Program Konversi Nama Menjadi Kode Biner ASCII Menggunakan Bahasa C

Dutormasi.com - Seorang mahasiswa jurusan teknik informatika pastinya akan bertemu soal soal yang aneh yang dibagikan asdos (asisten dosen) atau dari dosennya sendiri. Soalnya tersebut seperti membuat program bangun segitiga, membuat program bangun segi empat atau menkonversi nama menjadi kode biner.

Nah pada postingan kali ini dutormasi akan memberikan tutorial cara membuat program menkonversi nama anda menjadi kode biner. Huruf yang dijadikan kode biner biasanya disebut dengan ASCII. Apakah kalian tahu pengertian biner? biner adalah sebuah kumpulan kode yang hanya terdapat 2 angka yaitu 1 dan 0. Biner tersebut biasanya berisi dengan 8 angka yang hanya terdapat 1 dan 0 saja didalamnya.

Sebelum lanjut ke pemogramannya, kalian harus terlebih dahulu mengetahui kode biner dari huruf huruf. Karena pada dasarnya beda jenis huruf, maka beda juga binernya. Biar anda tidak pusing lihat saja gambar dibawah ini.

Baca JugaCara Membuat Program Pola Segitiga Siku Siku Saling Berhadapan Menggunakan Bahasa C/C++

Nah seperti yang anda lihat ditas, bahwa untuk biner huruf yang kapital dengan huruf yang kecil itu juga berbeda. Yahhh kalau dibilang soal seperti ini lumayan susah sih, tetapi tenang teman kalau anda memang niat untuk mempelajari coding saya pastikan anda paham kok. Untuk itu, biar anda tidak penasaran lagi langsung saja kita ke pemogramannya.

Program Menkonversi Nama Ke Kode Biner


1.Buka dulu aplikasi code block atau dev C++

2.Lalu klik CTRL+N, maka otomatis akan membuka halaman baru.

3.Klik CTRL+S (save) ,dan beri nama file terserah anda.

4.Ketikkan source code dibawah ini.
#include <stdio.h> 
#include <string.h> 
#include <stdlib.h> 
#include <math.h> 

int main() {  
int x,y,z; 
 printf("Masukkan Nama Kamu:  ");  
 char str[100];  gets(str);  
 printf("\nKode Binner Nama Kamu adalah: ", str);  
 
 for(x=0;str[x]!='\0';x++){   
 z=str[x];   
 for(y=7;y+1>0;y--){    
 if(z>=(1<<y)){     
 z=z-(1<<y);     
 printf("1");    
 }
 else printf("0");   
 }printf(" ");  } } 


Note: Jangan sekali sekali langsung menyalin program diatas. Kalau bisa usahakan untuk mengetiknya terlebih dahulu karena anda akan beransur ansur memahami algoritma dan maksud dari program diatas ini.

4.Klik Compile and run

5. Maka hasil outpunya adalah

Pada program diatas ini, anda diharuskan terlebih dahulu memasukan nama anda atau karakter apa saja yang ingin anda konversikan ke kode biner. Setelah anda memasukkannya, lalu anda tekan saja ENTER, maka program akan sendirinya mengkonversi huruf yang anda masukkan ke dalam kode biner ASCII.

Baca Juga:


Bagaimana cukup mudah bukan? yahhh kalau anda niat belajar dan konsisten mempelajari bahasa pemograman saya pastikan anda akan paham dan mengerti algoritma dari progarm. Semoga bermanfaat dan seoga bisa membantu anda dalam mengerjakan soal ini jika dibagikan oleh asdos atau dosen anda.

Sekian dan Terima kasih.  Salam Dutormasi !! .

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel