Analisis Kesulitan Kata Kunci: Cara Memilih kata kunci SEO yang tepat

Dutormasi.com-Kampanye SEO yang sukses hampir selalu bergantung pada kata kunci yang digunakan. Sebagai elemen yang cocok dengan string pencarian, mereka dapat mendorong situs web ke depan, membantunya peringkat di mesin pencari. Namun, signifikansi setiap kata kunci perlahan berkurang, dan pengoptimalan mesin pencari berbasis kata kunci kehilangan kekuatannya. Menyalahkan praktik topi hitam itu, bahkan ketika mereka sedang ditindak, telah meninggalkan efek yang bertahan lama. Ini karena sekarang ada faktor yang jauh lebih penting daripada kehadiran kata kunci:
  • Penempatan kata kunci lebih penting daripada frekuensi penggunaan. Artinya, menggunakan kata kunci dalam tag judul dan header memiliki bobot lebih daripada menggunakannya lima kali dalam konten.
  • Menggunakan sinonim lebih dari dapat diterima. Sekarang Google lebih canggih dalam menafsirkan data situs web, kekhususan kata kunci memudar. Jadi, bahkan jika frase kunci yang berbeda digunakan, selama mereka memiliki konteks yang sama, Google dapat menempatkan mereka dalam kategori yang sama persis, secara teoritis.
  • Pencarian semantik membuat perbedaan besar pada pencarian pengguna. Di masa lalu, Google membedah permintaan pencarian dengan kata-kata. Kueri penelusuran tentang "sepatu lari Utah", misalnya, akan mengembalikan apa pun yang mungkin terkait dengan sepatu lari, sepatu, dan bahkan acara di Utah. Tetapi dengan semantik pencarian, Google menginterpretasikan arti dari seluruh permintaan pencarian daripada hanya kata-kata saja.
Seiring dengan perubahan ini adalah kebutuhan untuk mengambil pendekatan berbeda untuk penelitian kata kunci. Kata kunci masih penting, tetapi mereka harus sempurna untuk benar-benar efektif. Jadi proses apa pun yang telah Anda ikuti selama Anda bisa ingat, Anda harus benar-benar lupa. Bahkan jika Anda peringkat, ternyata Anda telah melakukan penelitian kata kunci yang salah. Daripada meneliti volume tinggi, kompetisi rendah dan kata kunci BPK yang baik, atau kata kunci indeks semantik laten yang efektif, Anda harus menggunakan analisis kesulitan kata kunci.

Apakah yang dimaksud dengan Analisis Kesulitan Kata Kunci?

analisis kesulitan kata kunci

Kesulitan kata kunci didefinisikan sebagai faktor yang membantu menentukan seberapa mudah atau sulit bagi situs web untuk menentukan peringkat berdasarkan kata kunci tertentu. Jadi ini bukan lagi tentang ekor pendek atau ekor panjang, dan tinggi atau rendah, karena faktor-faktor lain sekarang ikut berperan, seperti berikut ini:
  • Jumlah halaman yang saat ini diurutkan untuk kata kunci tertentu
  • Jumlah halaman yang menawar kata kunci dalam kampanye pencarian berbayar
  • Volume dan biaya per klik kata kunci untuk bulan tertentu
Jika Anda ingin pergi ke spesifik, Anda juga perlu melihat pertanyaan yang harus Anda bersaing berdasarkan tiga elemen:
  1. Persaingan Anda atau jumlah halaman yang diindeks untuk permintaan tertentu
  2. Otoritas atau kekuatan peringkat situs web berdasarkan kuantitas dan kualitas tautan yang masuk
  3. Relevansi situs web berperingkat baik dalam hal bagaimana mereka cocok dengan permintaan pencarian tertentu dengan mempertimbangkan faktor-faktor, seperti peringkat di halaman dan sinyal di luar halaman.
Analisis kesulitan juga mencakup memperkirakan kesulitan kata kunci. Cara termudah untuk melakukan ini adalah untuk memeriksa hasil pencarian yang kuat dan lemah berdasarkan kata kunci atau frase kunci yang banyak digunakan. Antara "sepatu lari Utah" dan "sepatu lari Nike", yang terakhir lebih sulit untuk diperingkat, terutama untuk blog yang normal dan kurang populer. Tidak mungkin Anda bisa bersaing dengan blog otoritas tinggi.

Permintaan pencarian di "Pebble Time review" akan mengembalikan hasil berikut:

analisis kesulitan kata kunci gratis

Semua ini merupakan 10 hasil teratas yang kuat, yang jelas sulit diungguli oleh situs web yang kurang otoritatif.

Tetapi jika Anda menggunakan kata kunci berekor panjang, ada kemungkinan bahwa hasilnya akan mencakup forum, situs yang tidak relevan, video YouTube, Yahoo Answers dan situs web lain yang akan lebih mudah diungguli atau yang membuat hasil yang lemah. Jadi, yang Anda inginkan adalah kata kunci yang akan mengembalikan hasil pencarian yang lemah.

Tetapi karena tidak ada aturan yang sulit dan cepat dalam analisis kesulitan, Anda perlu menggunakan alat yang Anda inginkan. Alat kesulitan kata kunci dapat datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, sehingga untuk berbicara. Ini bukan hanya jenis perangkat lunak tertentu, tetapi serangkaian prosedur yang memungkinkan Anda mengidentifikasi kesulitan kata kunci.

Lakukan analisis kesulitan berdasarkan beberapa prinsip


Halaman yang bersaing

Cari tahu siapa pesaing Anda untuk kata kunci atau frasa tertentu. Cukup ketik istilah pencarian yang ingin Anda gunakan di mesin pencari dan periksa hasilnya. Sebagai blog atau bisnis, pesaing Anda adalah blog atau perusahaan lain yang menyediakan produk atau layanan yang sama, dan menggunakan serangkaian kata kunci yang sama. Sepuluh teratas adalah pesaing terkuat Anda.

Anda selanjutnya dapat mempersempit pencarian Anda dengan melihat ke jumlah halaman yang diindeks yang menggunakan istilah pencarian yang sama pada judul. Untuk melakukan ini, gunakan salah satu operator pencarian lanjutan Google "allintitle", yang akan menampilkan situs web tempat kata kunci muncul dalam judul.

Sekarang setelah Anda mengenal pesaing Anda, penting bagi Anda untuk tidak membuat keputusan berdasarkan data yang Anda kumpulkan. Cukup gunakan mereka sebagai indikator, karena ada banyak elemen lain yang akan membuat Anda keluar dari halaman pertama.

10 Hasil Pencarian Top

Jika Anda ingin menentukan metrik yang terlibat dalam kesulitan kata kunci, tentukan situs peringkat teratas yang terkait dengan istilah yang ingin Anda gunakan. Mendapatkan hasil itu mudah. Itu membuat pencarian non-personal yang menantang, meskipun bukan tidak mungkin. Anda hanya perlu menggunakan alat yang tepat untuk menghilangkan personalisasi pencarian Anda dan mendapatkan hasil yang lebih penting. Menggunakan browser Chrome dalam mode penyamaran adalah salah satu contoh yang baik. Apa yang dilakukan adalah menghapus hasil yang dikembalikan berdasarkan data pencarian dan preferensi, seperti iklan, berita, gambar, dan video YouTube.

Jumlah Tautan

Halaman berperingkat teratas cenderung memiliki sejumlah besar tautan eksternal dan domain yang menunjuk pada istilah-istilah kunci tertentu. Jika Anda menggunakan kata kunci yang sama, Anda pasti akan memiliki peringkat waktu yang sulit. Tetapi jika ada situs web peringkat teratas dengan hanya beberapa tautan langsung, Anda memiliki pintu peluang. Menggunakan Open Site Explorer atau Majestic SEO, Anda dapat memperoleh sejumlah tautan yang dimiliki situs web. Tetapi ketahuilah bahwa situs dengan sedikit tautan berkualitas tinggi dapat memiliki otoritas yang sama dengan situs dengan banyak tautan berkualitas rendah, oleh karena itu diperlukan analisis lebih lanjut.

Optimalisasi Off-Page

Seberapa kuat optimasi off-page situs web pesaing tercermin pada jumlah, otoritas, dan jenis tautan yang dimilikinya, termasuk backlink. Analisis kesulitan kata kunci akan melihat ke halaman otoritas, otoritas domain, kata kunci dalam teks jangkar dan keragaman unik menghubungkan domain akar.

Optimalisasi On-Page

Sekarang Anda tahu siapa pesaing Anda, cari tahu seberapa baik mereka dioptimalkan. Berpikirlah seperti mesin pencari dan cari sinyal berbeda yang akan membantu peringkat kata kunci Anda dengan mudah dan efektif.
  • Kata kunci dalam tag judul
  • Panjang tag judul
  • Kata kunci dalam H1
  • Kata kunci dalam teks alt gambar
  • Kata kunci dalam domain atau URL
  • Representasi kata kunci dalam teks jangkar atau tautan eksternal
  • Kualitas konten
  • Tingkat optimisasi (lebih optimal atau tidak)
  • Penggunaan praktik SEO yang dipertanyakan
  • Arsitektur tautan internal situs web
Anda juga dapat menjaga evaluasi Anda tetap sederhana dengan hanya memberi peringkat pada setiap optimasi halaman sebagai tidak ada, minimal, lebih, adil, baik atau baik, dan sangat baik. Terlepas dari langkah apa yang Anda ambil, proses ini membutuhkan banyak pekerjaan. Jika Anda ingin mengurangi jumlah usaha dan waktu yang Anda habiskan, Anda harus memfilter daftar kata kunci Anda ke ukuran yang dapat dikelola.

Lakukan analisis yang sulit menggunakan operator pencarian Google

Google dapat menjadi teman terbaik Anda dalam analisis kesulitan, dan tidak hanya mengetahui persaingan Anda atau kata kunci yang mereka gunakan. Untuk memaksimalkan Google, Anda harus menggunakan tiga operator khusus.

Seperti yang telah disebutkan, allintitle mengembalikan hasil yang berisi istilah pencarian Anda pada judul. allinurl , di sisi lain menampilkan hasil dengan kata kunci yang disertakan dalam URL, dan semua teks mengembalikan hasil pencarian dengan kata kunci yang muncul dalam konten.

Bagaimana Anda menggunakannya untuk keuntungan Anda? Menggunakan kata kunci "nike running shoes", misalnya, jalankan analisis kesulitan kata kunci di Chrome. Jangan lupa mencari dalam mode penyamaran untuk menjaga hasil organik dan non-personal. Perhatikan hasil total dan yang dikembalikan menggunakan alat pencarian lanjutan Google. Data yang Anda kumpulkan akan terlihat mirip dengan yang di bawah ini:

Kata kunci: sepatu lari

analisis kesulitan kata kunci untuk hasil total

Hasil dengan allintext: sepatu lari

analisis kesulitan kata kunci untuk hasil dengan semua teks

Hasil dengan allinurl: sepatu lari

analisis kesulitan kata kunci untuk hasil dengan allinurl

Hasil dengan allintitle: sepatu lari

analisis kesulitan kata kunci untuk hasil dengan semua judul

Apa yang dikatakan angka-angka itu kepada Anda?
  • Jika hasil total sama atau mendekati 1.000.000, Anda memiliki peluang peringkat yang lebih tinggi di halaman pertama.
  • Jika hasil dengan semua teks hanya 50% lebih dari total hasil, kesulitan kata kunci sangat tinggi.
  • Jika hasil dengan allinurl dan hasil dengan allintitle kurang atau mendekati 1.000, peluang peringkat di halaman pertama tinggi asalkan kriteria tertentu dipenuhi:
    • 2000+ kata posting blog mendalam
    • Optimalisasi gambar yang tepat
    • Skor Membaca Tinggi Flesch
    • Spee Muat Cepat
    • Saham Sosial yang Baik
    • Tautan Antar Efisien
    • Beberapa backlink DA, PA tinggi
    • Lakukan analisis kesulitan menggunakan pemeriksa khusus
Apa yang hebat tentang menggunakan operator pencarian Google adalah bahwa Anda akan tahu pesaing Anda selama penelitian Anda. Tetapi Anda selalu dapat mengambil jalan pintas melalui alat kesulitan kata kunci.

Lakukan analisis kesulitan kata kunci menggunakan alat kesulitan

Inspektur kata kunci
Ini adalah alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis betapa sulitnya menentukan peringkat kata kunci tertentu. Setiap istilah pencarian diberi peringkat Sangat Mudah, Mudah, Sedang, Sulit dan Sangat Sulit.

Alat analisis kata kunci Inspektur Kata Kunci

Untuk mulai menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu membuat akun. Setelah selesai, Anda kemudian dapat menjalankan analisis dengan mengetikkan kata kunci pada kotak input, memilih negara dan kemudian tekan "Kirim". Anda akan mendapatkan hasil yang ditabulasi, dengan analisis kesulitan kata kunci ditunjukkan di kolom terakhir. Sangat disarankan agar Anda menggunakan istilah pencarian yang berperingkat sedang atau kurang sulit.

Perhatikan, bagaimanapun, bahwa hasil pencarian dapat bervariasi dari satu negara ke negara lain. Jadi jangan membuat keputusan berdasarkan pada mereka sendiri. Sebagai gantinya, gabungkan dengan alat kesulitan kata kunci lainnya.

Alat kesulitan kata kunci MOZ
Alat ini lebih komprehensif dan dilengkapi dengan fitur-fitur bermanfaat lainnya, menjadikannya pilihan yang ideal. Ini mungkin tidak gratis, tetapi memberikan nilai terbaik untuk uang Anda. Anda dapat menjalankan 20 laporan sekaligus, dan langganan standar memiliki batas harian 400 laporan.

Untuk menjalankan analisis kesulitan, cukup ketik satu atau lebih kata kunci pada kotak input. Anda dapat memisahkan istilah menggunakan koma, tab, atau dengan mengetiknya di baris baru. Pilih mesin pencari (Google, Bing, dll.) Dan negara, lalu tekan tombol "Periksa Kesulitan". Anda kemudian akan mendapatkan laporan dengan skor kesulitan dan faktor peringkat yang ditunjukkan. Skor antara 1% dan 100%, dengan 1% mudah dan 100% sangat kompetitif.

Apa yang hebat tentang alat analisis kesulitan ini adalah Anda memiliki opsi untuk mengekspor laporan sebagai CSV, jika Anda ingin menjalankan analisis Anda sendiri. Ada juga tombol "Bandingkan" yang akan memberi Anda gagasan kata kunci mana yang memiliki skor kesulitan terendah, namun memiliki volume pencarian terbanyak - kombinasi yang sangat baik. Cukup periksa kata kunci yang ingin Anda bandingkan, dua atau lebih sekaligus, lalu tekan Bandingkan.

Perhatikan bahwa data volume pencarian akan selalu untuk Bing bahkan jika Anda memilih Google sebagai mesin pencari Anda. Jangan khawatir, karena ini tidak akan memengaruhi hasil dengan cara apa pun.

SEMrush
Awalnya alat SEO profesional yang dirancang untuk pemasar digital, SEMrush baru-baru ini memperkenalkan alat untuk analisis kesulitan kata kunci di mana Anda dapat memeriksa peringkat beberapa kata kunci secara massal. Ini tidak gratis, tetapi Anda mendapatkan 14 hari masa percobaan gratis. Cari penganalisis kesulitan kata kunci di bawah Alat, ketik kata kunci Anda dan kemudian cari skor kesulitannya. Anda dapat memasukkan maksimal 100 istilah pencarian per baris.

Hal terbaik dari alat ini adalah Anda mendapatkan lebih banyak sekaligus. Artinya, Anda tidak hanya belajar tentang kesulitan Kata Kunci, tetapi juga Kata Kunci Penelitian, Analisis Pesaing, dan bahkan Peluang Backlink.

Hanya ada beberapa contoh alat tingkat kesulitan kata kunci yang dapat Anda gunakan. Di antara tiga opsi, SEMrush dianggap sebagai yang paling sederhana untuk digunakan dan sangat direkomendasikan untuk pemasar afiliasi dan blogger.

Analisis kesulitan kata kunci juga dapat dilakukan untuk pengoptimalan toko aplikasi. Periksa jumlah hasil untuk menentukan jumlah aplikasi yang menargetkan kata kunci tertentu. Cukup ketik istilah pencarian di app store dan baik Apple maupun Google akan menunjukkan aplikasi mana yang menggunakan kata kunci tertentu. Faktor lain adalah volatilitas yang memberikan indikator yang baik tentang betapa sulitnya menentukan peringkat untuk istilah pencarian tertentu. Karena menemukan volatilitas secara manual sulit, cari alat yang dapat Anda gunakan.

Setelah Anda memiliki daftar kata kunci, mengurutkan dan memfilternya ke dalam kategori yang berbeda, seperti target kata kunci segera dan jangka pendek, target kata kunci jangka menengah yang perlu dipersiapkan dan ditumbuhkan, dan target kata kunci jangka panjang yang dapat diperoleh melalui upaya berkelanjutan.

Analisis kesulitan kata kunci mungkin tampak seperti konsep baru, tetapi ini adalah cara baru untuk menentukan peringkat dalam hasil mesin pencari, itulah sebabnya mengapa layak diterapkan dalam kampanye SEO Anda.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel