2 Cara Menghapus Histrory atau Riwayat Pencarian Google Chrome dengan Mudah

Dutormasi.com -Dewasa ini bisa dibilang setiap hari kita selalu memanfaatkan internet dalam mencari berbagai informasi yang ada di mesin pencarian atau browser. Browser sangat membawa pengaruh yang besar terhadap banyak orang orang, dengan adanya browser kita dapat menjelajah internet dan menambah ilmu kita. Terdapat banyak browser yang dapat kamu temukan seperti di antaranya Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer , Safari, Opera dan lain lain.

Cara Mengahpus History dan Riwayat Pencarian pada Google Chrome

Semakin lama dan semakin banyak kamu menelusuri berbagai informasi di internet melalu Google di browser, maka semakin besar pula data browser yang tidak kamu hapus.  Data tersebut berupa riwayat pencarian kamu selama memakai browser menggunakan internet. Salah satu data browser tersebut adalah history yang berisi URL-URL yang telah kamu buka dan kamu browsing.

Apabila kamu mencari dengan kata kunci yang lebih bersifat pribadi dan sensiti, maka ada baiknya history atau jejak jejak itu dihapis. Karena bisa dibilang riwayat tersebut merupakan salah satu privasi yang harus kamu perhatikan dan sembunyikan lantaran bisa saja perangkat kamu dipinjam orang lain sehingga bisa di intip ataupun dilihatnya.

Maka dari itu pada kali ini dutormasi akan memberikan tutorial cara menghapus History atau jejak pencarian pada Google Chrome. Kenapa hanya Google Chrome yang akan dijelaskan oleh dutormasi? Karena sesuai dengan data, bahwa pengguna dari Google Chrome merupakan yang terbesar dibandingkan dengan browser lainnya. Tetapi tenang saja, mungkin dilain waktu dutormasi akan memberikan pembahasan pada browser lainnya.

Baca Juga : 



Untuk itu bagi kamu yang sudah penasaran dan pengen tahu bagaimana cara menghapus history di Google Chrome pada Laptop atau Komputer,  maka ikutilah tutorial dari dutormasi di bawah ini :

Cara Menghapus History atau Riwayat Pencarian pada Google Chrome

Terdapat 2 cara yang telah dirangkum oleh dutormasi, kamu dapat memilih untuk memakai cara yang terbaik dan tepat sesuai dengan keperluan kamu.


Cara 1 Menghapus History Satu Persatu pada Google Chrome

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi browser Google Chrome kamu di lapto ataupun komputer.
2. Kemudian klik lah menu setting atau icon hamburger atau garis 3 pada pojok kanan atas halaman browser.
3. Setelah itu kliklah riwayat atau history.

Note : Cara mudah untuk langsung masuk pada halaman riwayat atau history, kamu dapat menekan kombinasi tombol Ctrl + H pada halaman Google Chrome yaa, jangan diluar , heheh

4. Setlah mengklik pilihan riwayat , kamu akan memasuki halaman history kamu seperti dibawah ini :

5. Lalu centanglah atau ceklis pencarian yang ingin kamu hapus, seperti dibawah ini :


6. Terus apabila kamu telah memilih URL atau pencarian yang ingin dihapus, maka kliklah Hapus pada bagian pojok kanan atas halaman browser.

7. Maka akan keluar notif atau sebuah alert , lalu kliklah hapus.
8. Maka Secara otomatis URL dan pencarian yang kamu ceklis atau pilih akan terhapus.

Dan apabila kamu hanya ingin menghapus satu history atau riwayat pencarian saja pada browser kamu, kamu dapat melakukannya seperti di bawah ini :

1. Pada halaman History atau riwayat pencarian Google Chrome, kamu akan mendapatkan icon hamburger atau garis 3 di samping URL pencarian kamu.


2. Dan klilah tombol pada panah tersebut, maka akan terdapat 2 pilihan. Maka Pilihlah Hapus dari Histori.
Secara otomatis satu histori atau jejak pencarian yang kamu pilih tersebut akan secara otomatis terhapus. Sangat mudah sekali bukan ?

Cara 2 Menghapus Semua History atau Riwayat Pencarian di Google Chrome


1. Sama seperti sebelumnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi browser Chrome.

2. Kemudian lakukanlah kombinasi tombol Ctrl + H agar dapat langsung masuk ke History atau Riwayat Pencarian kamu di browser.

3. Pada bagian samping halaman history atau riwayat pencarian Google Chrome, kamu akan mendapati 3 pilihan pada samping kiri halaman tersebut. Pilihlah Hapus Data Penjelajahan.


Note : Tombol dengan Stabilo Kuning

4. Lalu kamu akan mendapatkan halaman baru untuk menghapus riwayat pencarian kamu. Seperti di bawah ini :

Catatan : Pada cara kedua untuk menghapus seluruh atau semua riwayat pencarian Google Chrome ini, kamu dapat memilih Rentang waktu History Pencarian yang ingin kamu hapus, terdapat 5 pilihan yaitu 1 jam terakhir, 24 jam terakhir, 7 hari terakhir, 4 minggu terakhir/ 1 bulan terakhir, dan terakhir adalah semuanya. Kamu dapat memilih sesuai dengan keinginan dan keperluan kamu.

Dan pada 3 centang tersebut, kamu juga dapat memilih bentuk apa saja yang ingin kamu hapus. Apabila kamu hanya ingin menghapus history penjelajahan saja, maka hapuslah centang pada cookie dan cachenya. Tetapi jika ingin semuanya dihapus maka centanglah ke tiganya.

5. Kemudian jika sudah memilih maka Tekan atau kliklah button Hapus Data pada bagian bawah.

6. Dan tunggulah prosesnya, maka secara otomatis kamu telah menghapus history penjelajahan kamu sesuai dengan rentang waktu dan bentuk file yang kamu pilih sebelumnya.

Bagaimana teman teman, sangat mudah bukan? Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan kamu dan dapat membantu kamu  menghapus history atau riwayat pencarian kamu di Google Chrome. Apabila kamu suka dengan artikel ini, kamu dapat membagikan artikel ini ke teman teman dekat kamu yaa, agar mereka juga bisa tahu cara menghapus histroy penjelajahan pada Google Chrome.

Sekian dan terimakasih!

Salam Dutormasi!!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel