Pengertian Flashdisk beserta Fungsi, Cara Kerja, Sejarah , Kelebihan dan kekurangannya

Dutormasi.com -Sekarang ini kita masuk pada zaman teknologi yang semakin hari terus berkembang dan modern. Dan bisa dibilang kemajuan teknologi sekarang ini  juga semakin cepat dan tidak bisa dihentikan lagi. Perkembangan dalam dunia komputer tidak hanya tertuju pada perangkat utama saja, seperti software aplikasi dan sistem operasi, namun sekarang ini sudah banyak ditemukan perkembangan yang spesifikasi pada hardware yang digunakakan seperti processor, RAM, VGA, Memori Internal dan Eksternal.

Pengertian Flashdisk  beserta Fungsi, Cara Kerja, Sejarah , Kelebihan dan kekurangannya
Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali memori eksternal yang dapat menyimpan berbagai format data secara permanen yang beredar pada saat ini, salah satu memori eksternal yang ikut mengalami perkembangan adalah Flashdisk. 

Flashdisk merupakan sebuah media penyimpanan yang sekarang ini sangat banyak digunakan olehh pengguna, hal itu disebabkan  mudahnya flashdisk tersebut dibawa kemana mana karena ukurannya yang kecil dibandingkan media penyimpanan eksternal lainnya. Namun sesuai dengan ukurannya, kapasitas yang bisa disimpan dalam flashdisk pun masih terbatas dibandingkan harddisk. Nah, pada kesempatan kali ini dutormasi akan sedikit membahas tentang pengeritan flashdisk secara lengkap, fungsi flashdisk, sejarah flashdisk, cara kerjanya, dan kelebihan serta kekurangannya. Oke kita langsung saja, simak terus sampai habis artikelnya yaa :)

Apa itu Pengertian Flashdisk?

Flashdisk atau juga bisa kita sebut dengan USB Flash Drive adalah salah satu media penyimapan data portabel yang dapat kita hubungkan ke komputer aau laptop melalui port USB-nya. Pada awalnya flashdisk atau USB Flash Drive tidak seperti sekarang yang penggunanya banyak sekali, bahkan ukuran penyimpanan flashdisk juga tidak sebesar sekarang yang bisa sampai GB (Gigabyte), dimana dengan penyimpanan sebesar itu kta sudah bisa menyimpan banyak sekali file. 

Flashdisk ini dapat menyimpan data kita secara permanen meskipun aliran listrik pada rangkaian flashdisk kita pustuskan. Hal ini terjadi karena di dalam flashdisk tersebut terdapat sebuah controller dan memori yan mampu menyimpan semua data secara permanen walaupun terjadi aliran listrik yang ada pada flashdisk telah diputuskan oleh user atau pengguna.  Untuk informasi lebih lanjut tentang flashdisk, kamu dapat menyimak sejarahnya berikut ini . 

Bagaimana Sejarah Perkembangan Flashdisk?

Seperti penjelasan sebelumnya, flashdisk merupakan sebuah media penyimpanan yang sangat terkenal dan terbanyak digunakan oleh pengguna. Namun perlu kalian ketahui, bahwa flashdisk ini pertama kali muncul hanya memiliki ukuran 512 MB (Megabyte) atau setara 1/2 (setengah) Gigabyte saja. Ukuran penyimpanan ini bahkan masih terbilang kecil dibandingkan dengan ukuran CD dan DVD yang dapat menyimpan file mencapai 700MB. 

Namun seiring berjalannya waktu, flashdisk terus dikembangkan oleh banyak orang dan menjadi sesuatu yang wajib dibawa oleh orang-orang . Bahkan bagi kamu yang belum memiliki laptop atau komputer, kamu dapat membeli dan memiliki flashdisk dengan tujuan untuk menunjang aktifitas seperti bekerja, kuliah, sekolah dan lain lain. Flashdisk sekarang ini sudah sangat mengalami kemajuan terbukti dengan adanya peningkaan dari segi kapasitas atau ukuran penyimpanan, dimulai dari 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 Gb, 32 Gb, 64 GB sampai dengan ada yang berkapasistas 1 TB dimana ukuran ini sangatlah besar dan sebanding dengan sebuah harddisk. 

Dengan banyaknya variasi kapasitas penyimpanan yang dimiliki flashdisk ini , membuat memori penyimpanan seperti Disket ataupun CD - ROM sudah tidak eksis lagi, bahkan keberadaannya pun sudah sangat susah ditemukan. Sekarang ini di pasaran sudah banyak beredar berbagai jenis flashdisk dari berbagai macam merek dan dengan ukuran penyimpanan yang sangat beragam hal itulah yang membuat Disket atau Keping CD - ROM tersebut dianggap kurang efektif dan efisien dibandingkan Flashdisk. 

Dengan ukurannya yang kecil dan simpel, terbilang sangat wajar saja banyak orang-orang lebih senang menggunakannya. Dan flashdisk ini pun termasuk golongan komponen hardware yang bersifat non volatile, artinya data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun flashdisk dicabut atau tidak dialiri listrik lagi. Selain itu pengguna flashdisk juga terbilang sangat efektif dan efisien karena data yang tersimpan didalamnya dapat kita rubah kapanpun dan dimanapun setiap saat. 


Fungsi Flashdisk

Dari penjelasan sebelumnya mungkin kebanyakan dari kalianpun sudah tahu funsgi dari flashdisk ini kan, yupp benar sekali. Fungsi flashdisk adalah sebagai media penyimpanan file. Dengan adanya flashdisk ini, kamu dapat menyimpan file maupun data berupa gambar, tulisan, mp3 ,video, video, aplikasi , dokumen dan banyak lagi lainnya.

Namun tidak bukan sebagai menyimpan file saja, flashdisk ini juga bisa kita gunakan untk memindahkan file yang ada di flashdisk dari PC dan Laptop. USB Flash Drive ini juga bisa digunakan untk menginstall SO (Sistem operasi) seperti Linux, Windows, dan lainnya jika kita ingin dibuat bootable.

Dikarenakan media eksternal flashdisk ini digunakan untuk menyimpan file, maka keberadaannya sangatlah penting untuk memudahkan pekerjaan. Dengan ukurannya yang mungil serta mudah dibawa kemanapun, membuat flashdisk ini sangat cocok untuk berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahaiswa, pekerja kantoran bahkan masyarakat umum sekalipun.

Keperluan untuk memindahkan berbagai macam file yang ada dengan tujuan melakukan backup data pun juga semakain dipermudah mengingat fungsi flashdisk ini yang komptabibel di hampir semua perangkat yang ada. Selain bisa kamu gunakan pada komputer dan laptop, USB Flash Drive ini bisa kamu gunaka untuk menyimpan lagu-lagu di dalam mobil kamu.

Baca Juga : 



Bagaimana Cara Kerja Flashdisk?

Cara menggunakan flashdisk atau USB Flash Drive ini sangatlah mudah, ya cara kerjanya kamu hanya cukup memasukkan atau menancapkan flashdisk tersebut ke port USB yang ada pada Komputer maupun laptop yang kamu miliki sampai ada muncul alert atau notifikasi bahwa flashdisk sudah masuk dan terbaca di komputer dan laptop kamu. Setelah notifikasinya muncul, kamu dapat melihat file penyimpanan kamu dan memastikan flashdisk kamu sudah terbaca atau belum di My Komputer. Jika sudah terbaca maka kamu sudah dapat memindahkan, mengambil, menukar, dan menyimpan di flashdisk tersebut. Mudah sekali bukan?

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk?

Sebagai media penyimpanan eksternal yang dibuat manusia, maskipun flashdisk ini sangatlah simple dan mudah digunakan tetap saja flashdisk masih banyak memilki kekurangan. Karena kita tahu, bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini apalagi itu ciptaan dari manusia yang tentunya pasti memilki kekurangan dan kelebihannya. Nah, berikutlah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui apabila ingin membeli flashdisk :

Kelebihan Flashdisk


  • Kelebihan pertama yang menjadi daya tarik utama dari flashdisk ini adalah ukurannya yang sangat kecil dan simpel namun dapat menyimpan banyak file yang cukup besar. Semakin besar kapasitas ukuran penyimpanan flashdisk, maka semakin banyak pula file yang dapat kamu simpan, namun bentuknya tetap saja sama kecil. 
  • Harganya yang cukup murah membuat flashdisk ini menjadi cukup populer dan banyak dibeli-digunakan oleh banyak kalangan bawah seperti pelajar, mahasiswa dan juga masyarakat umum.
  • Flashdisk ini dapat kamu juga digunakan sebagai media instalasi berbagai macam Sistem operasi seperti Linux, Windows dan lainnya dengan terlebih dahulu perangkat harus dijadikan bootable. 
  • Sangat mudah digunakan, flashdisk ini tidk memerlukan instalasi serta memakan waktu terlalu lama. Kana kamu hanya harus memasukkan atau menancapkan flashdisk ke port USB pada laptop atau komputer yang kamu gunakan. Setelah itu kamu dapat menggunakannya melalu My Computer atau File Explorer Perangkat digunakan. 
  • Umur flashdisk yang panjang apabila digunakan dengan benar membuat flashdisk akan semakin meminimalisir kerusakan dan terjangkitnya virus yang berasal dari komputer dan internet yang kamu gunakan. Dengan berhati-hati saat mencabut flashdisk akan membuat file yang tersimpan akan aman dan mencegahnya dari kerusakan. 

Kekurangan Flashdisk

  • Dibalik ukuran flashdisk yang kecil, simpel dan mudah dibawak kemana mana membuat kamu malah harus lebih berhati-hati ketika membawa Flashdisk untuk berbagai keperluan. Karena hal itu juga menjadi suatu sebab kemungkinan hilangnya atau terjatuh semakin besar. 
  • Selain bisa hilang kececer, flashdisk juga harus disimpan dan dijauhkan dari api dan air karena dapat menyebabkan kerusakan. Apalagi kalau kelupaan saat mengambil flashdisk di kantong celana, hal itu dapat menyebabkan flashdisk ikut tercuci bersama celana dan baju. 
  • Penggunaan flashdisk oleh anak-anak memang harus dibawah pengawasan penuh dari orang tua agar tidak disalahgunakan untuk menyimpan file-file yang berbau negatif seperti film dan gambar porno yang sepantasnya belum boleh dilihat anak dibawah umur. 
Jadi itulah pembahasan tentang flashdisk dari pengertian flashdisk, fungsi flashdisk, cara kerja flashdisk serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan kamu tentang flashdisk. Apabila kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share atau bagikan ke teman teman terdekat kamu yaa. 

Semoga bermanfaat dan terimakasih!!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel