Bingung Memilih Nama Domain? Inilah 10 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Blog Anda

Dutormasi.com -Biasanya setiap orang yang baru pertama kali membeli domain, akan merasa kebingungan untuk memilih nama domain yang tepat. Karena pada dasarnya sebuah domain akan berdampak besar sekali bagi kelangsungan website yang anda bangun apa lagi sebuah website bisnis online. Maka sebab itu lah anda harus memikirkan dan memilih secara matang agar domain yang anda pilih sesuai dengan bisnis anda dan tentunya mudah untuk ditemukan dimesin pencari google.

Cara Memilih Nama Domain yang Tepat
Apakah kalian tahu pengertian domain itu apa? domain adalah sebuah alamat atau nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar bisa lebih mudah diingat dari pada menggunakan IP address. Karena itulah agar website anda bisa diakses atau dikunjungi, maka pemiliki websitenya harus terlebih dahulu menggunakan domain sebagai alamat websitenya.

Jika anda belum mengetahui domain itu seperti apa, maka kalian bisa lihat domain dari website ini sendiri. Website yang anda baca ini memiliki nama domain yaitu DUTORMASI.COM, Sebenarnya masih banyak lagi domain yang bisa anda gunakan seperti .id , .site , .xyz , namun untuk bisa memakainya anda harus terlebih dahulu untuk membelinya. Pasti kalian bertanya tanya, disitus mana saya bisa membeli domain tersebut ? Maka jawabanya situs rumahweb.com, niagahoster.co.id, atau hostinger.co.id.

Lantas, Kriteria nama domain apa yang tepat yang bisa anda gunakan? Kalau anda ingin tahu lebih lanjut mengenai cara memilih nama domain yang tepat, simak saja penjelasan dibawah ini.


10 Kriteria Cara Memilih Nama Domain yang Tepat
Sebenarnya ada banyak sekali kriteriauntuk memilih agar memilih nama domain yang tepat. Namun, kali ini dutormasi telah merangkum kriteria kriteria yang paling penting bagi anda yang masih bingung untuk memilih nama domain untuk websitenya. Biar anda tidak menunggu lama lagi, simaklah penjelasan dibawah ini.

1. Cek nama domain
Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek nama domain yang anda inginkan tersebut disitus pembelian domain. Mengapa harus dicek? karena sebenarnya bisa saja nama domain yang anda inginkan telah dipakai oleh orang lain untuk domain website mereka. Untuk pengecekan nama domainnya cukup mudah, anda hanya perlu mengunjungi situs seperti rumahweb.com, niagahoster.co.id, lalu anda bisa mengecek nama domain sesuai selera anda.

2. Memakai domain brandable
Nama domain adalah sebuah alamat atau identitas dari sebuah website, jadi jika anda ingin menonjolkan website anda sendiri, anda perlu memiliki perbedaan dari website yang lain. Caranya adalah memilih domain yang brandable yang artinya membuat nama domain yang bisa membuat pengunjung terpikiran terpikiran terus dengan website anda.

3. Menggunakan domain yang mudah diketik
Seperti yang saya sebutkan diatas, memilih nama domain harus lah bisa membuat pengunjung anda terpikiran terus dengan website anda. Oleh karena itu kalian perlu memberi nama domain yang mudah diketik agar mudah dihapal oleh pengunjung. Yahh.. kalau misalnya kalian memberikan nama domain yang susah seperti tkeekhncoo.com , jangankan untuk membuka, untuk melihat saja pengunjung pasti tidak mau karena nama domain yang aneh dan juga susah untuk diketik.

4. Pastikan nama domain pendek
Selain memakai domain yang mudah diketik dan domain brandable, pastikan domain yang anda gunakan juga pendek. Kenapa? karena jika anda memakai nama domain yang panjang dan ribet, kemungkinan pengunjung blog anda tidak bisa mengingat domain anda dengan mudah. Saran saya saat memilih nama domain gunakan lah 1 kata saja dan tidak melebihi 15 karakter.

5. Tidak memakai domain gratisan
Sebenarnya untuk membuat website anda bisa menggunakan nama domain yang gratisan seperti blogspot.com dan wordpress.com. Tetapi lebih bagus nya anda langsung membeli nama domain saja karena lebih terlihat profesional dan keren. Selain itu domain yang gratisan bisa saja kehilangan akses diakibatkan domain gratis yang biasanya memiliki persyaratan tersembunyi didalamnya, maka rentan dibanned oleh google.

Baca Juga Perbedaan Wordpress dengan Blogspot (Blogger) serta Perbandingannya | Mana yang terbaik?

6. Cek nama domain disitus checkbanned.com
Sebelum anda membeli nama domain, anda harus terlebih dahulu mengecek status domain yang ingin anda pakai tersebut. Bisa saja nama domain yang anda pakai pernah dipakai orang lain sebelumnya dan status domain sudah buruk dan pernah dibanned. Maka sebab itu lah perlu pengecekan status banned nama domain terlebih dahulu agar nama domain yang anda pilih aman dan terhindar dari status jelek.

7. Hindari menggunakan tanda (-) dan angka
Untuk anda yang masih memikirkan nama domain, maka sebaiknya jangan menggunakan tanda(-) pada penggunaan nama domain anda. Kenapa?  karena nama domain yang menggunakan tanda tersebut akan terlihat aneh dan terkesan ribet oleh pandangan pengunjung. Contohnya saja jika nama website ini saya beri du-tor-masi.com, apakah kalian suka melihatnya ? pastinya tidak dong yaaa, malah terkesan aneh dan ribet.

8. Memikirkan untuk jangka panjang
Memikirkan nama domain untuk jangka panjang juga perlu kedalam kriteria memilih nama domain secara tepat. Usahakan nama domain yang anda gunakan tidak pernah diganti dan juga nama domain harus sesuai dengan niche website walaupun niche website diganti ganti harus tetap berhubungan dengan nama domain yang anda gunakan. Mungkin kalian berpikiran bahwa mengganti nama domain suatu hal yang biasa, tetapi mengubah nama domain akan memengaruhi branding dan ranking SEO website anda. Jadi sebaiknya pikirkan dulu sematang matangnya nama domain yang akan anda gunakan.

9. DILARANG menggunakan trademark
Apakah kalian tahu trademark?  trademark adalah sebuah merek dagang atau nama dan simbol yang diasosiasikan dengan produk atau jasa. Oleh sebab itu anda jangan sekali kali menggunakan merk domain orang lain walaupun menambahkan sedikit kata kata dari trademark tersebut. Contohnya anda menggunakan nama domain "haiGoogle.com", maka jangan aneh nantinya pihak google akan menuntut anda agar membayar 500 juta karena penciplakan nama domain.

10. Buat seunik mungkin
Kriteria terakhir untuk memilih nama domain yang teoat adalah buat nama domain seunik mungkin. Unik disini bukan suatu yang alay dan susah untuk dihapalkan oleh seseorang yaaa, tetapi unik untuk dibaca dan unik untuk dihapalkan. Jika domain anda mudah dihapalkan , saya pastikan domain anda akan mudah dicari dan akan disebarkan oleh pengunjung website anda.

Mungkin itu saja deretan kriteria dari cara memilih nama domain yang tepat. Dalam pembuatan nama domain usahakan agar pengunjung bisa mudah mengingat nama domain website anda tersebut, karena dengan itu website anda akan selalu dikunjungi dan akan disebarkan oleh pengunjung ke media sosial nya sehingga akan menambah visitor website anda secara signifikan.

Baca Juga :

Kemudian pilih dan pikirkanlah nama domain sematang matang mungkin dan tentunya harus cepat, Karena nama domain biasanya akan cepat terjual dan jangan sampai nama domain yang telah anda pikirkan tersebut diambil orang lain karena kelalaian anda. Semoga bisa membantu anda dalam memahami kriteria memilih domain secara tepat dan terima kasih telah berkunjung.

Salam Dutormasi !! .

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel