8 Bahasa Pemrograman Paling Populer yang Sering Digunakan

Dutormasi.com -Perlu diketahui bahwa perkembangan teknologi itu sangatlah cepat sekali,perkembangan tersebut banyak sekali merubahi dunia teknologi diantaranya keluarnya aplikasi aplikasi yang canggih dan lain lain. Selain itu perkembangan tersebut juga memunculkan  jenis jenis bahasa pemrograman yang sangat canggih dan tentunya bisa anda gunakan untuk membuat software.

Sebelum kita masuk ke pembahasan ,apakah kalian tahu apa pengertian bahasa pemrograman ? Nah kalau kalian belum tau , biar saya jelaskan , bahasa pemrograman atau biasa disebut dengan kode yang hanya bisa demengerti oleh komputer ini  adalah sebuah bahasa  yang bisa anda gunakan untuk membantu membuat aplikasi , website , game dan software software lainnya.


Seiring perkembangan zaman , model model bahasa pemrograman yang rilis juga banyak jenisnya malah sampai sampai setiap bulannya ada saja bahasa pemrograman yang dikategorikan sebagai bahasa pemrograman yang populer. Selain itu , jenis jenis bahasa pemrograman tersebut juga memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda beda , oleh karena itu gunakan lah bahasa pemrogram sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

Sepeti yang saya katakan sebelumnya , bahwa bahasa pemrograman itu  memiliki jumlah jenis jenis  yang banyak dan tentunya berbeda dalam kegunaan. Lalu apa saja bahasa pemrograman yang populer digunakan sekarang ? tentu kalian pengen tau kan ? Maka  sebab itu dutormasi akan membahas bahasa pemrograman apa saja yang bisa anda gunakan dan tentunya populer dizaman sekarang.



8 Bahasa Pemrograman  Paling Populer 
Banyak jenis bahasa pemrograman yang ada didunia ini , tetapi dari banyak jenisnya bahasa pemrograman tersebut tentunya ada bahasa pemrograman yang sering digunakan dan pupuler sekali di lingkungan para programmer. Apa saja bahasa pemrograman populer tersebut ? simak lah penjelasan dibawah ini.

1. Java
Bahasa pemrograman java merupakan salah satu bahasa permrograman yang sudah berumur dari era 1990 an , jadi umur bahasa pemrograman ini sudah lebih dari 20 tahun. Salah satu penggunaan terbesar pada java adalah pembuatan native untuk Android. Bahasa pemrograman ini juga telah dipakai oleh lebih dari 10 juta developer dan 15 miliar perangkat yang ada diseluruh dunia ini. Selain itu bahasa pemrograman java ini merupakan pondasi dari berbagai pahasa pemrograman seperti scala ,kotlin ,Groovy,jRuby,jython ,Cloujure dan lainnya yang memanfaatkan bahasa Java ini menjadi Virtual Machine sebagai rumahnya.

Baca Juga :
2.Bahasa C
Bahasa pemrograman C mulai dikembangan pada tahun 1972 yang dibuat oleh Dennis Ritchie untuk sistem operasi unix di bell telephone. Selain itu bahasa pemrograman C ini dibuat untuk memprogram suatu software dan jaringan komputer tetapi lebih sering digunakan untuk mengembangkan software/perangkat lunak aplikasi dari berbagai jenis platform operasi sistem, arsitektur komputer dan lainnya. Bahasa pemrograman ini juga sangat besar pengaruhnya bagi bahasa populer lainnya seperti Java, C++ dan lain lain.

Baca Juga :
3.Visual Basic
Kenapa bahasa pemrograman juga termasuk bahasa pemorograman yang populer ? ini karena bahasa pemrograman ini dikembangan oleh perusahaan terbesar didunia , apalagi kalau tidak microsoft.Visual basic menawarkan sistem pembuatan yang memudahkan programmer untuk membuat interface atau tatap muka. Untuk dinegara kita sendiri member pemakai bahasa pemrograman ini sekisar berjumlah 25 ribu lebih member .

4. C++
Bahasa pemrograman C++ ini adalah sebuah perkembangan dari bahasa sebelumnya yang saya jelaskak yaitu bahasa C. Bahasa pemrograman ini dikembangan oleh seseorang yang bernama Bjarne Stroust pada tahun 1980-an. Jadi kira kira umur dari bahasa pemrograman C++ ini adalah sekitar 30 tahunan.

Emang kenapa bahasa C dikembangkan ? berarti kurang bagus ya ? Bukan seperti itu teman teman , semua bahasa pemrograman pasti ada pembaruan dan tentunya mereka ingin seorang programmer saat memakai bahasa pemrograman ini tetap stay dan suka memakai bahasa pemrograman yang mereka dikembangkan . Oleh karena itu pada bahasa pemrograman C++ ini mereka mengembangkan bahasa pemrograman yang memiliki dukungan terhadap konsep berorientasi objek atau sering di sebut OOP ( Object Oriented Programming) .

5.JavaScript
Bahasa pemrograman Javascript juga termasuk bahasa pemrogram yang populer di internet. Alasan kenapa bahasa pemrograman ini populer karena JavaScript dapat bekerja disebagian di browser pupuler seperti internet, Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox dan jenis browser lainnya. JavaScript ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh netspace dan biasanya berfokus pada mengembangkan website. Maka sebab itu hampir semua website atau blog sekarang sudah menggunakan Javascrift agar website yang dibuat tampak interaktif dan dinamis.

6. PHP
Bahasa Pemrograman populer selanjutnya adalah bahasa pemrograman  PHP. PHP atau singkatan dari Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dari sisi server.Bahasa pemrograman ini banyak digunakan di Indonesia karena pemakaian nya gratis , yahhh tidak heran bahasa pemrograman PHP ini memunculkan web yang memiliki struktur yang dinamis. Website yang memakai bahasa pemrograman ini adalah Facebook,Wordpress dan lain lain.

7.Phyton
Kalau dibilang bahasa pemrograman phyton ini merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah digunakan, apalagi bagi kalian yang masih awam mempelajari bahasa pemrograman maka saya sarankan menggunakan bahasa pemrograman phyton agar mendapatkan logika dan algoritma dalam pemrograman. Bahasa pemrograman phyton ini biasanya digunakan untuk mengembangkan website, aplikasi mobile . Bukan itu saja , bahasa pemrograman ini juga mengembangan perusahaan besar seperti google, yahoo dan lain lain.

8.Kotlin
Bahasa pemrograman Kotlin ini adalah bahasa pemrograman yang biasanya sering disukai para programmer. Karena kebanyakan programmer sekarang itu lebih memilih untuk menggunakan bahasa java , dan bahasa pemrograman kotlin ini bisa anda operasikan dengan bahasa java tanpa batasan sama sekali. Selain itu kotlin ini juga berjalan dan memiliki sistem yang hampir sama dengan java, dan juga dapat bekerja dengan baik dengan semua library dan frameworks java.

Itulah bahasa pemrograman yang paling populer, yang saat ini sering digunakan. Mungkin masih banyak bahasa pemrograman populer lainnya yang ada didunia ini , tetapi menurut dutormasi bahasa pemrograman diataslah yang saat ini paling  populer untuk  digunakan. Apakah kalian memakai salah satu diantara bahasa pemrograman diatas ? wahhh kalau iya , berarti anda sangat beruntung sekali dongg , karena sudah menggunakan bahasa pemrograman paling populer yang telah dutormasi rangkum.

Nah jika anda memiliki bahasa pemrograman yang sering  digunakan dan menurut anda bahasa pemrograman tersebut juga populer , anda bisa mengirimkan pesan lewat menu contact saya pada menu bar dibawah sekali ini .

Terima kasih telah berkunjung diblog ini , dan semoga bisa membantu anda dalam ingin memilih bahasa pemrograman yang ingin dipelajari. Dan jangan lupa jika anda suka dan merasa postingan ini bermanfaat , silahkan anda share postingan ini keteman teman dekat anda .

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel