Perbedaan RAM dan ROM di Laptop, Komputer dan Smartphone | Lengkap 2020

Dutormasi.com- Saat kamu ingin membeli perangkat seperti komputer, laptop maupun smarthone, kapasitas dari RAM dan ROM merupakan menjadi salah satu kriteria spesifikasi yang harus kamu lihat. Namun sudah tahukah kamu apa perbedaan keduanya antara RAM dengan ROM ?

Mungkin tidak banyak dari kita yang mengerti perbedaan antara kedua hal tersebut, namun bagi kamu yang telah lam berkecimpungan di dunia teknologi informasi, kedua item tersebut tentunya bukan suatu yang hal membingungkan lagi bukan? Tapi untuk orang awam mungkin meganggap item tersebut sama saja.
Perbedaan RAM dan ROM Lengkap

RAM dan ROM merupakan suatu jenis memori yang digunakan dalam suatu perangkat untuk melakukan proses komputasi seperti komputer, laptop dan smartphone. Lalu diantara kedua memori tersebut mana yang lebih penting dan apa perbedaannya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian RAM dan ROM tersebut.

Pengertian dari RAM


RAM singakatan dari Random Access Memory yang merupakan suatu komponen penyimpanan dari data program dalam komputer yang digunakan ketika komputer dalam keadaan hidup. RAM hadir dalam 2 bentuk besaran yaitu besaran MB (Megabyte) dan GB (Gigabyte) dengan sama sama kecepatan nanodetik. Memori ini merupakan media penyipanan yang bisa digunakan unutk menyimpan data secara real-time saat CPU (Central Processing Unit) menjalan sebuah aplikasi atau suatu program di komputer mauapun smatrphone.

RAM ini dapat diibaratkan sebagai ruang yang digunakan untuk menajalan aktifitas dari sebuah aplikasi yang kita buka di komputer/smartphone. Dengan prinsip semakin banyak aplikasi yang kita buka atau gunakan, maka semakin kecil pula ruang RAM dan semakin melambat pula kinerja perangkat. Namun saat perangkat dalam keadaan mata, maka otomatis pula RAM akan kembali kosong.

Pengertian dari ROM

ROM singkatan dari Read Only Memory yang merupakan sebuah komponen memori yang berfungsi dalam menyimpan berbagai program yang terdapat pada komputer, laptop dan smartphone. ROM ini dapat kamu gunakan untuk menyimpan banyak jenis file, seperti musik, video dan termasuk gambar.

Berbeda dari RAM, bila perangkat mati, maka data data yang tersimpan pada ROM tidak akan hilang. Dengan prinsip semakin besar kapasitas ROM, maka semakin besar pula ruang yang tersedia untuk diinstal aplikasi maupun program lainnya. Kapasitas ROM sebenarnya bisa dibilang terbatas, jadi apabila kamu membutuhkan tambahan untuk mendampingi ROM maka kamu dapat menggunakan memori eksternal.

Dari penjelasan diatas, dapat kita pastikan bahwa kedua komponen yaitu RAM dan ROM ini sangat penting terhadap perangkat yang kamu gunakan. Tanpa adanya RAM dan ROM, tentunya kamu akan merasa kesulitan dalam mengoperasi perangkat.

Perbedaan dari RAM dan ROM

RAM (Read Access Memory) merupakan suatu komponen penting perangkat yang membutuhkan aliran listrik untuk bisa menjalankan datanya, seperti contoh saat komputer kamu dalam keadaan menyala atau hidup. Sedangkan ROM (Read Only Memory) juga termasuk komponen penting perangkat namun akan tetap menyimpan data meskipun tanpa adanya aliran listrik, seperti contoh saat komputer, laptop, smartphone kamu dimatikan, maka data dalam ROM tetap tersimpan dan tidak hilang.

Perbedaan lainnya terdapat pada data yang disimpan, terlihat pada RAM adalah suatu jenis memori dimana data yang ada di RAM tidak tersimpan secara permanan. Contohnya saat kamu mematikan komputer maka data yang disimpan di RAM akan langsung dihapus.

Sedangkan pada ROM adalah jenis memori yang secara permanen akan tetap tersimpan. Contohnya ketika kamu mematikan komputer, maka terlhiat data pada memori tidak akan terhapus.

Kemudian perbedaan lainnya antara komponen RAM dan ROM meliputi sebuah chip dari ROM biasanya digunakan pada proses start-up komputer, sedangkan pada chip RAM biasanya digunakan dalam operasi normal ketika kita menjalankan laptop atau komputer setelah masuk dari sistem operasi.

Baca Juga : 



Di saat kamu menjalankan data melaui ROM biasanya data akan melalui proses yang lambat, sedangkan ketika menjalankan data melalui RAM maka proses akan cukup cepat. Kenapa? Ya karena jika kita lihat bahwa chip ada RAM dapat menyimpan data dalam satuan Gigabyte(GB) sementara pada chip ROM hanya dapat menyimpan data dalam satuan Megabyte (MB) saja.

Jenis-jenis RAM dan ROM

Terdapat dua jenis RAM yang diketahui, yaitu DRAM dan SRAM. DRAM singkatan dari Dynamic Random Access Memory merupakan memori yang dapat menyimpan setiap bit data yang terpisah secara kapasitor dalam sebuah sirkuit terpadu. Sementara SRAM singkatan dari Static Random Access Memory merupakan memori yang didesain menggunakan item transistor tanpa adanya kapasitor. Letak perbedaannya juga dapat dilihat dari desainnya, SRAM didesauin dengan desain cluster enam transistro agar dapat menyimpan setiap bit informasi.

Sementara ROM terdapat 3 jenis memori, pertama ada PROM (Programmable Read-Only Memory) yang dagunakan untuk produksi memori, yang kedua  EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory) dan terakhir adalah EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory).

Fungsi dari RAM dan ROM

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa ROM ini merupakan tempat yang bisa kita gunakan menyimpan data internal agar dapat menjalankan sistem operasi dan sistem lainnya pada perangkat kamu komputer, laptop maupun smartphone.

Sementara pada RAM adalah bentuk penyimpanan data yang dapat kita akses secara acak setiap saatnya. Kita dapat untuk mengakses di lokasi yang berbeda pada perangkat penyimpanan yang berbeda pula. RAM ini biasanya diukur dengan satuan kapasitas adalagGigabyte ataupun Megabyte dan untuk kecepatannya biasa dikur dengan satuan waktu nanodetik. Data chip RAM pun membaca lebih cepat dibandingkan RAM.

Manfaat Kita Mengenal RAM dan ROM

Dengan banyaknya penjelasan dari definisi, fungsi dan jenisnya RAM dan ROM maka akan membuat kita lebih mudah untuk menentukan Laptop, komputer, Smartphone sesuai kebutuhan. Dan juga pada penjelasan perbedaan ROM dan RAM akan membantu kita agar tidak keliru saat memilih Laptop, komputer, Smartphone berdasarkan speifikasinya.

Semoga dengan membaca artikel ini kamu dapat memahami perbedaan dari kedua komponen tersebut, dan dapat membantu kamu saat menentukan ataupun memutuskan membeli gadget , laptop dan komuter sesuai kebutuhan dan tepat.

Sekian dan terimakasih!!

Salam Dutormasi!!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel