9 Cara Mengaktifkan Fitur Terbaru Fingerprint Lock pada WhatsApp

Dutormasi.com -Whatsapp yang baru kemarin mengeluarkan fitur dark mode (mode gelap), dan hari ini baru saja mengumumkan fitur barunya yaitu fingerprint lock alias kunci sidik jari untuk perangkat Android, yang bisa digunakan oleh pengguna aplikasi whatsapp secara luas.



Fitur fingerprint lock atau kunci sidik jari ini digunakan untuk mengamankan pesan whatsapp kita, jadi bagi kalian yang ingin mengamankan pesan pesan dari tangan teman kalian yang usil maka fitur ini sangat di rekomendasikan. Untuk pengguna IOS sudah lebih dulu mendapatkan fitur keamanan yang bisa melalui sidik jari atau Touch ID maupun Wajah atau Face ID yang sama dirilis pada tahun 2019 ini.

Untuk kalian yang  ingin mengaktifkan fitur fingerprint lock (kunci sidik jari) ini, maka smartphone kamu harus terlebih memiliki fitur sensor fingerprint. Dan jika kamu belum memiliki fitur sensor ini, maka kamu tidak dapat mengaktifkan fitur fingerprint lock pada whatsapp kamu.

Baca Juga : 




Oke biar tidak kelamaan langsung saja,  bagaimana cara mengaktifkan fitur fingerprint atau kunci sidik jari pada whatsapp:

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbarui aplikasi whatsapp kamu, dengan cara membuka Play Store kemudian cari whatsapp, dan update atau perbarui aplikasi whatsapp menjadi versi  2.19.308.

2. Bukalah aplikasi whatsapp kamu yang telah di perbarui.

3. Kemudian bukalah setelan pada aplikasi whatsapp, yang bisa anda buka dengan mengklik icon burger di sisi kanan.

4. Setelah itu kliklah menu Account (akun) , lalu kamu akan mendapatkan beberapa pilihan menu, dan pilih lah Privacy (privasi).

5. Kemudian Scroll ke bawah, maka kamu akan mendapatkan menu Unlock with fingerprint (Kunci sidik jari) .

Catatan : Sebelum mengaktifkan fitur fingerprint lock ini, sebelumnya kamu harus lebih dulu mendaftarkan sidik jari kamu dahulu. Dengan cara membuka Pengaturan Smartphone kamu, lalu pilihlah keamanan atau kunci layar, lalu aktifkanlah tipe kunci layar menggunakan sidik jari, dan daftarkanlah sidik jari kamu.

6. Jika catatan diatas telah kamu penuhi, maka pada menu Privasi (privasi) , klik lah Unlock with fingerprint (Kunci sidik jari).

7. Kemudian aktifkan panel Buka kunci dengan sidik jari sampai berwarna hijau. Lalu karena kita telah mendaftarkan sidik jari kita di pengaturan smartphone, maka pada whatsapp kita hanya harus mengkonfirmasi sidik jari kita.



8. Lalu arahkan dan sentuh jari kamu ke sensor pada Smartphone, dan kamu  akan berada ke tampilan di bawah ini.



9. Lalu pilihlah waktu jeda untuk menutup whatsapp, dan diatas terdapat 3 pilihan yaitu sesegera mungkin, setelah 1 menit, maupun setelah 30 menit.

Maka fitur fingerprint lock atau kunci sidik jari anda telah aktif, dan tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengatur lebih lanjut, apakah isi chat yang baru akan masuk bersamaan dengan notifikasi ataupun tidak.

Dan jika kamu membuka ulang whastapp kamu, kamu akan mendapati seperti di bawah ini



Dengan adanya itu, tingkat keamanan whatsapp kamu dari teman teman yang usil akan terminimalisir. Walaupun terkesan aman, tetapi aplikasi whatsapp ini tidak akan meminta verifikasi sidik jari dalam beberapa kondisi.

Contohnya jika kita mengaktifkan quick reply , maka kamu masih bisa membalas chat yang ada di notifikasi tanpa membuka platform aplikasi whatsapp.

Dan dengan adanya fitur ini, kita tidak perlu mendownload aplikasi pihak ketiga seperti Applock, yang pastinya akan mengurangi memori internal kamu.

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Silahkan mencoba.

Terimakasih



Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel