com, platform ini mempunyai banyak kelebihan dan memiliki tingkat popularitas yang tinggi. Jenis WordPress.org ini dapat kamu download secara gratis atau dalam bahasa inggris open source, dengan adanya platform ini kamu dapat memanfaatkan webisre kamu menjadi sebuah blog berita, pribadi ataupun untuk perusahaan. Meskipun begitu, apapun yang ada didunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan WordPress.org : 

a. Kelebihan
Kelebihan dalam menggunakan WordPress.org dalam membangun sebuah blog adalah : 
  • Memiliki hak penuh untuk mengelola dan mengatur website yang kita punya
  • Dapat menambah maupun mengurangi fitur sesuai yang kita inginkan dan butuhkan
  • Gratis, dapat didownload di WordPress.org
  • Bisa menukar template sesuai yang kita inginkan
  • Dapat digunakan untuk media jual beli atau toko online
  • Bisa mendapatkan uang melalui google Adsense dengan menambahkan pada blog yang kita punya
  • Dapat menambah sebuah plugin dan template 
b. Kekurangan
Ada beberapa kekurangan yang dimiliki platform WordPress.org ini, sehingga membuat WordPress ini biasanya digunakan oleh seorang blogger yang serius dalam dunia per-blog-an. Yaitu : 
  • Dari sisi Keuangan/ Modal, Untuk memakai platform ini kamu membutuhkan biaya untuk membeli hosting dan domain, terdapat hosting dan domain dengan harga Rp100.000 dan Rp150.000 dengan domain satu tahun, dan hosting satu bulan. Tetapi harga hosting ini tergantung pada pengunjung blog kamu, bila banyak pengunjung maka kamu membutuhkan hosting yang lebih tinggi dan pastinya akan membutuhkan biaya yang besar pula. Tetapi semua itu akan sebanding kok dengan penghasilan yang akan kamu dapatkan. 
  • Dari sisi Backup, kita diperlukan untuk melakukan backup secara rutin, tapi hal ini sudah dapat dilakukan dengan mudah dengan memakai sebuah plugin untuk melakukan backup secara otomatis
  • Dari sisi Update, apabila wordpress.com melakukan update secara otomatis atau dilakukan langsung oleh wordpress. Berbeda dengan wordpress.org, platform ini mengharuskan kita melakukan update Wordpress sendiri, dan ini dapat dilakukan melalui dashbord admin ,  dengan sekali klik saja pada pojok kiri atas berwarna biru di halaman wordpress.org., setelah itu WordPress akan update dengan sendirinya.
Bagaimana? Udah bisa kan membedakan WordPress.com dan Wordpress.org ? Maka pilihlah  salah satu jenis platform sesuai dengan kubutuhan kamu, jangan terlalu memaksa memakai paket yang berbayar, apalagi kamu buat blog cuman sekedar di lihat dan tidak diisi isi, maka kamu hanya akan mendapatkan kerugian saja. Namun apabila kamu buat blog untuk  membagikan cerita atau iseng iseng, maka pilihlah platform Wordpress.com. Dan apabila kamu memang serius dalam dunia blog, maka kamu disarankan untuk memilih platform wordpress.org. Sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan melalui blog atau dari website kamu. 

Oke selanjutnya, karna kita sudah membahas tentang WordPress. Maka kita langsung masuk kepada inti artikel ini, apa sih perbedaannya platform Wordpress dan Blogspot itu? 

Perbedaan Blogspot dan WordPress
Untuk mempermudah kamu membandingkannya, maka dutormasi akan membahas perbedaan Wordpress dan blogspot ini dengan beberapa kategori. Sehingga kamu lebih cepat dan mudah memahaminya. Inilah beberapa kategori yang membedakannya :

1. Kemudahan
a. Blogspot/Blogger
Untuk dapat mengakses Blogger (blogspot) ini kamu diharuskan terlebih dahulu untuk mempunyai akun google. Kemudian barulah kamu dapat membuat akun blog kamu. Setelah akun blog terbuat, maka akan ada tampilan notifikasi meminta kamu menambahkan tema dan judul blog kamu.  Untuk masalah domain, kamu tidak perlu khawatir apabila belum memiliki Top Level Domain(TLD), karena  blogger sudah memberikan pilihan nama blog seperti namadomain.blogspot.com . Untuk pembuatan blog pada blogger, kita hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, Apabila langkah langka diatas telah dilakukan, maka kamu sudah dapat dapat membuat konten atau artikel yang diinginkan serta memakai tool yang berada pada dashboard blogger (blogspot) tersebut.

b. Wordpress
Platform ini juga tidak perlu diragukan lagi dalam hal kemudahan, sehingga popularitas platform ini sebagai web hosting yang banyak digunakan pun tidak perlu ditanyakan . Tetapi untuk memulai Platform ini, Wordpress mengharuskan penggunanya terlebih dahulu untuk menginstall aplikasinya. Dan hanya dalam beberapa klik saja, maka kamu sudah dapat mengonline kan blog kamu.

Setelah menginstall dan mengaktifkan WordPress, maka kamu akan dihadapi banyak fitur yang berada di dashboard dan fitur ini lebih banyak dari paltform sebelumnya yaitu blogger (blogspot). Dengan beragamnya fitur yang dimiliki wordpress, membuat platform ini memiliki keunggulan tersendiri baik untuk kreativitas pembuatan konten serta kotomisasi situs yang tidak dibatasi. Tetapi untuk memahami dan mempelajari fitur yang disediakan wordpress ini, kamu harus membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan blogger (blogspot).

Namun bila saya jujur, bagi seorang pemula maka lebih direkomendasikan membuat blog dengan menggunakan platform blogger (blogspot) saja, karna lebih mudah dibandingkan Wordpress yang mengharuskan menginstall dan membutuhkan waktu untuk memahami pengoperasiannya. Bukannya ingin memburukkan WordPress, tapi memang kenyataannya seperti itu. Jadi bila dibandingkan dalam hal kemudahan, maka pemenangnya adalah Blogger (blogspot).

Baca Juga : Cara Membuat Blog

2. Kepemilikan dan Biaya
a. Blogger (Blogspot)
Blogger atau blogspot ini berasal langsung dari google, sehingga kamu tidak akan dikenakan biaya hosting atau penyimpanan selama akun google kamu belum melebihi kapasitas atau limit nya (15GB). Untuk domain juga bisa kamu dapatkan secara gratis, tetapi harus rela dengan diberikan nama domain dengan tambahan nama platform diujungnya namadomain.blogspot.com . Pada platform ini juga kita tidak memiliki hak kontrol penuh, sehingga jika sewaktu-waktu kita melanggar suatu ketentuan google, maka bisa saja akun kamu langsung dihapus. Oleh karena itu, bagi pengguna platform ini disarankan untuk melakukan backup secara rutin terhadap artikel atau konten yang kamu punya.

b. WordPress
Untuk WordPress sangat bermasalah untuk masalah keuangan dibandingkan dengan platform blogger. Karena kita butuh biaya untuk membeli domain dan hosting untuk Wordpress.org yang kita punya. Namun dengan wordpress juga bisa dengan gratisan, tapi harus rela mendapatkan domain dengan label wordpress.com  di ujung domain kamu. Meskipun Wordpress membutuhkan biaya besar diawal dibandingkan blogger, apabila kamu serius mengembangkan dan aktif didunia perblogan, maka  wordpress lebih menguntungkan dalam jangka panjang. Ya  dengan platform ini kamu dapat memiliki hak kontrol penuh terhadap blog yang kamu punya. Sehingga kamu dapat mengontrol dan mengelola data blog di server hosting dengan mudah.

3. Tampilan 
a. Blogger
Untuk tampilan yang disediakan oleh platform ini sangatlah terbatas. Meskipun begitu, bila kamu ingin mengganti ataupun menambahkan tampilan, kamu bisa membeli template dari pihak ketiga. Di Indonesia sudah banyak pihak ketiga menyediakan banyak template blog dengan kualitas baik, sehingga untuk menemukannya tidaklah rumit. Salah satu template yang saya rekomendasikan adalah template ViogMaz punya masugeng.id.

Baca Juga :  Blog tampak keren dengan cara ini

b. WordPress
Wordpress memang lebih unggul dalam masalah tampilan atau tema, karena banyak sekali tersedia ribuan template yang dapat kamu gunakan secara gratis. Template tersebut dapat kamu pilih sesuai dengan kategori blog yang kamu gunakan. Contohnya jika kamu mempunya website berita, maka template yang kamu gunakan harus sesuai dengan kategori berita. Sehingga lebih menarik dan enak dilihat.

4. Keamanan
a. Blogger
Kalau dari sisi kamanan, blogspot atau blogger bisa dibilang sangat aman. Ya karena memang platform ini berasal dari google langsung. Tapi dengan syarat menggunakan template default atau bawakan dari blogger, bukan dari pigak ketiga dari penyedia jasa template. Namun menggunakan template pihak ketiga juga aman aman saja kok, selama website kamu tidak melanggar aturan maka website kamu akan aman sentosa.

b. WordPress
Banyak yang bilang sih bahwa blogger lebih aman dibandingkan wordpress karena servernya langsung dari google. Memang bila dilihat sekilas masuk akal, namun di lapangan tidak sesuai dengan isu bertebaran tersebut. Wordpress bila disebut menjadi platform memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena adanya perubahan script secara berkala. Dengan begitu celah keamanan dari paltform ini sangat tertutup rapat. Tapi lebih disarankan sih kamu memasang plugin plugin kemananan baik itu gratis maupun berbayar.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Cepat

Jadi itulah beberapa perbedaan dari Blogspot dan Wordpress. Semoga dengan membaca artikel ini, kamu dapat lebih mengerti dan dapat memutuskan untuk memakai platform mana yang bagus untuk digunakan pada blog kamu. Semoga bermanfaat dan terimakasih :)

Salam Dutormasi!!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel