Cara Membuat Folder Baru Windows 7, 8 dan 10 Untuk Para Pemula

Dutormasi.com –Windows merupakan sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft dengan memiliki grafis User Interface (UI) yang terbaik dan terbanyak pemakainya di dunia ini. Karena kemudahannya, maka memang tak bisa dipungkiri pengguna barupun bisa langsung menguasai operasi dasarnya, seperti menghapus file, menyimpan, menyalin, memindahkan folder dan file tanpa harus mengalami kesulitan.

Dutormasi pun menjadi pengguna lama Windows, dan tentunya sudah sangat paham sekali dalam membuat folder baru di Windows. Tahukah kamu folder itu apa? Folder adalah sebuah tempat untuk menyimpan banyak file, folder lain dan juga termasuk aplikasi. Folder baru biasanya akan digunakan untuk mengelompokkan atau menempatkan file dan folder yang sejenis sehingga akan lebih terorganisir dengan baik, memudahkan dalam mencari file atau folder serta memercepat kita dalam membuat backupan data.

Namun bagaiman sih caranya membuat sebuah folder baru? Mungkin bagi kamu yang pemula atau baru pertama kali mengoperasikan sistem operasi windows masih banyak yang belum tahu atau belum paham caranya. Folder baru ini bisa kita gunakan untuk menyimpan file baik itu gambar, musik, video, dokumen dan lain sebagainya.

Baca Juga :


Terdapat 5 cara yang telah dutormasi rangkum untuk membuat folder baru di sistem operasi windows, ada yang melalu file Explorer,melalui command prompt (CMD), dan melalui shortcut keyboard. Sudah penasaran kan? Kalau sudah, simak terus artikel ini sampai habis yaa. Selamat menyimak!!

1. Membuat Folder baru Melalui File Explorer

File Explorer merupakan sebuah aplikasi bawaan dari sistem operasi windows yang digunakan untuk mengelola file dan folder. Pada file explorer, kamu dapat membuat sebauh folder baru dengan sangat mudah. Terdapat dua cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat folder baru di file explorer yaitu melalui tab menu home dan melalui menu pintas (Shortcut menus) :
Melalui tab menu home :


  1. Pertama buka atau jalankanlah terlebih dahulu file explorer, bisa melalui ikon file explorer atau juga bisa langsung di taskbar windows. 
  2. Kemudian untuk membuat folder baru di file explorer, pada halaman file explorer yang terbuka, (a)pilihlah menu atau tab home, (b) lalu pilihlah New Folder.


3. Maka buatlah nama sesuai yang kamu inginkan, jika telah selesai tekan tombol Enter pada keyboard. Maka folder baru pun telah terbuat.

Melalui Menu Pintas (Shortcut menus) :
1. Sama seperti sebelumnya, bukalah terlebih dahulu file explorer pada ikon file explorer atau taskbar windows.
2. Lalu pilihlah tempat untuk menambahkan sebuah folder, kemudian klik kanan pada mouse diarea uang kosong.
3. Kemudian keluar tampilan menu pintas, pilihlah New.
4. Setelah itu akan keluar submenu dengan banyak pilihan, tapi pilihlah Folder.

5. Setelah itu buatlah nama foldernya. Maka tekanlah Enter jika sudah merasa pas atau sesuai kenginan.
Maka secara otomatis folder pada file explorer akan terbuat, dan folder pun sudah siap di isi dengan file dan folder lainnya.

2. Membuat Folder Melalui Command Prompt (CMD)

1. Pertama untuk membuka program Command Prompt (CMD) kamu dapat menekan kombinasi tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketikkan cmd dan kliklah tombol OK.

2. Setelah masuk ke Command Prompt (CMD) terbuka, maka drive yang pertama terhubung adalah local (C:) , apabila kamu ingin mengubah dari drive (C:) ke Drive (E:) kamu hanya perlu mengetikkan E: kemudian tekanlah tombol Enter di keyboard. Maka secara otomatis Command Prompt akan terhubung pada drive (E:)
3. Kemudian apabila kamu mengingkan membuat folder di dalam sebuah folder, maka perikanlah sebuah perintah cd namafolder. Misalnya nama folder kamu adalah dutormasi, maka berikan perintah cd dutormasi.
4. Dan untuk membuat folder baru, maka berikanlah perintah mkdir atau md. Misalnya ingin membuat dengan nama folder Ridha, maka berikanlah perintah mkdir Ridha  , lalu tekan tombol Enter pada keyboard.

Baca Juga : Metodologi dan Proses Pengembangan Perangkat Lunak | INFORMATIKA DIJAMIN LENGKAP !

5. Lalu jika kamu ingin membuat beberapa folder sekaligus maka kamu bisa menggunakan perintah md, contoh ingin membuat 2 folder dengan nama Muhammad dan Ridha. Maka kamu hanya perlu menggunakan perintah md Muhammad Ridha, lalu tekanlah Enter. Namun apabila hanya membuat 1 folder dengan 2 kata, kamu dapat melakukannya dengan perintah md “Muhammad Ridha”, bedanya hanya terdapat pada petik duanya saja.

3. Membuat Folder Melalui Shorcut Keyboard

Cara ini terbilang sangat mudah dibandingkan dengan yang lainnya yaitu cara membuat folder baru melalui shortcut atau kombinasi tombol keyboard. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + N pada keyboard secara bersamaan, maka secara otomatis folder baru akan terbuat dengan sendirinya.

4. Membuat Folder baru di dalam Folder

1. Caranya pertama bukalah File Explorer dengan icon file explorer atau pada taskbar windows.
2. Lalu carilah folder yang diinginkan untuk diisi folder baru, lalu klik kanan pada mouse di folder yang di isi.
3. Maka akan terlihat seperti dibawah ini, terus pilihlah opsi New dan Kliklah Folder.

4. Lalu berilah nama folder sesuai yang kamu inginkan dan folderpun sudah siap diisi dengan file lainnya.

5. Membuat Folder baru di Desktop

1. Langkah pertama pergilah menuju ke layar dekstop pada laptop atau komputer kamu.
2. Kemudian klik kana pada area kosong dekstop, dan pilihlah opsi New.
3. Setelah itu akan nampak submenu dengan beberapa pilihan dan pilihlah Folder.


4. Lalu berilah nama folder sesuai yang dingginkan, dan apabila sudah selesai tekan Enter.
Maka folder baru pada dekstop pun berhasil di buat. Sangat mudah kan?
Beberapa cara membuat folder baru diatas dapat kamu pakai sesuai dengan kondisi yang kamu ingingkan. Dan dapat diterapkan saat ingin membuat folder di flashdisk maupun hardisk ekternal. Dan apabila kamu sudah paham dan telah menguasai lima cara membuat folder di atas, maka sudah dengan mudah memahami membuat folder baru pada sistem operasi windows dengan mudah.
Demikianlah pembahasan yang dapat dutormasi berikan mengenai car membuat folder baru pada laptop windows untuk pengguna pemula. Semoga pembahasannya mudah dimengerti  dan dapat bermanfaat serta membantu kamu dalam membuat folder baru pada laptop atau komputer kamu yang berbasi windows.

Sekian dan terimakasih!!!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel