Kenapa Ponsel Terlalu Panas ? Ini dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dutormasi.com -Beberapa dekade terakhir adalah waktu yang mengagumkan. Ditambah sepertinya smartphone atau ponsel pintar pun lebih semakin pintar setiap tahunnya. Padahal saat pertama keluar, ponsel itu awalnya berbentuk seperti batu bata yang hampir tidak muat lagi saat ingin memasukkan ke saku, kemudia beralih menuju ke ponsel-ponsel kecil yang hampir setiap waktu terselip dan dengan mudahnya hilang di dalam tas ataupu dompet. Kemudian sekarang ini, perlahan-lahan lagi kembali ke ponsel besar, tetapi yaa pastinya dengan perbedaan besar dong. Seperti yang kita sebutkan sebelumnya, Makin Pintar. Bahkan mungkin lebih pintar dari penggunanya . wkwkwk


Dengan kemampuanannya, smartphone dapat memudahkan penggunanya dalam mencari informasi apa saja dalam sekejap mata. Tapi walaupun demikian, Setiap apapun yang punya kelebihan pasti juga punya kekurangan dong. Terdapat masalah masalah smartphone kini yang tidak dapat dihindari. Masalah itu membuat kenyamanan pengguna itu cukup rentan menjadi rusak dalam hitungan detik pula, ya apalagi kalau bukan karna Overheat atau panas yang berlebih.

Ada beberapa penyebab yang paling umum memanasnya ponsel, yaitu sebagai berikut :

1. Cuaca

Ya ini penyebab yang pertama menurut dutormasi yang memengaruhi panasnya ponsel, karna bisa saja dalam cuaca panas, ponsel kamu dapat memanas samapi 43 derajat celcius, walaupun kamu sudah memakai AC diruangan tersebut.

2. Arus Listrik yang berlebih

Panas yang berlebih biasanya juga dipicu oleh arus listrik yang mengalir melalui smartphone kamu saat ia memproses sesuatu. Semakin sulit prosesnya maka semakin banyak pula arus listrik yang akan dibutuhkan. Dan pastinya semakun banyak pula yang dihasilkan. Penyebab yang paling umum arus listrik yang berlebih ini adalah ketika kamu menjalankan permainan atau game, kenapa begitu?

Ya karna permainan ponsel modern sekarang tidak ada bedanya dengan permainan komputer ataupun laptop kamu. Dan  bila dibandingkan dengan smartphone kamu dengan sebuah PC tua, terbukti perangkat keras pada ponsel memang jauh lebih modern dan lebih baik dari ukuran yang sekecl itu, tetapi ukuran pada ponsel ini lebih membatasi ventilasi prosesor, dan itu akan membuatnya cepat memanas dan bisa saja hanya setengah jam permainan yang dilakukan terus menerus.

3. Mengisi daya berlebihan

Kamu pasti pernah bermain smartphone dengan keadaan sambil mengecas atau mengisi daya kan. Biasanya sih ketika kamu nonton streaming tu. Tahu gak kamu akibatnya melakukan itu? Hanya dua menit streaming saja itu bisa menyebabkan ponsel kamu memanas dan apalagi dalam keadaan mengisi daya baterai, Pasalnya bukan hanya prosesor yang dapat membuat ponsel mu panas, baterai juga bisa memanas. Karena baterai merupakan salah satu sumber listrik pada ponsel.

Tidak mengisi daya terlalu penuh adalah aturang yang paling penting terhadap semua alat, termasuk smartphone kamu, Selalu pertahankan batrai terisi 80% atau 90%. Maka baterai smartphone kamu akan lebih awet dan tahan lama. Tetapi jika kamu membiarkan ponsel kamu terisi daya berlebihan, artinya kamu sedang mengundang masalah.

4. Banyaknya Aplikasi yang berjalan

Kalian harus tahu dan ingat aplikasi yang sudah kamu matikan, sebenarnya tidak mati sepenuhnya. Dan mungkin selalu bekerja dilatar belakang, sehingga terlalu membebani prosesor dengan pekerjaan dan dengan cepat menyedot baterai. Hal itu membuat smartphone kamu terus selalu bekerja, walaupun dalam keadaan mati.

5. Koneksi yang tidak stabil

Apakah kamu tahu koneksi juga dapat membuat ponsel kamu memanas ? Contoh saja wifi, Wifi ini juga dapat membuat baterai panas, tetapi itu hanya terjadi jika koneksinya tidak stabil, Ya karna ponsel akan melakukan banyak pekerjaan untuk membuatnya tetap stabil. Dalam situasi biasa, itu tidak akan menjadi suatu yang serius bagi ponsel kamu, karna semua ponsel sekarang telah dioptimakan dengan baik.

Jadi sebenarnya memanas ponsel itu disebabkan oleh penggunaan prosesor dan baterai yang berlebihan, dan pastinya akan membahayakan prosesor dan baterai kamu. Tetapi tidak akan sampai meledak kok :D . Tetapi akibat yang bisa kita lihat adalah ponsel kamu akan terasa lambat dan kehilangan daya atau baterai lebih cepat.

Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk menghindari panas berlebih pada ponsel kamu, dan ini dapat kamu lakukan dan terapkan dalam kegiatan sehari hari. Sebagai berikut ini :

1. Jangan Membeli Kabel Charger yang murahan

Setiap baterai mengalami penurunan secara konstan, sekalipun bisa di isi daya nya lagi. Dan daya tahan rata rata setiap ponsel hanya dua tahun, setelah itu maka tidak dapat dihindari lagi baterai akan tidak bekerja dengan baik, ya pastinya termasuk menjadi lebih panas.

Terutama bila kita menggunakan kabel pengisi daya yang murah dengan kualitas rendah, kabel pengisi daya ini juga menjadi penyebab panasnya baterai, karena suhu diatas 30 derajat celcius akan menurukan kerja suatu ponsel. Jadi usahakan lah menggunakan kabel charger yang berkualitas bagus.


2. Memakai Sarung Ponsel yang berbahan dasar Slikon

Memakai sarung dengan slikon akan membantu kamu dalam mengurangi panas ponsel kamu. Dan jika ponsel kamu terlalu panas, kamu harus melepas sarungnya secara menyeluruh dan cobalah mendinginkannya. Lebih baik dengan kipas, dan jangan masukkan ponse kamu kedalam kulkas yaa :D Karna itu tidak akan membantu sama sekali.

3. Jangan Mengisi daya yang berlebihan

Mengisi daya yang berlebihan juga akan menyebabkan ponsel kamu cepat memanas, di tambah lagi kamu mengisi daya menggunakan kabel yang kualitas rendah. Itu membuat plus plus overheat. Biala itu terjadi, berikanlah waktu tambahan 15 menit kepada ponsel kamu untuk mendinginkan diri, dan itu akan menutup kerugian ponsel kamu yang mulai terlalu panas, jika masalah tetap terjadi pertimbangkan lah untuk mencabut baterai.

Tapi beda hal dengan smartphone yang menggunakan baterai tanam , itu lebih berisiko.  Dalam hal ini ya bisa saja kamu harus mengganti seutuhnya, tetapi bila masih dalam masa garansi maka itu lebih baik.

4. Turunkan tingkat kecerahan Layar ponsel

Hal ini bukan saja mencegah panas yang berlebih, tetapi juga merupakan cara yang baik untuk memperpanjang daya tahan baterai kamu. Karna kebanyakan orang belum mengetahui jika menggunakan tingkat kecerahan layar tinggi, itu membuat kerja prosesor lebih banyak. Dan membuat ponsel pintar kamu menjadi lebih cepat panas.

5. Matikan atau tutup aplikasi yang tidak digunakan lagi

Seperti dipenjelasan sebelumnya, jika kamu mematikan ponsel kamu, itu sebenarnya ponsel kamu belum mati sepenuhnya. Karna masih banyak aplikasi yang belum tutup di latarbelakang ponsel kamu. Sehingga ponsel kamu dituntut dan dipaksa untuk bekerja dan memenuhi prosesor.

6. Matikan lah Koneksi atau Data Seluler

Jika kamu tidak membutuhkan Wifi ataupun data seluler dalam penggunaan ponsel, maka lebih baik dimatikan saja. Itu juga merupakan salah satu mencegah baterai kamu cepat memanas.

7. Bersihkan debu pada bagian belakang mesin ponsel kamu

Ini merupakan cara mencegah ponsel lebih memanas yang opsional, artinya boleh dilakukan dan boleh tidak. Karna tidak semua orang bisa ataupun pandai membuka bagian belakang belakang ponsel. Tetapi jika kamu pandai, maka kamu dapat membuka dan membersihkan debu yang biasa menumpuk di bagian belakang ini.

Baca Juga :



Dalam hal ini, debu akan berperan seperti bulu-bulu di dalam jaket. Yang artinya menahan semua panas didalam dan mencegah ponsel mendingin. Kamu dapat menghilangkan debu menggunakan sekaleng udara bertekanan dan kamu dapa membelinya di toko elektronik di tempat kamu.

Dan akhirnya, jika beberapa cara yang disebutkan diatas juga tidak berpengaruh pada panasnya ponsel kamu. Dan kamu juga kesulitan mencari cara agar bisa mendinginkannya. Ya mungkin kamu sudah memakai ponsel kamu terlalu lama, dan saran saya untuk mengganti smartphone atau ponsel pintar yang baru. Lagi pula ponsel ponsel sekarang lebih bagis dan telah terproteksi dari panas yang sudah terpasang di dalam ponsel tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan informasi yang berhubungan dengan ponsel kamu di dutormasi.com

Semoga bermanfaat dan Terimakasih :)

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel