10 Aplikasi Wajib yang dimiliki Mahasiswa Mempermudah Kuliah

Dutormasi.com -Dewasa ini teknologi telah berkembang dengan pesat, dengan bantuan teknologi contohnya smartphone dapat membuat manusia bisa melakukan banyak hal dengan mudah. Walaupun demikian, tetap saja baik ataupun buruknya penggunaan bergantung pada individu masing-masing.


Segala kemudahan tersebut dapat terwujud dengan adanya bantuan aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kita. Dan aplikasi tersebut dapat berupan online maupun offline yang menjadikan pekerjaan yang awalnya sulit dan lambat menjadi lebih cepat dan efisien.

Dan tak kalah pentingnya, aplikasi-aplikasi yang ada juga akan membantu memudahkan Mahasiswa menyelesaikan berbagai urusan yang berkaitan dengan kuliahnya. Maka dari itu, pada kali ini Dutormasi akan memberi tahu beberapa aplikasi yang wajib dimiliki oleh Mahasiswa. Apa saja aplikasi tersebut? Mari simak infonya berikut ini.


1. iPusnas



iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital Indonesia. Aplikasi ini mempermudah mahasiswa untuk mendapatkan bahan referensi atau rujukan untuk penelitian maupun tugas. Sehingga kita sebagai Mahasiswa dapat mengakses berbagai referensi penting untuk penilitian maupun tugas hanya melalui smartphone, tetapi juga dapat di akses melalui laptop.

Dan pada Ipusnas tidak hanya menyediakan bahan referensi saja, tetapi kita dapat menemukan berbagai kumpulan puisi maupun buku cerita baik novel, cerpen dan lain lain. Caranya sangat mudah, kita hanya harus register dengan email atau facebook, kemudian kamu akan dapat mengakses ribuan e-book yang terdapat pada aplikasi iPusnas : Perpustakaan Digital Indoneisa.

2. Google Drive



Aplikasi Google Drive ini biasanya digunakan sebagai penyimpanan berbagai macam file, yang biasanya digunakan oleh Mahasiswa untuk mengunduh bahan ajar dari dosen. Dan tak kalah hebatnya aplikasi dapat dijadikan sebagai media penyimpanan berbagai file kamu seperti skripsi, tugas kuliah, foto dan lain lain yang menawarkan ruang penyimpan sebesar 15 GB secara Gratis.

3. Cam Scanner



Merupakan aplikasi yang membantu mahasiswa  untuk men-scan berbagai berkas dalam bentuk digital. Keuntungan aplikasi ini bagi mahasiswa sangatlah berpengaruh, karna yang biasanya mahasiswa sering bolak-balik untuk fotocopy dan men-scan file dengan adanya aplikasi ini sangat mempermudah mahasiswa dan intinya sih tidak mengeluarkan biaya bulanan kan. wkwkwk.
Caranya pun sangat mudah, kita hanya harus memfoto dokumen yang ingin di scan, kemudian sesuaikan panjang dan lebarnya, dan tinggal disimpan. Mudah kan? Dan hasil dari aplikasi ini juga sangat jernih dan hasilnya sangat mirip dengan hasil scan tukang fotocopy.

4. WPS Office and PDF



 Masih adakah yang tidak tahu aplikasi? ya kalau ga tahu, berarti kamu bukan di bumi tu, mungkin di mars. wkwkwkk. Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan dalam mengakses berbagai dokumen dan kamu juga dapat mengolah dokumen secara langsung, baik hanya sekedar membaca, menyunting, dan kamu bisa membuat dokumen baru hanya melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi ini.  Aplikasi ini termasuk yang wajib dimiliki oleh mahasiswa, karna biasanya mahasiswa tak lepas dari tugas dan dokumen dokumen digital, baik itu dokumen word, excel, power point maupun dokumen berformat PDF.

Baca Juga : 



5. Todoist



Jika kamu merupakan orang yang suka mengatur jadwal kegiatan kamu per minggu maupun per hari. Maka aplikasi ini sangat recommended bagi kamu. Karna aplikasi ini memberikan kemudahan bagi kita untuk membuat jadwal padat dan mengatur waktu seefisien mungkin sehingga tugas pun bisa terpenuhi baik dan tanpa kendala.

Termasuk aplikasi ini sangat recommended untuk mahasiswa, yang bisa mengatur jadwal mingguannya dengan baik. Sehingga membuat mahasiswa menjadi lebih disiplin dengan bantuan dari aplikasi todoist ini.

6. Money Wise



Aplikasi ini sangat di rekomendasikan bagi kamu Mahasiswa perantauan atau anak kos. Karna aplikasi ini digunakan untuk mengatur keuangan agar pengeluaran sesuai dengan perkiraan dan meminimalisir pengeluaran. Jadi bagi kamu anak kost yang selalu kenak marah orang tuanya karna cepat habis uangnya, maka gunakan lah aplikasi ini. Karna kamu dapat melacak kemana saja uang kamu dibelanjakan. Sehingga kamu tidak di marahkan kan. wkwkwk


7. Evernote 



Aplikasi evernote merupakan aplikasi untuk membuat catatan. Kelebihannya dari aplikasi lain, evernote dapat menyisipkan gambar, sehingga membuat kita lebih mudah untuk mengingat yang dityulis dan pentingnya dari catatan itu.
Aplikasi ini juga bisa mensikronisasi semua data yang ada di smartphone kita. Dan juga dapat membagikan tugas yang telah dikerjakan kepada teman kelas kamu dan lainnya untuk melakukan diskusi terkait tugas yang dikerjakan.

8. Aplikasi Media Sosial



Yahh kalau aplikasi ini tidak diragukan lagi sih, dan pastinya setiap mahasiswa pasti ada salah satu media sosial yang mereka punya. Aplikasi media sosial ini, mempermudahkan kita untuk berkomunikasi, mengirim file baik berupa foto dan video kepada teman maupun dosen. Dan media soial ini juga sebagai media sharing apabila mendapati kesulitan tugas kuliah sendiri. Media sosial yang dapat kamu gunakan adalah facebook, instagram, twitter dan lainnya.

9. Gmail



Pada sekarang ini, pastinya gmail juga telah menjadi keharusan. Hampir seluruh mahasiswa biasanya memiliki email dan menggunakan email sebagai surat elektronik untuk mengirim file dokumen maupun lainnya. Dan mungkin saja setiap mahasiswa memiliki akun gmail yang didapati dari kampusnya, yang berguna memberikan identitas kepada mahasiswanya ketika mengirim surat elektronik melalui email.

 10. Google Translate



Siapa yang tidak tahu dengan google translate? semua pasti sudah mengetahuinya. Kamus pasti pernah mendapati kalimat bahasa Inggris yang tidak kamu ketahu terjemahannya dalam bahasa Indonesia, sehingga membuat kamu harus membuka kamus Englis-Indonesia dan membuat waktu kamu terbuang sia sia.Tenang saja, dengan aplikasi ini akan mempermudah kamu mencari terjemahannya karna Aplikasi ini digunakan untuk menterjemahkan bahasa dari bahasa satu ke bahasa lainnya. Kelebihan dari aplikasi adalah membuat pencarian lebih cepat dari kamus dan aplikasi ini juga bisa digunakan dalam mode offline (tanpa koneksi).

Ya itulah 10 aplikasi yang wajib dimiliki oleh mahasiswa, dengan semua aplikasi diatas, maka akan sangat mempermudah pengerjaan tugas kamu.

Semoga bermanfaat dan terimakasih!!!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel