7 Tips Memaksimalkan Memori Internal Kecil Pada Smartphone dengan Mudah

Dutormasi.com -Banyak sekali orang orang memilih untuk beli hadphone baru tetapi tidak terlebih dahulu melihat spesifikasi handphone dari memori internalnya . Ada juga yang beranggapan bahwa memori internal yang 16 GB atau 32 GB itu sudah lebih dari cukup.Namun hal itu adalah salah ! karena jika anda hanya mempunyai ukuran memori segitu saya pastikan anda tidak akan puas saat mendownload aplikasi aplikasi yang penting bagi anda , apalagi bagi kalian yang Gamer tentu aplikasi game yang digunakan juga memiliki properties yang lumayan tinggi.



Tetapi semakin berkembangnya zaman ,handphone dizaman sekarang juga semakin lama semakin canggih selain itu handphone sekarang, juga memiliki fiture fiture unik yang bisa memenuhi pekerjaan manusia.Bahkan, sekarang ada handphone yang memiliki memori internal 256 GB .WAWW sungguh menakjubkan bukan ? tetapi yahh tentunya handphone yang memiliki spesifikasi tinggi seperti itu , juga memiliki harga yang tidak murah. Tetapi , tenang sobb anda masih bisa membeli handphone yang memiliki memori internal dengan kapasitas 16 GB atau 32 GB, walaupun murah dan memori internalnya yang memprihatinkan , anda bisa mengatasi kendala nya tersebut dibawah ini.

Nah,apakah kalian ingin tahu cara mengatasi kendalanya ? ingin tahu caranya ? Maka dipostingan kali ini dutormasi akan membuat artikel gimana sih tips memaksimalkan kapasitas memori kecil dihandphone anda .Oke baiklah biar tidak kelamaan langsung saja kita menuju ketipsnya.

7 Tips Memaksimalkan memori Internal kecil Pada handphone Anda


1.Install aplikasi yang penting penting saja.
Cara pertama untuk memaksimalkan memori kecil dihandphone adalah menginstall aplikasi yang menurut anda penting saja. Yahhh, tentunya kalian juga tahu dong handphone yang kalian miliki tersebut memiliki kapasitas yang standar , jadi install lah aplikasi yang penting saja .Misalnya saja gunakan aplikasi media sosial yang menurut anda , sering anda gunakan seperti instagram atau whatsapp karena menurut saya media sosial tersebut sangat banyak dipakai dizaman sekarang , karena adanya fiture fiture yang menarik didalamnya .Bagi kalian yang mahasiswa anda dapat menggunakan aplikasi yang wajib saja anda punya seperti drive dan sebagainya.

Baca Juga :

2.Hindari menginstall game yang berat.
Masih banyak pengguna handphone tetapi tidak mengetahui spesifikasi pada handphone nya , padahal jika memiliki kapasitas memori standar saja , yahh percuma saja anda mendownload game yang berat, pastinya saat anda memainkannya anda akan terasa ngelag atau lambat.Jadi jangan sampai anda mendownload aplikasi game yang berat seperti FIFA,Asphalt 8 dan lain lain.

3.Kecilkan resolusi foto dan video kamera anda
Masih banyak orang yang tidak tahu cara mengecilkan resolusi foto dan video pada kamera handphone yang anda gunakan. Padahal cara ini sangat ampuh untuk memaksimalkan memori internal anda yang sedikit. Jika resolusi semakin tinggi maka ukuran foto dan video nya juga semakin besar, tetapi jika resolusi kamera anda kecilkan maka ukuran foto dan video akan memiliki ukuran yang kecil.

4.Jangan terlalu banyak menyimpan musik.
Bagi anda yang sering mendengarkan musik , anda harus memprihatinkan memori internal handphone anda , Karena 1 file musik saja terkadang memiliki ukuran 4 MB , bagaimana jika anda mempunyai 50 musik ? Maka memori musik anda akan terisi 200 MB untuk hanya menyimpan musik saja .Saran saya lebih baik anda mendengarkan lagu dari aplikasi online saja seperti JOOX.

Aplikasi JOOX ini dapatanda gunakan untuk mendengarkan lagu secara online. Anda bisa mecari lagu apa saja yang ingin dengarkan selain itu anda bisa mendownload lagu tersebut tanpa penyimpanannya  kememori internal atau penyimpanan eksternal handphone anda.Bagaimana ? Cukup membantu aplikasi ini kan .

Baca Juga : Satuan Ukuran Kapasitas Memori yang Harus Kamu Kenali

5.Tambahkan Micro SD
Apabila memori internal mu sudah berada dikapasitas memprihatinkan maka sudah saatnya anda harus menambahkan Micro SD.Micro SD dapat membantu penyimpanan pada handphone anda , anda dapat memindahkan foto, video dan musik yang ada dimemori internal ke memori Micro SD ini agar memori internal handphone anda memiliki kapasitas untuk menyimpan file file lainnya.

Selain itu, anda harus membeli micro SD yang memiliki ukuran sesuai dengan kapasitas yang ingin anda gunakan .Tetapi lebih baiknya anda langsung membeli micro SD yang memiliki ukuran besar saja, jadi anda tidak harus membeli micro SD lagi jika memori SD yang anda gunakan sudah penuh.

6.Gunakan Google Drive
Siapa yang tidak tahu degan aplikasi ini ,aplikasi drive ini bisa anda manfaatkan untuk penyimpanan lain dihandphone anda.Drive ini memiliki kapastias penyimpanan 15 GB , jadi rugi rasanya jika anda tidak memanfaatkan aplikasi drive ini , penyimpanan 15 GB itu lumayan besar sob untuk menyimpan file file penting kita.

Aplikasi Drive memberikan layanan untuk memperbesar kapasitas memorinya dengan menggunakan fitur lain yaitu google one.Dengan google one ini anda dapat melakukan penyimpanan seperti berbasi cloud yang memiliki kapasitas dari 100 GB sampai 300 TB. Tetapi anda harus tahu sob , memperluas penyimpanan ini anda harus membayar bulanan atau tidak gratis . :D hehehe

7.Bersihkan sampah Handphone
Cara terakhir yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan memori internal handphone adalah membersihkan sampah handphone anda .Maksud dari sampah handphone adalah file file yang tidak penting dan tidak berguna pada handphone yang kita miliki , jadi file file sampah ini lah yang membuat memori internal anda terkadang cepat penuh atau tidak bisa diisi lagi.

Anda bisa menggunakan aplikasi clean master yang bisa anda dapati dengan mendownload aplikasi diplaystore handphone anda . Penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah dan efisien untuk digunakan , fiture nya bukan untuk membersihkan sampah pada handphone saja tetapi ada fiture lainnya seperti percepat ponsel,pendingin CPU,Anti virus dan sebagainya.

Memiliki handphone yang memori internalnya memprihatinkan memang sangat membuat kita sedih . *YAH ZAMAN SEKARANG MASIH SEDIH :D hehe. Mungkin ini dikarenakan saat kita mau tburu buru untuk menginstall aplikasi yang ingin digunakan selalu saja ada bacaan MEMORI ANDA PENUH, maka kalian pasti tidak suka melihat dengan bacaan tersebut.

Tetapi memiliki handphone yang mempunyai memori internal yang besar juga tidak memiliki modal yang sedikit . Semuanya tergantung kalian saja , jika mempunyai uang lebih anda bisa membeli handphone yang memiliki spesifikasi yang tinggi. Tetapi jika anda mempunyai uang yang sedikit tetapi ingin juga membeli handphone baru , maka anda bisa gunakan 7 tips diatas untuk memaksimalkan memori internal handphone anda.

Demikianlah 7 tips memaksimalkan memori internal kecil pada handphone anda .Semooga bermanfaat, dan terima kasih sudah mengunjungi postingan ini.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel