3 Cara dan Panduan Lengkap Cara Setting Robot txt yang Benar

Dutormasi.com -Jika anda telah menggeluti didunia blogger maka anda tidak asing lagi mendengar yang namanya robot.txt. Robot txt ini merupakan sebuah hal yang sangat penting pada sebuah website atau blog , karena sebenarnya fungsinya untuk memberikan perintah tertentu kepada mesin perncari google ketika mereka mencoba menjelajahi website atau blog anda.

Selain itu robot txt ini juga merupakan file yang di perlukan pada sebuah website atau blog agar bisa terindeks dengan cepat oleh search engine .Maka sebab itulah jika anda memakai robot txt pada website, google akan lebih mudah mengindeks website atau blog anda pada pencarian google. Tentu setiap pemilik webiste memnginginkan website nya berada diperingkat atas pada pencarian google sehingga ini akan memberi keuntungan kepada pemilik website, sehingga websitenya mudah ditemukan oleh pengunjung.

Emang bagaimana sih kerja robot txt sehingga bisa membuat website kita cepat terindeks ? Yahh ini karena saat mesin pencari google melakukan perayapan pada website atau blog anda , maka otomatis file yang pertama kali yang mesin pencari rayapi adalah file robot txt. Maka sebab itulah, saat mesin pencarian merayapi website anda mereka langsung tahu apa saja yang harus mereka lakukan seperti halaman mana yang boleh dijelajahi atau halaman mana yang tidak bisa dijelajahi.

Itulah kenapa website anda akan mudah terindeks oleh mesin pencarian google, karena halaman halaman yang seharusnya tidak dijelajahi oleh google, akan tidak dijelajahi oleh mereka dan ini akan memberi pekerjaan kepada mesin google dengan cepat sehingga website anda mudah terindeks oleh mesin pencari.

Selain membantu website anda cepat terindeks oleh mesin pencarian google, robot txt ini juga bisa digunakan untuk menyangkal website website yang berniat untuk auto visitor pada blog anda. Website yang biasanya melakuakan auto visitor ini adalah orang yang iri atau dengki dengan blog anda sehingga mereka ingin membuat blog anda tampak jelek dimata mesin pencarian google.

Tetapi masih banyak orang yang bertanya kepada saya, bagaimana sih membuat file robot txt yang aman untuk blog ? Maka pada postingan ini Dutormasi akan memberikan langkah langkah untuk membuat robot txt dan cara memasangnya pada blogger anda.

Untuk memasang robot txt ini sebenarnya cukup mudah, karena file yang anda masukkan sebenarnya sudah ada dan sudah disediakan oleh google jika anda ingin memasang robot txt. Kalau anda masih belum juga mengerti cara memasangnya, maka simaklah langkah langkah dibawah ini:

1.Bukalah dasboard blogger anda, lalu klik Setelan >> Preferensi Penulusuran >> Robot.Txt khusus>> Edit >> Ya.

2. Masukkan kode dibawah ini kedalam kolom robot txt tersebut.
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /
Sitemap: https://www.webisteanda.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Keterangan :

  • Silahkan ganti URL yang berwarna biru diatas dengan URL website atau blog anda
  • Setelah itu klik Simpan perubahan




3. Jika anda telah melakukan langakah diatas, maka cara pemasangan sudah selesai !!.

Bagaimana cukup mudah bukan ? pastinya iya dong. Robot txt ini merupakan sebuah fungsi yang memberikan robot perayapan agar melakukan halaman mana saja yang boleh dan tidak boleh untuk diindeks. Jika anda telah memasang robot txt ini di website atau blog anda maka anda tidak harus khawatir lagi website anda lama diindeks atau ada orang yang jahili website anda dengan auto visitor.

Nah demikianlah pembahasan mengenai pemasangan pada robot txt. Jika anda merasa postingan ini bermanfaat silahkan anda share keteman teman, keluarga dan kerabat anda agar mereka juga mendapatkan manfaat pada postingan ini. Terima kasih dan semoga bisa membantu anda dalam memasang robot txt dengan benar.

Lebih jelasnya anda bisa melihat di website saya yaitu muhammadrakha.xyz

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel