12 Kelebihan dan Keunggulan Serta Alasan Menggunakan Telegram dibandingkan WhatsApp

Dutormasi.com -Di zaman teknologi ini untuk berkomunikasipun sangatlah mudah, karena kita tidak  perlu lagi bertatap muka dan mengirim surat seperti 20 tahun yang lalu, dengan adanya beragam aplikasi di smartphone, membuat  proses komunikasi kita menjadi lebih simple dan lebih cepat. Tanpa kita sadari aplikasi bawakan seperti Short Message Servive (SMS) sekarang ini sudah hampir tidak dipakai karena adanya aplikasi instan massengger, seperti whatsapp, facebook instagram dan lain lain.


Aplikasi whatsapp saat ini menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mengirim pesan , sekitar 1.5 miliar orang telah mengunduh dan menggunakannya. Namun meskipun begitu, aplikasi whatsapp ini banyak mengalami masalah keamanan seperti adanya pembatasan dan pemblokiran akses oleh pemerintah dan ada pula permasalahan dari lambatnya WA dalam tindahakan pencegahan kominfo terkait dengan penyebaran informasi palsu atau hoax.

Disebabkan oleh itu, banyak pengguna yang mengakali dan mencari cara lain mengatasi hal tersebut, antara lain cara yang digunakannya adalah mengunduh aplikasi perpesanan Telegram. Aplikasi telegram ini mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan whatsapp, dan menjadi pesaing utamanya. Namun ada beberapa keunggulan yang dimiliki Telegram tetapi tidak dimiliki whatsapp, sehingga membuat aplikasi telegram unggul dibandingkan whatsapp.

Sebelum masuk kepada keunggulannya, ada baiknya kita kenalan dulu dengan aplikasi Telegram.

Apa itu Telegram ?
Telegram merupakan sebuah aplikasi layanan untuk mengirim pesan secara instan yang bermultiplatform berbasis awan atau cloud dan voice over internet protocol (IP) yang bersifat gratis. Aplikasi ini dapat kamu gunakan di perangkat telepon seluler kamu baik itu Android, iOS, Windows Phone maupun Ubuntu Touch. Aplikasi ini juga dapat kamu gunakan pada perangkat laptop atau komputer kamu dengan sistem operasi windows, OS dan Linux.

Telegram hampir sama dengan whatsapp, karena telegram juga dpat mengirim pesan dan berbagi atau bertukar foto, video , stiker , audio , dokumen maupun berkas lainnya. Telegram ini dikembangkan oleh Telegram Messengger LLP dan didikung oleh wirausahawan yang bernama Pavel Durov dari Rusia. Aplikasi ini pun sudah lama dirilis dan diketahui pada tahun 2013 pada bulan Agustus.

Okee karna kita sudah tahu dengan aplikasi Telegram, maka kita masuk pada inti artikel ini yaitu apa saja sih sebenarnya kelebihan aplikasi Telegram ini dibandingkan dengan Whatsapp. Dan bila kamu penasaran? Maka baca terus artikel ini sampai habis yaa. Selamat membaca dan menyimak teman teman!!

12 Kunggulan Telegram dibandingkan dengan WhatsApp

Keunggulan telegram dibandingkan whatsapp ini terdapat dari fitur dan performa yang ada pada aplikasinya. Sehingga dutormasi telah mendapatkan perbandingannya sebagai berikut :

1. Telegram Mengirim Pesan Lebih Cepat dibandingkan WhatsApp
Dari survei yang telah dilakukan oleh pihak dutormasi, banyak pengguna mengatakan dan merasakan bahwa aplikasi telegram lebih cepat dibandingkan whatsapp dalam masalah pengiriman pesan. Hal ini dikarenakan telegram merupakan aplikasi yang berbasis awan ataupun cloud. Dan untuk masalah penyimpanan di smartphone, kamu tidak perlu khawatir dikarenakan apaa? Karena dengan adanya basis awan atau cloud  maka pilihan manajamen cache memori kamu akan bisa mengambil hampir nol ruang pada smartphone yang kamu gunakan. Bagaimana? Sangat keren bukann?

2. Telegram Lebih Ringan di Jalankan dibandingkan WhatsApp
Dengan hanya melihat ukuran aplikasinya saja, kita juga bisa melihat peforma aplikasi yang kita gunakan. Terbukti bahwa aplikasi telegram memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga membuat aplikasi ini lebih mudah dijalankan . Telegram pada tanggal 13 Desember 2019 memiliki ukuran 17 Mb pada versi 5.12.1 yang dikeluarkan pada tanggal 3 November 2019 , sedangkan whatsapp pada versi 2.19.360 memiliki ukuran yang dikeluarkan pada tanggal 9 Desember 2019.

3. Telegram akan Gratis Selamanya
Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi whatsapp dulunya sempat memberlakukan pembayaran atau biaya per tahunnya, namun telegram dari awal dirilis sampai sekarang aplikasi ini masih terbukti menjadi aplikasi gratis dan akan terus gratis, sehinnga aplikasi ini tidak akan ada yang namanya iklan atau biaya yang lainnya.

4. Grup pada Telegram dapat Lebih Banyak Menampung dibandingkan WhatsApp
Grup WhatsApp sampai saat ini hanya bisa menampung maksimal 256 saja, sudah meningkat memang dari pada sebelumnya yang hanya bisa menampung 100 orang. Namun Telegram sangat terbukti dan direkomendasikan sekali untuk kita yang ingin menampung anggora grup yang sangat banyak, karna kita dapat menampung orang sampai 200000 anggota. Apabila dibandingkan hampir 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan whatsapp. Bagaimana? WOW sekali bukan telegram ini!!

5. Telegram Memiliki Fitur Channel 
Dengan adanya fitur channel ini mempuat proses penyiaran atau broadcasting dapat dilakukan dengan mudah dan sangat benar. Ya karena apa? Karena dengan fitur ini kita dapat menampung jumlah anggota yang tak terbatas, sehingga sekehendak hati kita sajaa. Namun berbeda dengan whatsapp, sampai sekarang ini whatsapp belum ada memiliki fitur channel ini, sehingga kalau masalah menangani penyiaran atau broadcasting lebih diunggulkan pada Telegram.

6. Telegram dapat Mengirim File Lebih Besar
Memang benar sih telegram lebih dulu memberikan fitur file ini, karna pada dulunya whatsapp hanya bisa mengirim file berupa pdf saja, sedangkan telegram lebih dulu dapat mengirim file yang lebih bervariasi baik itu dari doc, mp3, zip dan lain lain. Telegram juga memberikan batasan kapasitas yang lebih besar dibandingkan whatsapp dengan ukuran maksimum 1.5 GB per file, sedangkan whatsapp sampai saat ini hanya bisa memberikan ukuran maksimum sebesar 16 MB saja. Bila dibandingkan dengan telegram, whatsapp sangat jauh ketinggalan.

7. Telegram Memiliki Fitur Bot
Beda dari aplikasi WhatsApp, telegram sudah ada menggunakan fitur Bot. Fitur Bot itu adalah sebuah akun yang dijalankan oleh aplikasi atau komputer, jadi maksudnya adalah akun tersebut bukan dijalankan oleh orang. Bot ini dilengkapi dengan fitur Al (Artifical Intellegence) atau disebut dengan kecerdasan buatan. Sehingga dengan bot ini dapat melakukan apa saja yang telah diprogram seperti game, broadcasting dan apa saja yang berhubungan dengan aktivitas di internet.

8. Telegram dapat Diakses Secara Bersamaan  pada berbagai Perangkat
Meskipun WhatsApp dan Telegram dapat diakses pada Laptop atau komputer, tetapi yang membedakannya adalah Whatsapp bisa di akses di laptop atau komputer tapi mengaharuskan aplikasi Whatsapp di smatrphone aktif, sedangkan telegram beda sekali. Karena telegram merupakan aplikasi via pesan atau massengger berbasis awan atau cloud mempunyai sinkronisasi yang sangat mulus. Karena apabila pengguna menggunakan aplikasi ini pada komputer atau laptop, maka aplikasi telegram pada Smartphone tidak perlu aktif, jadi dengan itu lebih dapat menghemat perangkat smartphone kita. Bagaimana? Baru tahu bukan?

9. Telegram Lebih Aman dibandingkan WhatsApp
Telegram mengklaim dirinya memiliki keamanan yang andal karena pesan yang terkirim tersandi (Encrypted). Ya karena pernah pemerintah Rusia berusaha meminta pendiri Telegram agar menyerahkan enkripsi keamanan aplikasi perpesannya, namun mereka menolaknya secara mentahl. Karena Apaa? Ya karena alasan utama aplikasi telegram dalam mendukung dan meluncurkan enkripsi adalah agar membuat dan menyediakan sarana komunikasi yang tidak bisa diakses oleh Intellijen. Nahh jadi pastinya lebih aman dibandingkan Whatsapp. Dan juga telegram memiliki fitur chat yang jauh lebih aman dibandingkan whatsapp.

Baca Juga : 



10. Telegram Lebih Interaktif
Terdapat juga beberapa kelebihan dari telegram dibandingkan whatsapp. Telegram ini membuat grup chat yang lebih hidup dibandingkan whatsapp dengan adanya fitur Reply, Hashtags, Mentions dan tak hanya itu, telegram juga menyediakan agar penggunanya dapat membuat stikernya sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga lagi.

11. Telegram Dapat Mengunggah Beberapa Foto Profil Sekaligus
Jika pada Whataspp kita hanya bisa menggunakan foto profil dengan satu opsi saja. Sementara telegram berbeda sekali, karna dengan telegram kamu dapat mengunggah beberapa foto profil secara sekaligus. Bahkan kita dapat mengunggah foto profil sebanyak apapun yang kita inginkan. Tetapi tetap saja yang digunakan pada foto profil hanya satu, yaitu foto terbaru yang kamu unggah. Namun hanya dengan menggeser kesamping, kamu sudah dapat menukar foto profil kamu yang kamu unggah sebelumnya.

12. File yang Terkirim pada Telegram Merupakan File Asli atau Tanpa Kompres
Bagi kamu yang ingin mengirim foto dan video yang memiliki kualitas bagus dan ukuran nya besar, maka lebih direkomendasikan mengirim melalui telegram. Kenapa? Yaa karna kalau di whatsapp, ketika kamu mengirim foto dan video maka ukuran, resolusi dan kualitas akan berubah menjadi kecil secara otomatis. Berbeda dengan telegram, file dan video yang kamu kirim tersebut. Akan terkirim secara original dan file nya pun tidak akan berubah menjadi kecil secara otomatis atau tidak dalam versi terkompress.

Jadi itulah beberapa keunggulan Telegram dibandingkan dengan WhatsApp. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih aplikasi chattingan terbaik buat kamu. Semoga bermanfaat dan Terimakasih !!

Salam Dutormasi!!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel