Cara Mudah Mengamankan Akun Instagram dari Hacker 2020 Terbaru & Ampuh!

Dutormasi.com -Aplkasi instagram sudah menjadi salah satu platform media sosial yang sangat populer dan banyak digunakan dalam beberapa dekade tahun belakangan ini. Aplikasi ini digunakan untuk mempermudahkan penggunanya dalam berkomunikasi melalui berbagi foto maupun video. Tetapi tidak hanya sebagai sarana komunikasi, aplikasi instagram ini juga menjadi aplikasi yang sangat efektif untuk dijadikan sebagai media mempromosikan ataupun memperkenalkan bisnis yang kita miliki.

Ya karna banyaknya kegunaan yang kita dapatkan pada instagram, membuat pengguna aplikasi ini setiap waktunya meningkat. Tetapi dengan jumlah pengguna yang sangat fantatis itu ternyata membuka celah kepada pihak pihak yang tidak bertanggung jawab banyak bermunculan. Salah satunya adalah peretas atau yang biasa kita sebut hacker.

Adanya hacker media sosial sekarang ini, membuat password yang biasanya selalu kita sembunyikan itupun dinilai tak lagi cukup untuk mengamankan akun yang kita punya. Seorang hacker atau peretas biasanya melakukan tindakan ini dengan beberapa tujuan yaitu ada yang hanya iseng iseng saja atau memang berencana untuk melakukan kejahatan.

Ini membuat banyak pengguna aplikasi ini khawatir dan takut, maka sebelum hal ini terjadi pada kamu, ada baiknya kamu melakukan tindakan pencegahan menyelamatkan akun Instagram kamu dari tindak kejahatan hacker atau peretas.

Ada beberapa cara yang telah Dutormasi rangkum dan dapat kamu lakukan, ikutilah panduan dibawah ini agar akun instagram kamu menjadi lebih aman dari seorang hacker.


1. Gunakanlah Kata Sandi atau Password yang Rumit dan Kuat


Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengamankan akun instagram agar tidak kena hack adalah menggunakan kata sandi atau password yang rumit dan kuat. Password atau kata sandi digunakan agar seorang hacker tidak dapat membuka akun instagram yang kamu punya. Oleh karena itu, cara ini penting dan sangat dianjurkan kepada pengguna seluruh pengguna agar terhindar dari kejahatan hacker.

Pada pembuatan kata sandi ini, gunakanlah kombinasi setidaknya enam angka,huruf dan simbol. Artinya kombinasi antara huruf kecil, huruf besar angka dan simbol-simbol seperti ! dan &. Dengan kombinasi tersebut, akun kamu akan jauh lebih sulit dilacak dan diretas oleh hacker.

2. Gantilah Password atau Kata Sandi Secara Rutin

Selain mengguakan password atau kata sandi yang rumit dan kuat, cara selanjutnya untuk mengamankan akun Instagram selanjutnya adalah mengganti password atau kata sandi secara rutin.Terutama apabila pihak instagram memberikan email atau pesan untuk mengingatkan agar segera melakukannya. Dan ada satu lagi yang sangat penting, yaitu jangan sekali-kali memberikan password atau kata sandi kamu kepada orang yang tidak kenal atau tidak kamu percayai, dan bila kamu log in di perangkat (smartphone atau laptop) orang lain, segera log out kan terlebih dahulu.

3. Mengabaikan E-mail tentang Perubahan Alamat E-mail Akun Instagram

Sebelum mendaftar instagram, pasti kamu akan diminta untuk memasukkan E-mail kamu terlebih dahulu. E-mail pada instagram ini fungsinya yaitu memberikan kotak masuk yang berhubungan pada akun kamu, termasuk mengganti password dan lain lain. Jadi jika kamu menerima E-mail dari Instagram yang memberi tahu kamu agar mengganti alamat akun Instagram kamu, maka yang harus kamu lakukan adalah jangan melakukan perubahan dan abaikan saja, kemudian klik tautan "Kembalikan Perubahan ini" atau "revert this change" pada E-mail yang masuk. Kemudian lakukanlah perubahan pada password atau kata sandi kamu, agar lebih aman dan mencegah perubahan email dan password.

Baca Juga : 


4. Amankan E-mail Kamu

Banyak yang menganggap E-mail itu hanya sekedar pesan digital saja, tapi jika dikaji E-mail itu banyak sekali fungsi dan hubungannya dengan sosial media. Artinya bisa dianggap seperti ini, setiap orang yang bisa membaca E-mail masuk kamu, maka kemungkinan bisa juga mengakses aku instagram milikmu. Untuk itu, sangat penting mengamankan E-mail yang kita punya.

Dan apabila kamu pernah log in Instagram pada perangkat orang lain, jangan lupa terlebih dahulu meng-log out-kan Instagram kamu. Dan jangan juga mencentang check box atau kotak "Ingat Saya" saat masuk ke komputer atau laptop orang lain, karena hal ini dapat membuat akun Instagram kamu akan selalu log in (masuk) bahkan setelah kamu menutup jendela browser.

5. Mengaktifkan Autentikasi Dua langkah (two-factor)

Dengan menggunakan fitur autentikasi dua langkah ini maka kita telah mencabut akses ke aplikasi dari pihak ketiga yang mencurigakan dan kemudian akan mengaktifkan autentikasi dua faktor sebagai keamanan tambahan. Maksudnya adalah, setelah kita memasukkan kata kunci pada log in,pengguna diharuskan memasukkan kede tambahan yang dikirim bisa lewat pesan teks / SMS ataupun melalui aplikasi autentikasi pihak ketiga, seperti google authenticator dan authy. Dengan itu akun akan lebih aman dan kebal dari peretasan.

Jadi itulah beberapa cara untuk mengamankan akun instagram kita dari seorang hacker. Apabila kamu ingin bertanya, silahkan kunjungi halaman kontak pada footer dibawah. Semoga bermanfaat dan terimakasih :)

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel