15 Website Membantu Kamu Dalam Mencari Beasiswa

Dutormasi.com -Apakah kamu seorang pelajar ataupun mahasiswa? Pasti kamu tidak asing lagi dengan yang namanya beasiswa. Beasiswa itu adalah berupa pemberian bantuan yang bisa saja berupa keuangan ataupun kegiatan yang diberikan kepada perorangan untuk keberlangsungan pendidikan ataupun untuk kegiatan menambah pengalaman.
Beasiswa bantuan keuangan itu dapat berupa bantuan untuk melanjutkan pendidikan baik Sarjana S1 (Strata 1), Magister S2 (Strata 2), Doktor S3 (Strata 3), maupun bantuan berupa penelitan, bantuan ini bisa kita dapatkan baik di dalam negeri mauapun luar negeri. Sedangkan beasiswa berupa kegiatan itu seperti pertukaran pelajar (Exchange Program), Konferensi, maupun forum yang juga sama seperti sebelumnya bisa kita dapatkan di dalam negeri maupun luar negeri.

Kalian pasti tahunya setiap beasiswa itu, seluruhnya keuangan dibiayai oleh pemberi beasiswa. Iya kan? Itu salah loo, sebenarnya beasiswa itu terbagi menjadi dua cakupan pembiayaan, yaitu beasiswa penuh (Full Scholarship) dan beasiswa sebagian (Partial Scholarship). Gimana baru tahu kan? Jadi kalau beasiswa penuh itu, sesuai dengan persepsi kalian sebelumnya, yaitu semua biaya itu dibiayai pemberi beasiswa. Tetapi untuk beasiswa sebagian ini, beda halnya dengan persepsi kalian, karna beasiswa ini hanya menanggung biaya tertentu saja atau bisa dibilang sebagian dari total yang kamu butuhkan.

Untuk sumber pembiayaan atau penyedia beasiswa pun berbeda beda, karna beasiswa itu bukan hanya ditawarkan oleh pihak pemerintahan saja, tetapi  beasiswa itu juga dapat ditawarkan dari pihak swasta, negara maju, komunitas atau organisasi, maupun ada juga beasiswa yang disediakan langsung oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.

Jadi sebenarnya beasiswa itu sangatlah banyak, tetapi tidak semua orang bisa mendapatkannya, karna setiap beasiswa memiliki persyaratannya masing masing, apabila persyaratan itu tak terpenuhi, kamupun tidak akan bisa mendapati tersebut.

Namun ada juga, seseorang yang ingin mendapatkan beasiswa tetapi tidak tahu dimana untuk mendapatkan info tersebut. Udah kesana kesini masih juga susah mendapatkan info beasiswa itu, Tapi tenang saja, karna pada kali ini Dutormasi.com akan memberi tahu, beberapa website yang dapat kamu pakai untuk mendapatkan info beasiswa tersebut, Gimana mau tahukan ? Baca artikelnya sampai selesai yaa :)


5 Website Resmi Beasiswa Dalam Negeri yang Paling di Cari



 1. Beasiswa Bidik Misi


Ya bagi kalian yang berprofesi sebagai mahasiwa, pasti tidak asing lagi dengan nama beasiswa dan website ini. Beasiswa bidik misi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau Kementerian Pendidikandan Kebudayaan kepada calon mahasiwa yang kurang dalam ekenomi dan potensi akademik, untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi samapi lulus tepat waktu.

Beasiswa tidak hanya memberikan bantuan pada biaya pendidikan di perguruan tinggi saja, tetapi penerima beasiswa ini juga menerima bantuan uang saku untuk keperluan kuliahnya sampai lulus tepat waktu. Untuk mendapatkan beasiswa ini, ada persyaratan yang harus terpenuhi dahulu, persyaratan tersebut, dapat kamu temukan di websitenya langsung.

2. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)


Bagi kalian yang memburu beasiswa Magister S2 (Strata 2) atau Doktro S3 (Strata 3), maka website dan beasiswa ini sangat direkomendasikan. Karna beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) ini merupakan program beasiswa hanya memberi biaya bantuan kepada kamu yang ingin melanjutkan studi pada program Magister dan Doktor, baik dalam maupun luar negeri. Untuk beasiswa Sarjana S1 (Strata 1) tidak dapat kamu temukan diwebsite ini.

Ada banyak jenis beasiswa yang disediakan dan bisa kamu dapatkan pada website ini, yaitu Beasiswa Umum , Beasiswa Afirmasi, dan Beasiswa Tergeted Group. Setiap jenis beasiswa ini masih memilik sub jenis lagi, seperti pada Beasiswa  Umum, terdapat sub jenisnya Beasiswa Reguler, dokter spesialis, perguruan tinggi peringkat utama dunia, disertasi dan kerja sama pendanaan (CO-Funding), pada jenis beasiswa Afirmasi, bisa kamu dapatkan sub jenis nya yaitu beasiswa daerah afirmasi, akumni bidikmisi, prasejahtera berprestasi, santi, prestasi olahraga internasional, prestasi seni internasional, penyandang disabilitasi, dan terakhir adalah beasiswa indonesia timur. Dan jenis beasiswa yang terakhir yaitu beasiswa Targeterd Group, yang sub jenisnya ada beasiswa unggulan dosen, PNS/TNI/POLRI dan beasiswa Olimpiade Internasional.

Banyak sekali bukan? Setiap jenis dan sub jenis beasiswa diatas memiliki persayaratannya masing masing, jadi bila kamu ingin mendaftar , kamu harus terlebih dahulu melihat dan mengecek kembali apakah kamu pantas atau bisa mendaftar beasiswa diatas. Untuk melihat persyaratannya kamu dapat mengecek di website Beasiswa LPDP nya langsung. Dan beasiswa ini diberikan langsung oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

3. Beasiswa Unggulan 


Beasiswa Unggulan memberikan biaya bantuan untuk kalian yang ingin melanjutkan pendidikan Sarjana S1, Magister S2 dan Doktor S3. Tidak hanya itu beasiswa ini juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa On-Going, maksudnya adalah mahasiswa yang telah jalan kuliah di perguruan tinggi pada semester 2.

Beasiswa unggulan ini terbagi menjadi 3 jenis beasiswa, yaitu diantaranya dalah beasiswa Masyarakat Berprestasi, beasiswa Unggulan 3 T, dan beasiswa Pegawai Kemendikbud. Beasiswa Masyarakat berpretasi dan beasiswa unggulan 3 T ini memberikan bantuan biaya kepada pelajar yang ingin melanjutkan Sarjana S1, mahasiswa On-Going, mahasiswa S1, mahasiswa S2, dan mahasiswa S3 pada perguruan tinggi dalam negeri. Tetapi yang membedakannya adalah pada beasiswa unggulan 3 T itu yang hanya bisa mendaftar ialah bagi siswa yang berasal dari daerah 3 T saja  sesuai dengan perpres yang ada, Daftar Daerah 3 T . Sedangkan beasiswa Masyarakat berprestasi itu bebas siapa saja, tetapi harus memiliki dan nilai yang tinggi sesuai dengan persyaratan yang ada di website ini.

Untuk beasiswa pegawai kemendikbud ini, diberikan kepada PNS yang berada dilingkuangan Kemendikbud untuk melanjutkan pendidikan Magister dan Doktor pada dalam maupun luar negeri. Dan pastinya ada persyaratan juga yang harus terpenuhi.

4. Online Scholarship Competition (OSC)


Beasiswa ini berbeda dari yang lain, karena beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) ini merupakan beasiswa yang didapatkan dengan melakukan kompetisi beasiswa online. Dan ini merupakan jenis beasiswa online yang pertama di Indonesia.

Beasiswa ini berkerjasama dengan 21 Perguruan tinggi swasta ternama yang ada di Indoneisa, yang ada dari 8 kota yang berbeda yaitu Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Malang, Semarang, Bali, Surabaya dan Makassar. Nama Universitas dan persyaratan beasiswa ini, dapat kamu temui di website nya langsung. Langsung cek aja yaa, siapa tahu universitas kamu salah satunya. wkwk

Baca Juga : 



5. Beasiswa  Etos ID


Beasiswa Etos ID ini memberikan biaya bantuan kepada mahasiswa yang tengah menjalain perkuliahan di perguruan tinggi dalam negeri. Beasiswa ini dibuka untuk mahasiswa yang Perguruan Tinggi nya sesuai direkomendasikan oleh Dompet Dhuafa. Dan pada tahun 2019 ada 12 Perguruan Tinggi Nasional yang bekerja sama dengan beasiswa ini.

Beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa yang kurang mampu, dan pastinya juga harus memenuhi syarat yang di buat oleh beasiswa Etos ID sendiri. Untuk nama perguruan tinggi yang bekerja sama dan persyaratan dapat kamu lihat  diwebsite Beasiswa Etos ID.

5 Website Resmi Beasiswa Luar Negeri yang Paling di Cari


6. Beasiswa Chevening


Beasiswa ini merupakan beasiswa luar negeri yang biayanya didanai oleh pemerintah Inggris. Beasiswa ini dikhususkan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi Magister S2 nya di negara Inggris. Biaya yang di tanggung pada beasiswa ini terbilang sangat banyak karena termasuk biaya tunjangan hidup bulanan, biaya perjalan pulang pergi ke Inggris, biaya tesis, biaya bahan studi, biaya bisi, biaya kuliah di Universitas yang ada di Inggris termasuk program MBA, dan juga membiayai perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris.

Tetapi tidak mudah untuk mendapatkan beasiswa ini, karna ya pesaingnya bukan untuk negara Indonesia saja, tapi kamu harus bersaing dengan negara lain artinya pesaingan untuk mendapatkan beasiswa ini adalah internasional. Ya karna pesaing nya sangat banyak, pastinya persyaratan yang disediakan pun tidak pula mudah , dan kamu harus memenuhi persyaratan tersebut. Untuk mengetahui persyaratannya, kamu dapat mengunjung website Chevening.

7. Beasiswa Jardines


Apakah masih ada yang tidak tahu dengan Universitas of Oxford dan Universitas of Cambridge? Ya sepertinya tidak ada lagi yang tidak tahu dengan dua nama Universitas ternama ini. Terus apa hubungannya dengan beasiswa ini? Ya tentu sangat berhubungan, karna beasiswa Jardines merupakan beasiswabagi kalian yang ingin melanjutkan program sarjana S1 di dua Universitas ternama tersebut, dan lebih hebatnya lagi, beasiswa ini bersifat Full Scholarship artinya meliputi seluruh biaya yang dibutuhkan.

Sama seperti beasiswa sebelumnya, pesaing untuk beasiswa ini bukan hanya sekedar nasional saja, tapi juga internasional. Artinya pesaingnya pasti berat, dan  kamu harus punya kelebihan dan lebih  lebih dari lainnya. wkwkk

Jika kamu tertarik, kamu dapat melihat persyaratannya dengan membuka website Beasiswa Jardines di atas.

8. Beasiswa DAAD PPGG


Beasiswa ini merupakan beasiswa yang rutin ditawarkan oleh Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD). Nama beasiswa ini adalah Beasiswa PPGG yang kepanjaangannya adalah beasiswa Public Policy and Good Governance yang merupakan beasiswa untuk melanjutkan studi Magister S2 di negara Jerman.

Beasiswa ini akan memberikan bantuan biaya yaitu tanggunagn penug biaya pendidikan selama studi, tunjangan bulanan sebesar 750 euro atau sekitar 11,4 juta lebih, asuransi kesehatan di jerman, tunjangan perjaanan, subsidi riset, tunjangan keluarga ( memenuhi syarat) , dan juga ada gratis kursus bahasa Jerman selama 6 bulan. Jadi bagi kalian yang belum fasih bahasa Jerman, maa tidak perlu khawatir yaa.

Dan pastinya beasiswa ini juga memiliki persyaratan yang terbilang sulit, bagi kamu yang ingin tahu persyaratannya kamu dapat melihat di website Beasiswa DAAD di atas.

9. Beasiswa Aminef


Beasiswa ini merupakan beasiswa kegiatan, yaitu kegiatan pertukaran pelajar (Exchange Program). Beasiswa ini hanya diberikan kepada mahasiswa D4 ataupun S1, dengan semua pendanaan dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Dapartemen Luar Negeri Amerika Serikat. Jika kamu mendapatkan beasiswa ini, kamu tidak perlu memikrikan biayanya , karna semua biaya di tanggung oleh program Aminef langsung. Tetapi yang harus kamu tahu, beasiswa ini merupakan pertukatan pelajar dengan waktu pelaksanaan selama satu semester pada perguruan tinggi Amerika Serikat yang telah ditentukan. Jadi bagi kamu, mahasiswa tingkat akhir sih, tidak disarankan.

Cakupan beasiswa yang bisa kamu dapatkan pada program ini adalah biaya perjalanan, uang perkuliahan, tunjangan bulanan, biaya buku, asuransi kecelakaan maupun kesehatan, dan akomodasi. Dan bila kamu tertarik, dan ingin melihat persyaratannya, kamu dapat melihat langsung diwebsite Aminef di atas.

10. Beasiswa Maastricht University


Beasiswa ini merupakan beasiswa bagi kamu yang ingin melanjutkan studi Magister S2 di Maastricht University yang terletak di kota Maastricht, Belanda. Beasiswa ini bersifat full Scholarship,yang artinya semua kebutuhan di dapatkan termasuk perkuliahan dan tunjangan bulanan.

Cakupan beasiswa yang bisa kamu dapatkan yaitu biaya hidup selama masa studi senilai 12,350 Euro, Asuransi kesehatan 700 Euro, biaya pembuatan bisa 317 Euro, uang perkuliahan 13,800 Euro, 15, 500 Euro, atau 16,800 Euro tergantung jurusan yang diambil , kemudia mendapatkan biaya training sebelum kuliah sebesar 695 Euro.

Jika kamu tertarik pada beasiswa ini, kamu dapat melihat persyratannya langsung di website Beasiswa Maastricht University diatas.

Baca Juga : 9 Situs Freelance Terbaik Untuk Anda yang Ingin Bekerja dari Rumah

Itulah beberapa Situs beasiswa dalam negeri dan luar negeri yang paling sering di cari. Dan bila kamu ingin mencari info terupdate tentang beasiswa dalam maupun luar negeri, kamu dapat melihat situs di bawah ini :

5 Website Informasi Beasiswa Dalam maupun Luar Negeri yang Paling Update


1. INDBeasiswa
2. Beasiswa Pascasarjana
3. BeasiswaIndo
4. InfoBeasiswa
5. Scholarship Position

Setelah dirangkum, Menurut Dutormasi.com ada 5 website Info beasiswa dalam maupun luar negeri yang paling update, dan semua website tersebut hampir tiap hari selalu menge-post info beasiswa dalam - luar negri, tidak hanya itu website ini juga memberikan info tentang pertukaran pelajar, konferensi, forum dan lain lain. Yang pastinya bisa kamu pilih, dan kamu dapatkan. Semoga Berhasil teman teman!!

Akhir kata dari penulis, Semoga bermanfaat dan terimakasih

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel