Program Membuat Tabel Perkalian Menggunakan Bahasa C/C++ | DIJAMIN PAHAM

Dutormasi.com -Pada kesempatan kali ini dutormasi akan membahas cara membuat program tabel perkalian menggunakan bahasa C. Yahhh sebenarnya sih bagi kalian yang mahasiswa jurusan teknik informatika, saya rasa untuk membuat program seperti pastinya sudah mudah lah kan :D hehe. Namun kalau masih kesusahan juga, anda sangat tepat sekali sudah singgah di postingan saya ini.

Sebenarnya jika anda kesusahan dalam mempelajari mata kuliah matematika, saran saya sih anda harus mencoba menggunakan pemrograman. Karena dari pengalaman saya sendiri, untuk belajar matematika anda harus paham algoritma dan logikanya. Yahhh begitu juga pemrograman anda harus memiliki logika yang kuat dan harus memiliki pemahaman algoritma dengan cepat.

Kalau kalian sudah mencobanya, saya pasti deh anda bakal merasakan perubahannya seperti apa. Hehe :D. Okee. kita lanjut kepembahasan kita sebelumnya yaitu membuat tabel perkalian menggunakan bahasa C. Apakah kalian tahu tabel perkalian itu apa? tentunya kalian tahu sudah pada tahu semua lah yaa. Karena pada dasarnya kalian pernah merasa masa kanak kanak yang belajar tentang matematika menggunakan tabel perkalian. Kalau kalian masih bingung tabel perkalian itu seperti apa, maka lihat saja gambar dibawah ini.


Bagaimana sudah pada tahu kalian kan? kalau sudah, langsung saja kita ke cara pembuatan pemrogramannya. Silahkan simak langkah langkah dibawah ini secara teliti agar kalian mudah memahaminya.

Baca Juga :



Program Tabel Perkalian Bahasa C


1.Silahkan anda buka aplikasi codeblock atau aplikasi Dev C++

2.Lalu klik shortcut CTRL + N, maka otomatis aplikasi akan membuat halaman kosong

3.Lalu anda Save atau simpan dengan mengklik shortcut CTRL+S.

4.Jangan lupa berilah nama file sesuai yang anda inginkan, selain itu perhatikan baik baik format file karena file yang anda simpan harus memiliki format .C

5. Ketiklah source code dibawah ini

#include <stdio.h>
int main(){
printf("APLIKASI TABEL PERKALIAN\n");
printf("=========================\n");
 int m,n,i;
 for (m=1; m<=10; m++){
 for (n=i; n<=10; n++){
 int o=m*n;
 printf("%d x %d = %d\n", m,n,o);
 }
 printf("\n");
 }
}
KETERANGAN : Cobalah terlebih dahulu untuk mengetik program yang ada diatas. Usahakan untuk mengetiknya terlebih dahulu agar anda beransur ansur memahami maksud dari coding diatas.

6. Compile and run program anda tersebut

7.Hasil output dari program diatas akan menjadi seperti dibawah ini

KETERENGAN : Hasil output program diatas akan langsung menghasilkan tabel perkalian secara otomatis. Bisa anda lihat dari hasil output diatas program akan menampilkan tabel perkalian dari perkalian angka 1 sampai angka 10.

8. Jika anda sudah mendapatkan hasil output seperti gambar diatas maka membuat program tabel perkalian menggunakan bahasa C telah selesai !

Keterangan Source Code Di Atas:


  1. #include <stdio.h> : #include berfungsi untuk mengimpor fungsi yang sudah didefinisikan pada header file stdio.h. Dan juga untuk mengaktifkan fungsi input dan output saat program dieksekusi.
  2. int main : Mendeklarasikan variabel nilai dengan tipe data integer.
  3. ( ) : Merupakan tanda yang digunakan untuk mengapit argument
  4. { } : Disebut tubuh fungsi, dan berfungsi untuk menyatakan awal eksekusi dan akhir
  5. eksekusi program.
  6. ; : Merupakan tanda semicolon yang berfungsi untuk menandakan akhir dari instruksi.
  7. printf : sebagai output an statement didalamnya yang akan ditampilkan pada program.
  8. Menggunakan tanda kurung ( “”) dan petik didalamnya agar statement terbaca.
  9. for (m=1; m<=10; m++): berisi m=1 maksudnya sebagai start untuk memberikan nilai awal pada variabel yang digunakan untuk mengontrol perulangan. jika variabel m telah mencapai nilai 10, ini menunjukkan condition, maksudnya ini berfungsiuntuk apabila kita ingin menghentikan perulangan, maka kita buat m<=10. Dan yangterakhir m++ untuk menunjukkan pengulangan pada statement. 
  10. %d : untuk menampilkan data dalam bentuk integer .
  11. printf("%dx %d = %d\n", m,n,o): maksudnya untuk menampilkan hasil dari variabel 1 dikali dengan varibel yang kedua sama dengan %d x %d = %d.

Baiklah mungkin sampai situ saja postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan semoga bisa membantu anda dalam menyelesaikan studi kasus membuat tabel perkalian dengan bahasa C. Upssss jangan lupa jika anda merasa postingan ini bermanfaat silahkan anda share keteman teman anda agar mereka juga mendapatkan manfaat dari postingan ini.

Sekian dan Terima Kasih. Salam Dutormasi !!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel