10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Laptop Cepat Rusak Tahun 2020

Dutormasi.com -Di zaman yang serba mudah dengan digital, membuat keberadaan laptop menjadi sangatlah penting. Ya karna laptop merupakan perangkat elektronik yang bisa dibawa ke mana mana dan dapat digunakan untuk mempermudah dalam mengerjakan berbagai hal, seperti tugas sekolah pekerjaan kantor chattingan dengan teman, menonton film dan lain sebagainya. Meskpun smartphone juga telah berkembang menjadi lebih modern, namun nyatanya sampai kini perangkat laptop belum bisa digantikan oleh smartphone.

10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Laptop Cepat Rusak Tahun 2020
Apa yang kamu harapkan ketika baru saja membeli sebuah laptop? Ya tentunya kamu berharap laptop  tersebut bisa berjalan lancar dan bertahan lama tanpa mengalami kerusakan. Iya kan?
Namun sayangnya, terkadang laptop menjadi lebih cepat rusak dan lambat  karena kesalahan dan kebiasaan buruk yang sering kita lakukan sendiri. Karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman, membuat kesalahan kesalahan sepele yang kita perbuat itu tanpa kita sadari sendiri. Sangat lucu bukan?

Terus Bagaimana Cara Merawat Laptop dengan Benar?
Ya tentunya semua kebiasaan itu tidak lepas dari bagaimana cara kita sebagai pemilik laptop menjaga barang kesayangannya agar selalu awet dan tahan lama. Berdasarkan pengalaman saya dan dari teman teman saya,  Oleh karena itu, pada kali ini dutormasi akan memberikan sedikit tips dan beberapa contoh kebiasaan buruk yang dapat merusak laptop kamu lebih cepat.

Berikut beberapa kebiasaan yang sering dianggap sepele, namun dapat memperlambat laptop dan membuat laptop cepat rusak. Simak Sampai habis dan ingat ya. . .Hindari kebiasaan Ini!!

1. Menutup Laptop dalam Kondisi Menyala atau Hidup
 Nah kalau kesalahan yang satu ini pasti sering kamu lakukan, iya kan? termasuk saya . hehehe. Sebenarnya kalau dilakukan sesekali, inii tidak menjadi masalah. Namun bila sudah menjadi kebiasaan, ini yang gawat. Karna bila keseringan menutup laptop dalam kondisi hidup akan membuat mesin laptop menjadi panas, sehingga memicu kerusakan pada komponen-komponen tertentu yang terdapat pada bagian laptop kamu. Oleh karena itu, tinggalkan kebiasaan ini. Dan jika kamu tidak membutuhkan atau ada kepentingan lagi dengan laptop, maka matikan (shutdown) lah laptop kamu. Agar lebih aman dan tidak mengalami kerusakan dan panas berlebih.

2. Berlari Ketika Membawa Tas Berisi Laptop
Berlari dengan membawa tas yang berisi laptop merupakan kebiasaan atau tindakan yang ceroboh sekali. Kenapa ? Ya karna dalam jangka panjang bisa membuat kinerja laptop menurun , hingga kehilangan fungsionalitas sama sekali. Apalagi kamu yang menggunakan media penyimpanan internal sebuah piringan hardisk? Goncangan saat lari membuat piringan di dalam hardisk terbentur dengan benda keras yang ada di dalam tas kamu, seperti charger, cok sambung, bolpoint dan lain lain. Benturan ini menyebabkan komponen kecil yang letaknya berdekatan pada hardisk aan mengalami luka atau gorsen. Sehingga dapat membuat status hardisk kamu tidak terbaca atau bios.

3.  Memasang Charge ke Laptop Dulu
Kesalahaan ini pasti banyak yang melakukannya. Sebelumnya kalian pasti pernah bertanya tanya, lebih baik pasang charger ke laptop dulu baru ke sumber listrik atau malah sebaliknya? Iya an? Tapi tahukah kamu? Cara terbaik yang harus dilakukan adalah menyambung charger terlebih dahulu ke sumber listrik, barulah dihubungkan pada laptop. Alasannya yaa, arus pertama pada charger ketika di masukkin ke sumber listrik atau dicolokin itu tidak stabil. Sehingga apabila kamu sering melakukan kesalah ini secara rutin akan menyebabkan kerusakan pada motherboard kamu.

4. Melatakkan Laptop dalam Posisi Sembarangan
Pernah gak kamu meletakkan laptop kedalam tas kemudian meletakkan posisi tas dalam keadaan bendiri? Tahukah kamu, hal itu dapat memicu terjadinya kerusakan pada laptop loo. Dalam keadaan posisi ini, debu debu yang berada dalam laptop akan jatuh kebawah, sehingga memungkinkan debu menyumbat ventilasi atau sirkulasi udara sehingga membuatnya semakin kotor.

Apalagi jika didalan tas kamu berisi banyak buku ataupun alat alat yang dapat menyebabkan laptop mendapatkan tekanan, sehingga dapat membuat laptop mengalami goresan permanen atau bisa mengalami layar retak. Pasti kalian atau teman kalian pernah mengalami hal ini bukan ? wkwk

5. Mengisi Daya Baterai Meskipun Baterai Tidak Habis
Mengisi ulang daya baterai atau men-charger laptop tidak diperbolehkan bila laptop kamu masih memiliki daya baterai diatas 30 %. Ada baiknya mengisi daya baterai, ketika baterai laptop hamipr habis yaitu sekitar 10%. Namun jangan pula sampai baterai kosong sama sekali yaa karena hal ini dapat membuat kemampuan baterai dalam menyimpan daya semakin berkurang.

6. Menggunakan atau Meletakkan Laptop di Atas Kasur
Ketika laptop dalam keadaan menyala atau hidup, otomatis setiap komponen perangkat keras (Hardware) pada laptop akan bekerja. Semakin lama kerja setiap komponen maka semakin panas pula hardware tersebut.

Karena keadaan suhu tersebut, membuat kita dilarang untuk menggunakan laptop pada tempat tempat yang berteksturan lembut seperti kasur, selimut, baju, bantal , keset dan lainnya. Pasalnya, hal ini dapat memuat saluran udara atau ventilasi laptop terhambat dan suhu panas akan terhambat pada komponen komponen laptop. Lama kelamaan akan membuat laptop overheat sehingga membuatnya mati secara otomatis. Maka hal ini termasuk salah satu kebiasaan yang dapat memperpendek umur usia laptop yang kita punya.

Baca Juga : Kenapa Ponsel Terlalu Panas ? Ini dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

7. Menggunakan Laptop Tanpa Baterai
Bagi kamu yang memiliki laptop dengan baterai yang bisa di pasang dan dicopot. Maka janganlah meneruskan kebiasaan buruk ini. Meskipun cara ini memang dapat membuat usia baterai lebih lama, tetapi cara ini juga dapat menyebabkan korsleting karna sudah menyalahi aturan. Hal ini dapat terjadi karena arus listrik yang masuk pada laptop tersebut tidak teratur, dan pastinya hal ini akan merusak komponen pada bagian motherboard.

8. Hindari Memasuki atau Menjelajahi Website tanpa Perlindungan
Bagi kalian pecinta aplikasi cr**k, maka harus berhati hati. Kenapa? Dengan menjelajahi situs seperti tempat mengunduh film ataupun aplikasi gratis akan memungkinkan laptop kamu terinfeksi malware. Terlebih lagi ketika kamu ingin mengunduh anti virus yang seolah melindungi laptop, namun ternyata memberikan virus pada laptop. Maka lebih dianjurkan kamu mendapatkan aplikasi dari paket laptop kamu saat pertama beli.

9. Menggunakan Laptop di tempat yang kotor dan Jarang Membesihkan Laptop
Saat kamu ingin menggunakan laptop, bersihkanlah terlebih dahulu tempat dasar yang ingin kamu letakkin. Dengan cara ini dapat mengantisipasi kamu dari kemasukkan debu pada komponen dalam perangkat kamu, jika hal ini terjadi maka laptop kamu akan cepat overheat (panas).

Tetapi bukan hanya tempat dasar saja yang harus kamu perhatikan, kamu juga harus selalu menjaga kebersihan laptop kamu, debu debu yang dibiarakan saja menempel, akan menyebabkan peforma laptop kamu menurun.

Selain itu, debu yang menempel dilayar juga akan menganggu kamu dalam menggunakan laptop atau bermain game. Ada baiknya kamu membersihkan layar laptop kamu paling tidak seminggu sekali, dan untuk bagian dalamnya 3 bulan sekali.

10. Membongkar Laptop Sendirian
Apabila kamu ingin membersihkan bagian dalam, ataupun jika ada bagian yang bermasalah atau rusak. Maka pengguna tidak disarankan membongkar laptopnya sendirian, terkecuali memang kamu sudah punya  pengalaman atau keahlian dibidang ini. Namun apabila tidak, kamu lebih baik memperbaiki di tempat service center resmi atau kepada orang yang mempunyai pengalaman dan keahlian.

Membongkar laptop sendiri tanpa ada ilmu dan pengalaman, bukannya makin memperbagus laptop tapi malah membuat laptop yang awalnya rusak menjadi tambah rusak.

Jadi itulah beberapa kebiasaan buruk yang kamu anggap sepele tapi dapat mempercepat laptop kamu rusan dan menjadi lambat. Sebaiknya segera hilangkan kebiasaan tersebut jika ingin laptop kamu bertahan lama. Semoga bermanfaat dan terimakasih

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel