Pengertian Structured Query Language (SQL) Serta Komponen Komponennya !

Dutormasi.com- Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai Structured Query Language(SQL), kita harus tahu apa itu Structured Query Language(SQL) ? SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. SQL adalah  suatu bahasa yang digunakan agar anda bisa mengakses database. SQL dikenakan pada pertama kali saat IBM pada tahuan 19070-an dan sebuah standar ISO dan ANSII ditetapkan untuk SQL.


Structured Query Language(SQL) memiliki beberapa komponen, yaitu:

1.Data Defenition Language (DDL)

Data Defenition Language adalah perintah pada bahasa SQL yang digunakan untuk hal hal yang berhubungan dengan pendefinisan suatu struktur database. Dalam hal ini maskudnya adalah sebuah database dan sebuah tabel.

Perintah dasar yang termasuk ke DDL adalah :

  1. CREATE
  2. ALTER
  3. RENAME
  4. DROP

2.Data Manipulation Language (DML)

Data Manipulation Language adalah sebuah perintah pada bahasa SQL yang digunakan untuk hal hal yang berhubungan dengan manipulasi atau pengolahan data atau record pada sebuah tabel.

Perintah dasar yang termasuk ke DML adalah :

  1. SELECT
  2. INSERT
  3. UPDATE
  4. DELETE

3.Data Control Language (DCL)


Yang terakhir adalah Data Control Language atau disingat dengan DCL. DCL merupakan sebuah bahasa yang digunakan untuk mengontrol hak user.

Perintah dasar yang termasuk DCL adalah :

  1. GRANT
  2. REVOKE

Itulah hal hal yang termasuk pada bahasa Structured Query Language(SQL). SQL ini pada dasarnya digunakan untuk membuat database. Untuk itu jika anda ingin mengetahui tentang pengertian database dan hal hal yang berkaitan dan termasuk ke dalam SQL, selalu tungguin dan pantauin blog saya yaaaa. 

Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa membantu anda mengenal tentang Structured Query Language(SQL) ini. Jika ada yang belum anda mengerti, silahkan anda bertanya dengan mengunjungi contact pada menu dibawah ini. 

Sekian dan Terima Kasih !!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel