Mahasiswa WAJIB Tahu : 21 Situs yang dijamin Mempermudah dan Mempercepat Kamu dalam Menyelesaikan Skripsi

Dutormasi.com -Hidup mahasiswa!! Apakah kamu seorang mahasiswa semester akhir? sudahkah kamu menyelesaikan skripsi? Skripsi merupakan  tugas akhir yang harus diselesaikan mahasiswa semester akhir, untuk mendapatkan dan menyandang gelar S1 (Strata 1). Tetapi untuk menyelesaikan skripsi bukanlah hal yang mudah, banyak mahasiswa yang gagal atau bahasa gaulnya drop out karna tidak bisa merampungkan skripsi, dan banyak juga yang merasakan penurunan motivasi, sehingga lebih memilih menikah dari pada menyelesaikan skripsi. Ada kan?


Selain itu, bertemu dengan dosen pembimbing dan sulitnya mendapatkan sumber data penelitian juga merupakan hambatan bagi mahasiswa semester akhir, karna ya kita dituntut harus pergi ke perpustakaan demi perpustakaan, hingga bisa saja kita harus membeli buku dan rela menguras dompet kita.

Tetapi tenang saja teman teman, bagi kalian mahasiswa tingkat akhir, kalian berada di artikel yang tepat. Karna pada kali ini dutormasi akan memberi tahu beberapa situs yang bisa mempercepat kamu dalam menyelesaikan skripsi, sehingga untuk mendapatkan data maupun referensi bukanlah suatu yang sulit lagi, karna dijamin situs ini terpecaya menyediakan data referensi dan informasi yang lengkap. Bagaimana sobat dutormasi, sudah penasaran kan? Oke langsung saja ini lah beberapa situs yang bisa digunakan mahasiswa untuk mempercepat dalam menyelesaikan skripsi.

 1. Google Scholar

Pasti diantara kalian juga masih belum tahu, kalau google menyediakan sebuah layanan untuk kalian bisa mencari data referensi kamu, situs google scholar tidak perlu diragukan lagi, karna situs ini menyediakan publikasi ilmiah yang sangat lengkap. Tidak hanya itu, situs ini juga menyediakan jurnal-jurnal online yang pastinya semua itu bisa dengan mudah dan kamu kutip secara gratis. Dengan situs ini, kamu dapat mencari artikel maupun jurnal jurnal bisa dengan berbagai cara, bisa dengan mencari nama penulisnya, mencari berdasarkan judulnya, berdasarkan kategorinya, dan berdasarkan tanggal dan tahun terbitnya. Dan lebih hebatnya lagi, kamu juga bisa membuat perpustakaan kamu sendiri dengan cara mempublikasikan artikel atau tulisanmu sehingga dapat dibaca orang lain.


2. Microsoft Academic 
Bagi kalian yang sedang mengerjakan penelitian ataupun skripsi, maka tidak lain situs wajib kamu kunjungi adalah Microsoft Academic. Situs ini terbilang sangat spesifik, ya karna situs ini memberikan layanan yang lebih lengkap dari situs lainnya, karna meliputi jaduwal CFP (Call for Paper) dari sejumlah seminar atau konferensi terkenal, Citation Graph, Co Author Graph, daftar jurnal kelas atas dan ada banyak lagi. Situs ini terbilang berbeda dengan situs sebelumnya (google scholar), ya karna google scholar lebih fokus pada paper dan karya ilmiah saja.

3. Library Genesis

Situs ini sangat mempermudahkan mahasiswa untuk mencari data ataupun referensi untuk penelitannya, ya karena situs ini menyediakan buku yang seharusnya diakses dengan berbayar tetapi disediakan dengan secara gratis. Ada berbagai macam buku dan artikel yang dapat kamu akses di situs ini dengan format bebeda pula ada yang pdf, mobi hingga ePub. Dan pastinya semua prodi seperti hukum, biologi, politik dan ekonimi tersedia secara lengkap. Tetapi ada kekurangan dari situs ini, yaitu kita dituntut harus teliti dalam memilih keyword, karna filter pada situs ini cenderung tidak akurat.

4. Academia 

Kalau situs ini pasti kalian semua sudah tahu kan. Ya karna mayoritas mahasiswa sering menggunakan situs ini untuk mencari data dan referensi penelitian mereka. Situs academia ini merupakan situs untuk berbagi dokumen yang dapat kamu akses secara gratis walaupun juga ada yang bebayar. Situs ini memuat banyak data-referensi penelitian penelitan yang dilakukan orang lain dan layananannya terbilang seperti sosial media, yang memungkinkan kita untuk berkomentar maupun memberikan saran.

5. Research Gate

Situs ini memungkinkan kita untuk berkolaborasi dengan ilmuwan sains, dan bisa terbilang situs lebih di untukkan kepada ilmuwan sains dari segala bidang untuk berkolaborasi. Dan bagi kam yang penasaran terhadap peneliti dan ingin bertanya tanya, maka Research Gate lah yang direkomendasikan. Ya karna banyak grup yang telah diciptakan research gate baik dibuka secara umum dan ada juga dapat ditutup menjadi grup privat. Sehingga grup tersebut dapat dimanfaatkan untuk menulis dan menyunting dokumen.

6. Oapen Library

Bagi kalian yang memerlukan penelitian yang berhubungan dengan humaniora, maka situs Oapen Library inilah yang ahlinya. Karna apa? Ya karna situs oapen library ini terfokus pada penelitan dalam ranah humaniora saja yang pastinya buku buku di situs ini sudah lolos uji baca akademisi. Maka tak perlu diragukan lagi, karna sudah pasti akurat dan terpecaya.  

7. Wiley Online Library

Dari namanya aja kita udah tahu nih, kalau situ ini merupakan perpustakaan yang bisa kamu akses secara online. Dan banyak buku, jurnal dan artikel yang terdapat disitus ini sangat banyak sekali. Dilihat dari situsnya sendiri sudah dikatakan ada 1600 lebih jurnal, 225 lebih referensi , dan 22.000 lebih buku yang dapat kamu akses secara online. Pastinya sangat membantu kamu banget dalam pekerjaan skripsi atau penelitian.

8. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Seperti namanya ya kalian pasti sudah tahu, kalau perpustakaan ini dipegang langsung oleh Republik Indonesia sendiri. Selain kamu bisa langsung datang ke perpustakaan nasional republik indonesia (Perpusnas RI), kamu juga bisa cari referensi, jurnal dan buku dari situsnya ini. Dan kamu juga bisa download semua referensi kamu secara gratis, tetapi yaa untuk memulainya kamu jangan lupa untuk Sign Up atau daftar dulu menjadi member pada situsnya yaa.

9. Literatute

Jika kamu seorang mahasiswa sastra, maka situs ini sangat direkomendasikan untuk kamu menyelesaikan skripsi kamu. Karna dibidang penelitan sastra dunia tersedia lengkap pada situs ini, dan terdapat ribuan buku dari sastrawan ternama dunia bebas diakses di literature ini. Tetapi situs ini mempunyai kekurangan yaitu kamu tidak bisa mendownload referensi kamu tersebut dalam format PDF, ePub, atau kindle, sehingga kamu hanya bisa melihat dan membaca referensi tersebut pada websitenya langsung.

10. Garba Rujukan Digital (GARUDA)

Situs ini merupakan google scholar ataupun microsoft nya Indonesia. Karna situs ini mempunyai fungsi hampir sama dengan situs tersebut, tetapi membedakannya adalah situs ini menyediakan publikasi ilmiah dalam bahasa Indoneisa. Sehingga kamu tidak akan kesulitan dalam menemukan jurnal, buku, artikel, maupun referensi lainnya.  Situs ini merupakan nama baru atau pembaruan dari situs sebelumnya Indonesian Publication Index yang secara resmi disahkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (RISTEDIKTI RI) pada tanggal 4 Juli 2018.

11. Project Gutenberg

Ini merupakan perpustakaan online yang sangat lengkap. Ada 60000 judul buka dari berbagai macam subjek dari sastra, sejarah, sains yang dapat kamu akses secara gratis. Situs ini merupakan proyek dari Michael Hart yang sudah ada sejak tahun 1971. Jadi bagi kalian yang membutuhkan footnote yang banyak, maka situs project gutenberg ini sangat cocok sekali.

12. Science Direct 

Untuk kalian yang membutuh referensi dari berbagai penjuru dunia, maka situs ini adalah yang sangat cocok sekali. Dan situs ini isinya banyak sekali buku dan karya tulis ilmiah lainnya, setelah dicari terdapat 16 juta artikel, 2500 jurnal, 39000 ebook yang bisa kamu lihat dan download secara gratis. Dan untuk pencariannya pun sangat mudah, kamu hanya cukup menulis judul ataupun keywoard yang berhubungan dengan referensi kamu di kolom pencarian.

13. Open Library

Situs ini merupakan situs besar yang menyediakan banyak referensi tetapi melibatkan seluruh penggunanya untuk diskusi. Dan tidak hanya itu, situs ini sangatlah asik, yaa karna tidak seperti situs lainnya, kamu dapat mengakses jurnal maupun ebook secara gratis dan bisa dibaca kapanpun tanpa koneksi internet. Sangat asik sekali bukan?

14. Directory of Open Access Scholarly Resources (ROAD)

Pada situs ini, kamu dapat menemukan referensi dari berbagai penjuru dunia. Dan setelah dilihat terdapat 13.745 penelitian yang dapat kamu akses secara gratis, dan tidak main main penelitian ini berasal dari 150 negara dan siap didownload dan masuk ke penyimpanan kamu. Terdiri dari 13.062 jurnal yang masing masing di index berbeda, yaitu 2.625 index Scopus, 202 Monographic Series, 103 Scholar Blogs dan 240 Academic Repositories.

15. Indonesia One Search by The National Library of Indonesia

Ini merupakan situs yang menghimpun jurnal dari berbagai Institusi dalam negeri maupun luar negri. Dan situs ini telah mengentri 7.909.105 yang dapat kamu lihat dan akses secara gratis. Kontribusi terbesar pada situs ini adalah Universitas dan Institusi yang ada di Indonesia, jadi kalian bisa menemukan banyak jurnal berbahasa Indonesia dari berbagai penelitian Universitas/Institusi yang ada. Dan kamu juga dapat mendownload jurnal tersebut tanpa harus login dahulu.

16. FreeComputerBooks

Ini ni bagi kalian yang merupakan jurusan IT atau komputer, maka situs ini sangat direkomendasikan. Apa sebab? Ya pasalnya situs ini terdapat berbagai macam koleksi buku yang bisa kamu dapatkan, seperti Programming, Technical books, Tutorial maupun tentang komputer. Kekurangan dari situs ini yaitu semua buku dalam berbahasa Inggris, jadi kalian diharuskan bisa berbahasa Inggris untuk bisa mengerti penjelasan buku yang ada.

17. OMICS Open Access Journals

Untuk kalian mahasiswa kesehatan ataupun kedokteran, maka situs penyedia jurnal untuk kalian yang sangat rekomendasikan adalah situs ini. Ada banyak jurnal internasional yang dapat kamu baca pada situs ini, dan setelah dilihat terdapat 700 jurnal internasional dengan pembaca lebih dari 15 juta dari seluruh dunia.

18. Free-eBooks

Free-eBooks merupakan situs penyedia eBook yang terkenal. Situs ini terdapat banyak macam eBook dengan berbagai jenis genre yang dapat kamu dapatkan secara gratis. Tidah hanya eBook saja yang kamu bisa kamu dapatkan, jurnal maupun majalah pun bisa kamu dapatkan dan kamu unduh disitus ini. Tetapi untuk melakukan itu semua, situs ini mengharuskan kita untuk menjadi member pada website nya, dan jangan khawatir, untuk daftar menjadi member, kamu tidak diperlukan biaya untuk registrasi, artinya gratis tis tis.

19. BookFi.net

Dengan memiliki koleksi ebook sebanyak 22300000 atau 2 juta lebih, membuat situs ini berhasil menjadi situs multilanguage populer. Tampilan pada situs ini sangat simple, jadi akan mempermudah kamu dalam mencari referensi atau data penelitian kamu. Kamu hanya perlu memasukkan keyword  menggunakan judul, topik , author yang berkaitan, dan nantinya akan keluarlah eBook yang kamu  mau.

20. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Directory of Open Access Journals memiliki 13.912 jurnal, 10.983 artikel, 4.411.917 artikel dan semua itu bisa kita temukan dalam 130 bahasa negara seperti spanypol, china dan sebagainya. Jadi tak heran jika DOAJ ini menjadi situs yang direkomendasikan untuk mempermudah penelitan kamu, .

Untuk mencari artikel artikel dan jurnal, kamu bisa langsung menuju Search Doaj pada menu. Bila kamu mencari salah satu dari artikel maupun jurnal, kamu bisa menceklis satu saja dibaris menu tersebut. Tapi jika kamu ingin mencari jurnal atau artikel berdasarkan kategori, ya kamu tinggal klik saja Browse subjects yang ada dibaris menu bagian atas.

21. Bookboon.com

Situs ini memiliki lebih dari 1000 buku dari 10 kategori yang ada, dan masing masing kategori juga terdapat sub kategori. Dengan tampilan situs yang elegan dan kekinian, membuat situs ini dapat memanjakan mata kamu. Dan pastinya eBook yang ada juga dapat kamu unduh secara gratis tetapi juga ada batasan buku yang dapat kamu akses. Maka dengan akses premium atau berbayar, kamu dapat mendownload dan mengakses buku lebih banyak lagi.

Baca Juga : 


Itulah 21 situs yang mempermudah kamu dalam menyelesaikan skripsi, ya tapi semua itu tergantung kamu. Kalau kamu rajin mencari data referensi, maka cepat pula skripsi kamu selesa. Dan jika kerja kamu hanya malas malasan, ya jangan harap skripsi kamu cepat selesai. Pastinya kamu akan lambat wisuda, dan ketinggalan dengan teman teman kamu lainnya.

Bonus dari dutormasi, ada beberapa cara agar kamu selesai skripsi dalam 1 semester :

1. Bikin target Sendiri
Misal kamu membuat terget, kamu harus menyelesaikan 1 bab hanya dalam 1 - 1.5 bulan saja.

2. Ada Progres baru tiap minggu
Artinya apa? Ya setiap minggu itu harus ada kemajuan. Dan kamu harus memacu diri sendiri untuk mencapai target itu tiap minggunya.

3. Luangkan waktu 3-4 jam se hari untuk mengerjakan skripsi

4. Berikan reward pada diri sendiri
Tahu kah kamu maksudnya reward? reward itu adalh penghargaan, jadi jika ada salah satu target kamu yang menurut kamu itu sulit, maka berikanlah reward. Tidak perlu mewah kok, misal pergi jalan atau makan enak. Ya itu saja pasti membuat kamu lebih semangat dan termotivasi lagi.

5. Carilah teman yang sudah berhasil sebagai pemicumu.
Ya mungkin saja kamu mempunyai teman atau pacar yang dapat memicu kamu dalam menyelesaikan skripsi, maka selalu dekatin dan cerita, dengan itu pastinya kamu akan lebih termotivasi dan lebih semangat lagi.

6. Hindari kegiatan yang memakan waktu
Bisa dibilang ini bukan menghindari tapi lebih dibilang membagi bagi waktu kamu, seperti olahraga contohnya, itu tidak dilarang, tetapi jika kamu tiap hari main futsal atau olahraga lainnya, kapan bisa selesai skripsi kamu. Cukup satu minggu sekali saja itu udah cukup. Apalagi jika tiap hari nongkrong, tanpa manfaat apa apa. Itu lebih membuang waktu kamu dalam menyelesaikan skripsi.

7. Aktif berkonsultasi
Haa ini yang penting, walaupun sudah ada situs yang dutormasi rekomendasikan, tetapi tetap saja berkonsultasi kepada dosen pembimbing itu sangat penting. Buatlah target dengan pemikiran kamu harus konsultasi ke dosen pembimbing 2-3 kali seminggu, walaupun pastinya akan banyak tantangan yang menerpa kamu, seperti nunggu dosen atau pun lainnya, tapi bawak santuy saja. INGAT SKRIPSI HARUS SELESAI. wkwkk

Yaa itulah sebagian cara yang dutormasi berikan agar kamu lebih cepat menyelesaikan skripsi, tetap semangat pejuang skripsi dan mahasiswa tingkat akhir, Semoga nanti bisa menjadi sarjana yang berguna kepada masyarakat.

Akhir dari artikel ini, semoga bermanfaat dan terimakasih .

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel