Cara Membuat Halaman dan Numbering pada Miscrosoft Word Mudah Lengkap untuk Windows dan Mac Os

Dutormasi.com - Microsoft Word menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh pelajar, orang kantoran bahkan seorang freelancer. Dan bisa dibilang aplikasi ini wajib dimiliki dan wajib bisa menggunakan oleh pelajar dan mahasiswa agar bisa menyelesaikan skripsi. Salah satu yang harus diketahui ialah Cara membuat halaman di Word. Membuat Halaman pada aplikasi microsoft word sangatlah simple dan mudah. Kamu tidak perlu mencari tombol yang tersembunyi karena langsung disajikan di tab insert.



Halam di dokumen digunakan sebagai penanda atau navigasi yang sangat membantu. Selain itu, dokumen juga menjadi lebih rapi karena tentunya Microsoft Word memberikan perintah dan gaya yang bisa dipilih dalam penulisan halaman pada dokumen.

Berikut adalah cara membuat halaman di Microsoft Word, yang dilansir langsung dari laman resmi Microsoft. Silahkan menyimak

Cara Membuat Halaman di Word untuk Sistem Operasi Windows

  1. Bukalah dokumen yang akan diberi halaman
  2. Lalu klik Insert, dan pilih Page Numbering. Kemudiaan atur lokasi halaman dan gaya yang diinginkan. 
  3. Apabila tidak ingin nomor halaman pada dokumen terlihat di halaman pertama, maka kliklah Different First Page
  4. Dan apbila nomor halaman 1 akan dimunculkan di halaman kedua, pilih Page Number, klik Format Page Numbers, lalu atur Start at dan isi menjadi 0 (nol)
  5. Setelah selesai, kliklah Close Header and Footer atau kamu bisa klik Esc (escape)
  6. Untuk mengedit kembali, bisa klik dua kali di nomor halaman. 
Baca Juga : 

Cara Membuat Halaman di Word untuk Sistem Operasi Mac 

  1. Buka dokumen yang akan diberi halaman 
  2. Lalu klik Insert, pilih Page Number, klik Page Number
  3. Kemudian Atur location/lokasi halaman (bootom dan top of page) dan alignment (center, left, right, inside dan outside)
  4. Untuk merubah gaya penomoran, klik saja Format dan pilih pengaturan yang diinginkan
  5. Dan klik OK
Tidak hanya itu kamu juga bisa membuat halaman berbeda di Microsoft Word. Berikut adalah 6 cara paling mudah dan lengkapnya. 

Cara Membuat Halaman Berbeda di Microsoft Word

1.Pertama yang harus kamu lakukan adalah klik Insert untuk membuat nomor halaman, pilih Page Number, kemudian pilihan yang bisa kamu pilih sebegai berikut : 
  • Top of Page : nomor halaman akan berada di bagian atas halaman
  • Bottom of Page : nomor halaman akan berada di bagian bawah halaman
  • Page Margin : nomor halaman akab verada di bagian kiri atau kanan halaman
  • Current Positions : menu ini akan menempatkan nomor halaman sesuai dengan letak kursor, tergantung di posisi mana kamu meletakkan kursornya. 
2. Klik tab Header and Footers tools, klik Page Number, dan pilih Format Page Numbers untuk menentukan bagaimana format yang diinginkan. Kamu dapat memilih jenis romawi (i, ii, iii, dst), angka (1, 2, 3, dst), dan huruf (a, b, c, dst).

3. Lalu pilih Start at dan ketik nomor yang diinginkan. Kemudian klik OK.

4. Letakkan kursor diantara halaman yang akan dibedakan nomor halamannya. 

5. Klik tab Page Layout, terus pilih Page Break lalu Next Page.

6. Klik dua kali pada nomor halaman yang akan diganti. Pilih Page Number lalu kli Format Numbers. Maka angka di halaman bisa diganti sesuai kenginan. 

Jadi itu beberapa cara membuat halaman atau numbering pada halaman di Microsoft Word dengan berbagai sistem operasi baik itu Windows maupun Mac Os. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu, dan selalu suport website kami dengan membagikan artikel ini kepada teman kalian, agar teman kamu juga mendapati pengetahuan pada website kami. 

Semoga bermanfaat dan Salam Dutormasi!!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel