7 Bisnis untuk Mahasiswa Pemula yang Banyak dicari dan Menjanjikan

Dutormasi.com –Sebagai mahasiswa pastinya kalian telah menjadi sebagai pribadi yang mandiri .Selain itu bagi kalian yang berstatus mahasiswa , anda juga di tuntut untuk kreatif agar bisa menciptakan sebuah kreatifitas yang bermanfaat bagi setiap orang.  Salah satu contohnya adalah membuka peluang  bisnis. Memiliki bisnis sedari berstatus mahasiswa bukan hanya menambah uang jajan saja tetapi ini juga bermanfaat bagi anda sebagai bekal kemudian harinya.

Menciptakan sebuah bisnis bukan hanya bisa dilakukan sendiri saja, tetapi bisa anda lakukan dengan bekerja sama dan membentuk team, hingga anda bisa mesatukan pikiran dan menerapkan ilmu yang didapatkan selama kuliah kedalam dunia bisnis. Karena itu , masa masa berkuliah memang masa yang tepat bagi mahasiswa untuk memulai dunia bisnis. Karena mahasiswa suatu saat juga menghadapi tantangan didunia kerja sehingga bisa mempersiapkan diri sedari awal.

Tetapi saran saya, bukalah usaha yang kecil kecilan terlebih dahulu . Sehingga anda bisa beransur ansur mempelajari apa saja kesalahan kesalahannya tersebut , maka sedari itu anda bisa membuat bisnis yang besar besaran tanpa rasa takut karena telah mempunyai ilmu yang matang dalam dunia bisnis ini. Dengan berbisnis , anda tak lagi memusingkan dengan urusan keuangan sebelum lulus  dan kalian juga tidak pusing harus mencari kerja apa setelah lulus dari kuliah.

Namun kalian pasti bertanya tanya ? bisnis apa yang bisa dijalankan mahasiswa saat masih sibuk sibuknya adanya tugas dari perkuliahan ?  ada kok teman teman , ada 7 daftar bisnis atau usaha yang telah dirangkum oleh Dutormasi yang layak diperhitungkan . Simaklah 7 daftar usaha dibawah ini , dan tentukan yang mana yaa yang cocok untuk anda ?

1.Youtuber

Apakah tidak tertarik menghasilkan uang dari YouTube channel anda ?  pastinya tertarik dong . Jika anda ingin menjadi youtuber kuncinya adalah memiliki bakat natural. Kenapa ? karena dengan bakat natural anda akan lebih mudah dan menciptakan kreatifitas mengolah informasi sehingga berbeda dengan orang lain.

Ketika anda mempunyai bakat natural, jangan lah menyia nyiakan bakat anda tersebut . Anda bisa menuangkan karya melalui Youtube seperti memainkan alat musik, menyanyi, melukis, mengukir, dansa, atau apa saja yang penting anda sukai dan tidak membuat anda bosan membuatnya.

Anda cukup kemas bakat anda tersebut kedalam sebuah video menarik sehinga mendapatkan kesempatan untuk menarik pengunjung untuk melihat dan menonton video yang anda buat , sehingga anda bisa meraup penghasilan dengan cara menayangkan iklan. Uang yang anda dapatkan bukan dikit lo, ini bisa anda lihat pada orang orang yang telah lama menggeluti dunia youtuber ini , sekarang mereka bisa membeli barang barang mewah dan menjadi orang yang dikenal banyak orang .

2.Blogger

Selain menjadi youtuber , adalagi yang namanya blogger.  Jika anda menyukai dan memiliki hobi menulis, maka disarankan untuk menjadi blogger. Dari pada anda menulis tanpa menghasilakan uang, anda bisa menggeluti dunia blogger ini agar tulisan anda tersebut bisa menghasilkan puing puing dollar. Memang mebutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa menjadi blogger yang sukses , tapi asal kalian ingat saja yahhh , usaha itu tidak akan pernah menghinati hasil ?

Menjadi blogger memang sangat menguntungkan , apalagi bagi kalian yang masih berstatus mahasiswa. Kalian bisa menulis dengan niche yang kalian minati dan mendapatkan uang sebagai imbalannya. Selain itu saat anda menjadi blogger , akan banyak pengalaman berharga yang bisa anda dapatkan salah satu nya adalah anda update terhadap informasi  baru . Apabila anda konsisten menulis dan selalu posting setiap harinya , saya pastikan anda akan mendapatkan viewers yang banyak. Sehingga nantinya ada bisa mendapatkan puing puing dollar dari tayangan iklan pada blog anda.

Baca Juga :

3.Bisnis Kuliner

Bagi anda yang menyukai dan memiliki ketertarikan pada bisnis kuliner , saya sarankan anda pilih seperti makanan , minuman atau membuat brand baju sendiri. Saat memilih bisnis kuliner yang akan dipilih , pilihlah sebuah bisnis yang tidak akan tergilas oleh zaman.  Alih alih saat menjual brand baju  atau makanan dan minuman yang sudah viral maka nantinya anda akan mendapatkan puing puing uang dari bisnis kuliner yang anda dirikan.

Kalau misalanya bisnis yang anda dirikan belum viral, lakukan lah berbagai inivasi agar produk yang anda dirikan tersebut bisa menarik perhatian dan menimbulkan rasa penasaran orang lain agar membeli produk yang anda jual. Kunci untuk mendirikan bisnis kuliner ini adalah konsisten dan kreatif.

4.Fotografer


Bagi anda yang menyukai dunia fotorgrafer anda bisa menjadikan peluang ini menjadi bisnis anda. Berkembangnya media sosial saat ini pastinya dimana memiliki sebuha konten visual menjadi sebuah keharusan . Maka disini lah peluang bagi mahasiswa untuk membuat bisnis menjadi fotografer.

Selain itu kalian bisa menjadi freelance event teretentu, sehingaan anda bisa menjual hasil jepretan anda ke webiste tertentu seperti shuttestoc.com, Redbuble.com dan lain lain.Yang anda harus siapkan untuk menjadi fotografer adalah lensa , kamera ,tripod , kreatifitas dan ketelitian. Setelah anda menyiapkan modal yang saya sebutkan diatas, anda bisa menjadi fotografer yang handal.

5.Desain Grafis

Bisnis selanjutnya yang bisa didirikan mahasiswa yaitu membuat jasa desain grafis.Desain grafis adalah sebuah bentuk seni yang bertujuan untuk membuah sebuah kobinasi grafis yang berbentuk dari garis,warna dan sebaginya. Membuat jasa desain grafis ini memang  cukup menjamur di Indonesia , kenapa ? ini dikarenakan , jika kalian menjadi desain graffis yang sudah profersional kalian bakal bisa mendaoatkan pengahasilan dari karya karya yang kalian buat. Apalagi pada zaman sekarang sebuah perusahaan sangat sangat membutuhkan seorang desain grafis untuk membantu mempromosikan produknya atau sebagainya.

Tugas seorang desain grafis bukan sekedar untuk edit foto saja,tetapi harus bisa memvisualkan sebuah kata kata sehingga bisa dipahami dan dicerna oleh yang melihatnya. Skill yang anda harus siapkan menjadi desain grafis adalah memahami kerja aplikasi desain grafis seperti adobe photoshop , adobe lightroom dan juga kalian harus memiliki skill kreatifitas yang tinggi.

6.Desainer

Bagi anda yang memiliki kemampuan mendesain atau menggambar dengan baik , jangan menyia nyiakan peluang tersebut untuk membuat bisnis desain.  Bagi anda yang memiliki keterampilan mendesain jadikan usaha ini sebagai lahan untuk menghasilkan uang . Contoh desain yang bisa buat adaklah desainer baju, perhiasan dan sebagiannya. Intinya desain yang bisa membuat anda bahagia tanpa paksaan apapun.

Baca Juga : 15 Aplikasi Desain Grafis di Android Terbaik Edisi 2020


7.Content Writer

Bisnis selanjutnya yang berhubungan dengan tulisan adalah content writer. Peluang ini bisa dimanfaatkan mahasiswa sebagai bisnis mereka. Karena mahasiswa hanya perlu menulis dan menghasilkan uang dalam tulisannya tersebut. Terlebih lagi banyak sekarang bisnis bisnis yang  berbasis digital yang membutuhkan seorang content writer untuk mengisi website mereka untuk salah satu marketing dengan mengandalkan SEO.

Saat anda menjadi content writer, usahakan anda memiliki skill dalam mengotak atik kata sehingga membuat promosi yang dibuat menarik pengunjung setiap waktunya. Semakin anda memiliki banyak client maka anda bisa menghasilkan lebih banyak uang .

Baca Juga 9 Situs Freelance Terbaik Untuk Anda yang Ingin Bekerja dari Rumah

Mungkin itu saja peluang bisnis yang bisa didirikan mahasiswa, semua bisnis pasti ada jatuh dan bangunnya. Oleh karena itu selalulah berusaha dan konsisten dalam memajukan bisnis anda, sehingga bisa dikenali banyak orang. Maka pilih saja diantara 7 bisnis diatas yang bagi anda sesuai dengan kemampuan dan minat anda.

Jika anda merasa postingan ini bermanfaat  silahkan untuk share keteman teman ,keluarga dan kerabat anda agar mereka juga mendapatkan manfaat  dari postingan ini. Semoga bisa membantu dan terima kasih.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel