Cara Menghapus URL dari Google Menggunakan Webmaster / Google Serach Console Tahun 2020

Dutormasi.com -Biasanya saat anda menggeluti dunia blogger, pasti ada saja kesalahan yang terjadi pada website anda. Diantarnya adalah ada link yang eror, atau ada artikel yang anda hapus tetapi linknya masih ada dipencarian google. Tentu link link yang seperti ini sangat membuat kualitas blog anda menjadi jelek, dan karena ini juga blog atau website anda bisa dipandang jelek oleh mesin pencari google.

Cara Menghapus URL dari Google Menggunakan Webmaster / Google Serach Console Tahun 2020
Apakah kalian tahu link/URL itu apa? URL adalah sebuah rangkaian karakter yang menurut formatnya digunakan untuk sebagai alamat pada suatu sumber yang bisa saja mengarah pada sebuah website, gambar atau dokumen. Jadi yang biasanya anda temui saat menggunakan google chrome yang terletak di kolom linknya  itu adalah sebuah link atau URL yang mengarah kesebuah alamat.

Namun, terkadang sebuah URL bisa saja dihapus oleh pemiliknya. Yahh karena tentunya ada alasan kenapa sebuah URL itu dihapus oleh pemiliknya. Alasanya bisa saja karena artikelnya yang tidak menarik atau artikelnya tidak ditemukan dimesin pencari google. Intinya karena URL itu jelek atau tidak berfungsi makanya seseorang ingin meghapusnya agar tidak ditemui lagi dimesin pencari google.

Kalian pasti bertanya tanya, bagaimana sih cara menghapus URL dari google?  cara hapus URL diantaranya yaitu menggunakan webmaster atau biasanya disebut dengan google search console. Google search console adalah sebuah situs layanan gratis yang disediakan oleh google untuk memudahkan anda untuk mengindeks artikel pada mesin pencari google. Selain itu google search console ini bisa anda gunakan untuk menghapus URL yang bagi anda menganggu website/blog anda.

Baca Juga :


Apakah anda ingin menghapus URL situs ? Jika iya, anda bisa ikuti tutorial dibawah ini untuk bisa menghapus URL situs yang anda inginkan.

Cara Menghapus URL Menggunakan Google Search Console

Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk menghapus URL dari google, namun kali ini dutormasi hanya memberikan tutorial bagaimana cara menghapus URL menggunakan webmaster tools atau biasa disebut dengan google search console. Jika anda ingin tahu lebih lanjut dengan tutorialnya, simaklah langkah langkah dibawah ini.

1. Bukalah situs webmaster digoogle chrome anda.

2.Lalu anda klik Laporan dan fitur lama >> Pilih penghapusan

 3.Maka akan membuka tab baru dengan tampilan seperti dibawah ini.

4.Klik Temporarily Hide.

5.Maka akan keluar kolom kosong dibawahnya. Anda isi dengan link/URL situs yang ingin anda hapus.
6.Setelah itu Klik Continue

7.Kemudian akan google search console akan memproses dan menampilkan tampilan seperti dibawah ini.

8.Sesuaikan request type dengan keinginan anda, tetapi jika anda ingin menghapus URL di google anda bisa pilih Clear URL from cache and temporarily remove from search.

9.Setelah itu klik Submit Request.
10. Setelah anda mengklik Submit Request, maka otomatis google search console akan memproses penghapusan URL yang anda masukkan tadi.

Untuk penghapusan link/URL nya anda harus menunggu beberapa hari terlebih dahulu, setidaknya 1 hari atau 2 hari maka link yang anda masukkan tadi akan terhapus sendirinya dan tidak ada lagi dipencarian google tentunya. Untuk melihat apakah sudah terhapus atau belum, anda bisa melihat status penghapusannya pada halaman pertama pada penghapusan URL, jika URL sudah terhapus maka akan  berstatus removed.

Baca Juga : Cara Mengatur Domain Kustom di Blogger

Mungkin cukup sampai sini saja untuk tutorial cara menghapus URL digoogle dan semoga postingan ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam mengatasi URL yang eror dan lain lain. Jika anda merasa postingan ini bermanfaat silahkan anda share keteman teman,kerabat dan keluarga anda agar mereka juga mendapatkan manfaat dari postingan ini.

Sekian dan Terima Kasih !!.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel