Cara Cek Broken Link (URL Mati) pada Blog atau website

Dutormasi.com - Jika anda membuat blog atau website dengan niat untuk mendapatkan penghasilan, maka hal yang harus anda lakukan adalah memberikan space pada tampilan blog anda untuk ditempat oleh iklan sehingga anda mendapatkan penghasilan dari blog yang anda buat. Tetapi pasti kalian bertanya tanya, bagaimana cara mendapatkan iklan tersebut? jawabannya adalah dari google adsense.
Syarat syarat untuk mendapatkan iklan dari google adsense cukup banyak, oleh karena itu kalian harus mengetahui dan mempelajari tentang google adsense tersebut. Salah satu syarat agar blog anda bisa menampilkan iklan dari google adsense adalah tidak adanya broken link pada website anda. Oleh karena itu ketika kalian merasa blog anda siap untuk mendaftarkan adsense, maka saran saya untuk menge-ecek terlebih dahulu apakah blog anda terdeteksi adanya broken link atau tidak.

Broken link adalah sebuah link yang tidak bisa dibuka atau biasanya link ini tidak ada yang mengarah kehalaman sendiri maupun ke arah keluar blog sendiri. Jadi maksud dari broken link adalah sebuah link yang eror yang biasanya ditandai dengan halaman not found 404. Mungkin kalian sering sekali melihat link yang arahnya ke halaman not found 404 tersebut, tetapi apakah kalian tahu penyebabnya?

Penyebab dari halaman not found 404 ini biasanya adalah adanya penulisan URL atau alamat link yang keliru atau salah sehingga link tersebut terdeteksi EROR. Selain itu penyebab halaman not found 404 ini adalah URL yang dituju tersebut sudah dihapus sehingga tidak bisa dibuka kembali. Maka sebab itu lah kalian harus selalu menge-cek  blog anda agar tidak adanya broken link, karena jika ada maka akan berpengaruh ke blog anda sehingga reputasi blog anda dipandang jelek oleh mesin pencari google.

Bukan hanya jelek dipandangan mesin pencari google saja, pengunjung blog anda juga akan kesal karena banyak halaman yang mereka ingin baca tetapi tidak bisa dibuka. Sehingga efeknya pengunjung blog anda akan ingin cepat keluar dari halaman blog anda dan mereka akan merasa bahwa pemilik blog ini adalah seseorang yang ceroboh dan tidak profesional dalam mengoptimalkan blognya sendiri.

Baca Juga :


Untuk itu, kalian harus mengetahui berapa banyak blog anda terdeteksi link yang rusak, agar blog anda tampak profesional oleh pandangan pengunjung. Maka oleh karena itu pada postingan ini dutormasi akan memberikan tutorial bagaimana cara mendeteksi URL yang eror pada blog anda atau pun blog orang lain. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, simaklah langkah langkah dibawah ini.

Cara Menge-Cek Broken link Pada Blog atau Website
Banyak sekali situs yang telah menyediakan untuk anda agar bisa menge-cek apakah blog anda terdeteksi adanya broken link atau tidak. Tetapi pada postingan ini dutormasi akan memberi tahu kepada anda situs yang terbaik dan sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menge-cek blognya. Nama situs nya tersebut adalah www.brokenlinkcheck.com, untuk cara menggunakannya anda bisa mengikuti langkah langkah dibawah ini.

1.Bukalah terlebih dahulu situs www.brokenlinkcheck.com.

2.Setelah itu anda isi kolom yang tersedia dengan link situs yang ingin anda cek broken linknya.

3.Jika anda telah mengisi kolom tersebut, maka klik Find Broken Link yang terletak dibawah kolom link dan bewarna oren.


 4.Maka tampilan akan berpindah seperti dibawah ini.
Keterangan :

  • Isilah Security code sama persis dengan bacaan yang disebelahnya
  • Pilih Report all occurences of each dead link (my be slower).
5.Lalu klik Find Broken Links Now. Maka otomatis situs ini akan menge-cek blog anda apakah memiliki broken link atau tidak.

Keterangan
  • Jika blog anda tidak terdeteksi adanya broken link, maka status nya akan seperti pada tampilan diatas.
  • Tetapi kalau tidak, maka situs ini akan memberti tahu anda link link mana saja yang EROR sehingga mempermudah anda untuk menghapus secara permanen link yang EROR tersebut. 
Demikianlah cara menge-cek broken link pada sebuah blog atau website. Bagaimana cukup mudah bukan? INGAT !! Jika anda ingin mendapatkan pengunjung yang banyak, anda harus terlebih dahulu mengoptimalkan blog anda sehingga pengunjung akan betah dan bisa mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Mungkin sampai sini aja postingan kali ini, Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam mengatasi broken link pada website anda. Sekian dan terima kasih !!.

Salam Dutormasi !!.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel